Cukup Mengganggu, Ini Penyebab Siklus Haidmu Tidak Teratur

Kamis, 28 Juli 2022 | 13:15:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Cukup Mengganggu, Ini Penyebab Siklus Haidmu Tidak Teratur

Ilustrasi perempuan menghitung siklus haid. (Special)

Ladiestory.id - Sebagian orang menganggap bahwa menstruasi adalah sesuatu yang mudah diprediksi dengan mudah karena ada siklusnya sendiri. Namun, bagi perempuan siklus haid seseorang tidaklah se-simple itu.

Setelah haid pertama, kadang-kadang beberapa perempuan harus menunggu beberapa bulan lamanya untuk haid selanjutnya. Hal ini terjadi pada hampir semua perempuan, bahkan juga terjadi pada perempuan yang telah merasakan haid bertahun-tahun.

Siklus haid seorang perempuan rata-rata berlangsung selama 28 hari. Namun bisa lebih pendek dan bisa sedikit lebih lama. Memang sesuatu yang wajar, tapi kamu harus lebih was-was jika siklus haid tidak teratur setiap bulannya.

Mungkin siklus haidmu bisa terganggu karena ada pengaruh dengan kondisi kesehatanmu atau karena faktor-faktor lainnya. Jangan disepelekan, karena akan berdampak padahal yang serius. Kamu bisa cari tahu penyebabnya dengan melihat beberapa faktor di bawah ini!

Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat. (Special)

Gaya hidup atau kebiasaan yang kamu terapkan di dalam hidupmu cukup berpengaruh pada siklus haidmu. Berat badan yang berlebihan dapat mempengaruhi hormon estrogen yang ada dalam tubuhmu. Hal ini akan mengganggu siklus haidmu.

Demikian juga dengan penurunan berat badan yang kamu lakukan dengan cara yang ekstrem. Cara diet yang tidak sehat akan mengganggu produksi hormon karena asupan nutrisi yang diterima tubuh tidak cukup.

Akibatnya, dalam waktu tertentu kamu akan telat haid dari waktu yang seharusnya atau bisa saja berhenti untuk beberapa bulan.

Olahraga yang Ekstrem

Olahraga Berlebihan membuat siklus haid tidak lancar. (Special)

Saat melakukan diet, kebanyakan orang akan melakukan olahraga yang cukup ekstrem untuk mendapatkan tubuh ideal dalam waktu yang singkat. Olahraga terlalu banyak dapat membuang terlalu banyak kalori sehingga tubuh sulit untuk melakukan proses ovulasi. Akibatnya kamu susah haid dalam waktu yang teratur.

Obat-obatan

Ilustrasi Konsumsi Obat. (Special)

Obat-obatan yang kamu konsumsi menjadi salah satu faktor mengapa siklus haidmu tidak teratur. Jenis obat-obatan seperti obat anti-depresan, obat anti-psikotik, obat diet untuk menurunkan berat badan adalah beberapa contoh obat dapat mengubah siklus haidmu.

Jika kamu membutuhkan obat itu untuk kesehatanmu, sebaiknya jangan asal beli obat tanpa tahu resep atau resiko yang jelas. Hal itu akan membahayakan dirimu sendiri.

Lebih baik kamu konsultasikan ke dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat agar dosisnya dapat disesuaikan dan siklus haidmu bisa kembali normal.

Masalah Kesehatan

Ilustrasi perempuan sakit. (Special)

 

Meski terdengar penyakit ringan, nyatanya pilek atau flu yang berkepanjangan dapat menunda siklus haidmu untuk sementara waktu. Apalagi jika yang menimpamu adalah penyakit yang berat, mungkin siklus haidmu akan berhenti beberapa saat.

Kondisi kesehatan sangat mempengaruhi siklus haid seorang perempuan. Dilansir dari very well health,  Hipotiroidisme atau tiroid yang kurang aktif dapat membuat siklus haid kamu tidak teratur.

Mudah memar dan mimisan yang berkepanjangan atau pendarahan pasca operasi yang pernah terjadi padamu bisa kamu konsultasikan ke dokter. Mungkin hal itu bukan masalah sepele, tapi bisa saja kamu memiliki gangguan pendarahan yang mengakibatkan terganggunya siklus haidmu.

Stres

Ilustrasi perempuan stres. (Special)

Kondisi mental yang tidak sehat seperti stres juga dapat mempengaruhi siklus haidmu. Saat kamu stres, siklus haidmu akan berubah dari pola normalnya. Stres dapat mengganggu bagian otak yang mengontrol hormon yang mengatur siklus menstruasi.

Cobalah kurangin stres dan overthinking yang kamu rasakan. Jika stres yang kamu rasakan terlalu berat, cobalah untuk pergi ke terapi dan melakukan konsul terkait kesehatan mentalmu.

s