Yoga hingga Makan Nanas, Ini 5 Cara Atasi Haid yang Tidak Lancar

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:00:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Yoga Hingga Makan Nanas, Ini 5 Cara Atasi Haid Yang Tidak Lancar

Cara atasi haid yang tidak lancar. (Ladiestory.id)

Ladiestory.id - Normalnya, setiap perempuan akan mengalami menstruasi atau haid setiap bulannya. Nah, yang banyak dikhawatirkan perempuan terkait haid adalah siklus yang tidak lancar. Ada perempuan yang terlambat haid dalam hitungan minggu, hingga berbulan-bulan.

Ternyata, ada beberapa cara yang bisa kamu coba terapkan untuk atasi haid yang tidak lancar, loh! Cara ini terbilang alami sebelum kamu memutuskan untuk memeriksakannya ke para ahli. Sebelumnya, perlu kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa haid yang tidak lancar bisa terjadi karena konsumsi makanan yang kurang sehat.

Selain itu, bisa juga karena kamu mungkin terlalu sering konsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein. Maka dari itu, sebaiknya kamu mulai menjaga pola hidup agar lebih sehat lagi. Berikut ini beberapa cara atasi haid yang tidak lancar.

Kontrol Berat Badan

Cara atasi haid yang tidak lancar. (Special)

Perlu kamu ketahui, ternyata berat badan mempunyai pengaruh pada siklus haid. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu mulai  mengontrol berat badan sebagai salah satu cara atasi haid yang tidak lancar. Jika kamu ingin diet atau menaikkan berat badan, alangkah lebih baik kamu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Lakukan Yoga 

Cara atasi haid yang tidak lancar. (Ladiestory.id)

Selain rutin olahraga, melakukan yoga juga termasuk salah satu cara atasi haid yang tidak lancar. Jika kamu rajin melakukan yoga, maka hormon akan lebih seimbang dan haid yang tadinya tidak lancar akan kembali teratur. Selain itu, melakukan yoga ternyata dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri saat haid, loh!

Konsumsi Cuka Apel

Cara atasi haid yang tidak lancar. (Special)

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa konsumsi cuka apel bisa mengatasi permasalahan haid yang tidak lancar. Tidak hanya mengatasi haid yang tidak lancar, cuka apel juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat mengonsumsi cuka apel bagi kesehatan tubuh antara lain, bisa menuruni berat badan dan juga gula darah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan madu dan air secukupnya pada cuka apel ini.

Makan Buah Nanas

Cara atasi haid yang tidak lancar. (Special)

Nanas dipercaya bisa mengatasi haid yang tidak lancar. Hal itu karena buah nanas mengandung bromelain, yakni kandungan enzim yang ternyata mampu melunakkan lapisan rahim. Maka, jika kamu mengalami haid yang tidak lancar, cobalah untuk makan buah nanas agar haid kembali normal dan teratur. Selain itu, buah nanas juga sangat segar untuk dikonsumsi.

Konsumsi Jahe

Cara atasi haid yang tidak lancar. (Ladiestory.id)

Rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat, dan salah satunya bisa dikonsumsi untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri haid yang sangat mengganggu.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi haid yang tidak lancar. Kamu bisa menerapkannya di rumah dengan cara yang tepat dan juga rutin agar efeknya maksimal.

s