Susah Tidur? Begini 6 Cara Mengatasi Insomnia dengan Efektif

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Susah Tidur? Begini 6 Cara Mengatasi Insomnia Dengan Efektif

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Insomnia adalah suatu kondisi yang membuat penderitanya sulit tidur, bahkan tidak dapat memejamkan mata sama sekali. Meski banyak waktu untuk tidur atau istirahat. Insomnia yang dialami sesekali memanglah tidak berbahaya, tapi bila terjadi secara terus menerus maka perlu waspada, dan segera diatasi.

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kebiasaan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol sebelum tidur, masalah psikologis, seperti stres, depresi serta gangguan kecemasan.

Selain itu, insomnia dapat dipicu juga oleh kondisi medis tertentu, misalnya  nyeri sendi atau efek samping obat-obatan. Untuk mengatasinya kamu bisa lakukan cara di bawah ini.

1. Kurangi Konsumsi Kafein dan Alkohol

mengatasi insomnia
Foto: Ladiestory.id

Cara untuk mengatasi insomnia salah satunya adalah dengan menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur.

Berbagai jenis minuman tersebut dapat membuat kamu lebih lama terjaga. Sehingga akan kesulitan tidur di malam hari. Agar lebih sehat, kamu bisa menggantinya dengan air putih atau susu.

2. Usahakan untuk Selalu Berpikir Positif

atasi insomnia
Foto: Ladiestory.id

Insomnia bisa lebih mudah dialami oleh orang yang sering cemas atau khawatir secara berlebihan. Karena itu, cobalah untuk selalu berpikiran positif agar pikiran bisa lebih tenang. Kamu pun bisa mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran.

3. Ubah Jam Tidur Saat Bekerja dan Bepergian

Pergi ke tempat  yang memiliki perbedaan waktu signifikan ataupun karena tuntutan bekerja di malam hari, bisa mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh yang mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme, dan suhu tubuh setiap hari.

Jika ritme sirkadian terganggu, kamu pun lebih berpotensi untuk mengalami insomnia. Oleh karena itu, maka aturlah jadwal kegiatan kamu sehari-hari dan usahakan untuk tidur dan bangun pada  jam yang sama setiap hari.

4. Konsumsi Makanan Sehat

atasi insomnia
Foto: Ladiestory.id

Agar mudah tertidur, sebaiknya kamu menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks saat menjelang tidur.

Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut bisa memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh  jadi susah untuk beristirahat.

Jika kamu ingin mengonsumsi camilan pada malam hari, pilihlah makanan ringan yang sehat, misalnya cracker tawar atau yoghurt.

5. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Selain pola tidur yang baik, penerapan pola hidup sehat juga penting untuk dilakukan. Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan, mengurangi stres, serta berolahraga dengan rutin selama 30 menit setiap hari.

Olahraga yang bisa kamu coba adalah berenang, yoga, dan jogging. Hal ini dapat menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur.

6. Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

atasi insomnia
Foto: Ladiestory.id

Banyak orang merasa susah tidur karena bekerja, bermain game, atau melakukan berbagai aktivitas lain di kamar tidurnya. Padahal, kamar tidur idealnya hanya untuk tidur saja. 

Oleh sebab itu, kamu perlu menerapkan sleep hygiene, agar bisa lebih gampang tidur. Caranya dengan menempatkan meja belajar, komputer, dan televisi pada luar ruang tidur, dan mengatur suhu serta menyesuaikan pencahayaan agar kamar terasa nyaman  buat tidur.

Pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi agar tidak menyebabkan leher kaku saat bangun tidur. Jika kamu sedang hamil atau mengalami sakit punggung, maka aturlah posisi tidur dengan menyamping sambil menempatkan bantal di antara kedua kaki atau di bawah lutut

Itulah tadi 6 cara mengatasi insomnia dengan efektif, semoga bermanfaat.