Selain Bikin Sehat, Ini 5 Manfaat Kunyit untuk Lancarkan Haid

Jumat, 2 September 2022 | 21:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Bikin Sehat, Ini 5 Manfaat Kunyit Untuk Lancarkan Haid

Ilustrasi Manfaat Kunyit. (Pinterest)

Ladiestory.id - Salah satu siklus bulanan wanita, yakni haid kerap membuat mood menjadi naik turun. Salah satu masalah haid yang muncul adalah ketidak teraturan atau bahkan tidak lancar seperti biasanya.

Gejala ini juga disebut dengan amenore, yakni merupakan istilah medis yang untuk gangguan gejala haid yang sebabkan lantaran tidak lancar. Biasanya wanita mengonsumsi minuman herbal atau minuman khusus haid untuk membantu melancarkan menstruasi, salah satunya kunyit.

Selain menyehatkan, kunyit juga memiliki 5 manfaat untuk melancarkan haid seperti berikut ini.

Bantu Lancarkan Siklus Haid

Bantu Lancarkan Siklus Haid. (Pinterest)

Siklus haid yang tidak lancar dapat membuat sebagian wanita bertanya-tanya, bahkan merasa takut akan adanya gejala suatu penyakit. Siklus haid yang tidak teratur biasanya akan membuat kondisi perut sakit, kram dan nyeri lebih kuat dari biasanya. Sehingga, hal ini membuat aliran darah akan semakin deras atau juga bisa lebih sedikit dari biasanya.

Kandungan estrogen nya baik untuk reproduksi wanita salah satunya melancarkan haid. Selain itu, manfaat kunyit juga memiliki sifat emmenagogue yang dapat menstimulus aliran darah di area panggul serta rahim.

Atasi Kram dan Nyeri

Atasi Kram dan Nyeri. (Pinterest)

Saat mengalami haid atau menstruasi, tentunya wanita kerap merasa kram, sakit pinggang dan nyeri di sekitar dinding rahim. Hal ini pun juga dapat membuat wanita merasa tidak nyaman dan sering merasakan gejolak emosi yang tidak stabil, akibat rasa sakit yang berlebihan.

Sifat analgesic dari kunyit juga dapat mengurangi rasa kram dan nyeri akibat haid. Selain itu, kurkumin yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menghambat hormon dan mengurangi rasa kram serta nyeri saat haid.

Kram perut saat nyeri juga dapat terjadi akibat kontraksi kuat pada otot-otot rahim. Sifat antispasmodiknya juga dapat membantu meredakan gejala PMS seperti kram dan nyeri.

Cegah Mood Swing

Cegah Mood Swing. (Pinterest)

Haid juga kerap membuat wanita mengalami mood swing yang berubah-ubah. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon yang cukup drastis pada wanita sehingga menyebabkan emosi yang naik turun.

Kunyit juga dapat membantu mengatasi perubahan mood swing pada wanita, khususnya pada saat mengalami siklus haid. Kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat menyeimbangkan zat kimia pada otak sehingga dapat mengatur mood swing dengan baik.

Redakan Gejala PMS

Meredakan Gejala PMS (Pinterest)

Premenstrual syndrome atau PMS datang sebelum haid tiba. Gejala PMS akan disertai dengan rasa sakit kepala, lemas hingga munculnya jerawat di wajah. Dengan mengonsumsi minuman kunyit asam, juga dapat membantu meredakan gejala PMS serta membantu sistem kekebalan tubuh.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. (Pinterest)

Saat masa-masa haid, wanita juga kerap merasakan lelah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan efek darah yang dikeluarkan secara seharian yang membuat stamina menjadi menurun. Kunyit sebagai bahan antioksidan alami juga dapat membantu meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh saat masa-masa haid.

Itulah 5 manfaat kunyit untuk bantu memperlancar siklus haid pada wanita. Semoga bermanfaat!