Cara Mudah Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Selasa, 9 Maret 2021 | 11:51:05

LS Health

Penulis : LS Health

Cara Mudah Mengendalikan Mood Swing Saat Pms

Gejala PMS ini terbilang wajar, meski mood swing yang berat bisa saja mengganggu aktivitas sehari-hari. Apa, sih, penyebab mood swing saat menstruasi? Dan, bagaimana cara mengatasinya? Simak semua informasi lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Mood Swing Saat Menstruasi

Salah satu kemungkinan penyebab mood swing adalah ketidakseimbangan hormon dan senyawa kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati. Ini pun tergantung pada banyak faktor berbeda. Mood swing saat menstruasi dilaporkan terkait dengan naik-turunnya kadar hormon estrogen di sepanjang siklus menstruasi. Estrogen mulai naik secara perlahan setelah menstruasi terakhir kamu usai, kemudian mencapai puncaknya dua minggu kemudian mendekati jadwal haid kamu selanjutnya. Setelah itu, kadar estrogen dalam tubuh mulai menurun tajam sebelum mulai naik perlahan dan turun lagi menjelang siklus baru dimulai. Naik dan turunnya kadar hormon ini jugalah yang menyebabkan gejala PMS lainnya. Gejolak emosi saat menstruasi juga dapat dipengaruhi oleh beragam hal lain. Misalnya, cuaca yang mendung cenderung membuat suasana hati gundah gulana karena tubuh kekurangan banyak endorfin (hormon mood bahagia), atau sistem imun yang memang sedang lemah.

Luangkan Waktu Untuk Me Time

Sesibuk apa pun aktivitas harianmu, coba sempatkan diri untuk me time. Entah itu nonton film di bioskop, pergi ke salon, makan makanan favorit, atau belanja. Pokoknya, lakukan hal yang bisa menyenangkan suasana hati kamu dan hal ini bisa bikin mood kamu tetap bagus.

Istirahat Yang Berkualitas

Beberapa cewek mengalami PMS berupa fisik yaitu nyeri badan dan cepat lelah. Rasa ini lah yang akan merembet ke perubahan mood kamu. Jangan memaksa diri untuk aktif berkegiatan saat PMS. Lebih baik, atur waktu tidurmu yang cukup dan berkualitas supaya besok bisa menghadapi hari dengan hati yang senang.

Hindari Perdebatan

Usahakan menghindari segala jenis perdebatan saat sedang PMS, baik itu di tempat kerja, dengan pacar, atau teman, harus dihindari ya. Caranya, saat sedang adu argumen menjadi alot dan gak ada titik tengah, coba sampaikan ke lawan bicara bahwa hal itu akan dibahas di waktu yang lain.

Perbanyak Motivasi Diri

Kalau kamu udah ngerasa uring-uringan, ingin berkeluh kesah dan marah. Coba tarik diri dari keramaian dan rileks sejenak untuk atur emosi. Afirmasikan diri berulang-ulang dengan kalimat positif yang bisa memotivasi diri sendiri dan bisa melupakan emosi yang dirasa.

Makan Yang Sehat

Sindrom yang menyerang cewek sebelum datang bulan ini sering mengganggu aktivitas. Gejala PMS yang dirasa dari rasa lelah dan nyeri pada badan sampai emosi yang cepat naik turun, dari senang jadi sedih, dan sebaliknya. Kadang sebenarnya tidak ingin marah-marah, atau emosi, tapi kok sulit dikendalikan ya?

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan, meski mungkin sulit rasanya mengendalikan emosi apalagi ketika PMS, tapi percayalah kamu pasti bisa, ladies!

Sumber Foto Utama: istockphoto.com