Penting! Ini 6 Gerakan Yoga yang Harus Dikuasi Oleh Pemula

Sabtu, 11 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Penting! Ini 6 Gerakan Yoga yang Harus Dikuasi Oleh Pemula

Foto: Ladiestory.id

Untuk kamu yang sekarang ini mulai menekuni olahraga atau senam yoga, maka langkah pertama yang wajib kamu lakukan yaitu dengan menguasai teknik atau gerakan dasarnya. Bila kamu telah menguasai gerakan dasar, maka tidak sulit untuk kamu dalam mengembangkan gerakan tersebut ke gerakan yang lebih rumit lagi.

Gerakan Yoga Untuk Pemula

Namun sayangnya, untuk kamu yang tengah mempelajari gerakan yoga bagi pemula, maka jangan lupa supaya kamu berada di bawah pengawas atau instruktur yoga. Hal ini bertujuan agar kamu dapat terhindar dari cedera ataupun hal-hal lain yang tidak diinginkan selama kamu melakukan gerakan tersebut.

Bila nantinya kamu mengalami keadaan cieera pada bagian tangan, lengan, leher, atau bahkan sendi, maka hal ini akan berdampak langsung pada tingkat fleksibilitas kamu.

Lantas, apa saja gerakan yoga untuk pemula? Berikut beberapa gerakan yoga yang perlu dikuasai oleh para pemula.

1. Mountain Pose

Gerakan Yoga
Foto: openfit

Gerakan awal yang mesti dikuasai bagi kamu seorang pemula senam yoga yaitu Mountain Pose. Walaupun sebetulnya langkah ini termasuk cara yang tampak sederhana, tapi bila kamu tidak melakukannya dengan benar, maka bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan melakukan cara ini atau bahkan cidera bila kamu tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Perlu kamu ketahui jika Mountain Pose adalah sebuah gerakan dasar yang berguna untuk memperbaiki keseimbangan tubuh maupun juga keadaan postur tubuh kamu.

2. Downward Facing Dog

Gerakan Yoga
Foto: Ladiestory.id

Downward Facing Dog juga adalah salah satu gerakan dasar yang mesti dikuasai untuk kamu yang baru memulai senam yoga. Pada posisi ini, bagian yang berperan penting yaitu tubuh atas kamu dan kamu juga harus meregangkan otot punggung, dada, kaki, ataupun juga punggung.

3. Warrior

Foto: Ladiestory.id

Warrior pun adalah salah satu gerakan dasar yang wajib kamu kuasai. Seperti halnya gerakan dasar lainnya, kamu jangan meremehkan gerakan ini sebab walaupun sekilas tampak mudah, tapi pada dasarnya gerakan Warrior adalah gerakan dasar yang cenderung sulit guna dikuasai.

4. Tree pose

Gerakan Yoga
Foto: Ladiestory.id

Berdirilah dengan tangan di samping, kemudian beratkan tumpuan di kaki kiri. Angkat kaki kanan dan tempatkan di dalam paha kaki kiri, jaga pinggul kamu agar tetap menghadap ke depan. Usai semuanya seimbang, bawa tangan kamu ke depan dalam posisi berdoa, yakni meletakkan telapak tangan bersama-sama.

Pada waktu menarik napas, rentangkan tangan ke atas dengan telapak tangan berhadapan satu sama lain, namun tidak bersentuhan. Tahan sampai 30 detik, kemudian buang kembali napas, dan kembali ke posisi semula. Ulangi kembali gerakan ini pada sisi yang berlawanan.

5. Bridge pose

Gerakan Yoga
Foto: dewimagazine

Regangkan dada dan paha guna meregangkan tulang. Berbaringlah di lantai dengan posisi lutut ditekuk lalu meletakkannya langsung sejajar di atas tumit. Tempatkan tangan di samping dengan telapak menghadap ke bawah. Angkat pinggul sampai paha paralel dengan lantai, kemudian bawa dada ke arah dagu. Tahan selama 1 menit.

6. Triangle pose

Gerakan Yoga
Foto: Ladiestory.id

Berdirilah dengan membuka kaki sekitar 3 langkah. Arahkan jari kaki kanan ke arah kanan serta jari kaki kiri ke depan. Regangkan tangan di kedua sisi dengan telapak menghadap ke bawah. Jatuhkan tubuh kamu ke arah kanan sampai jari tangan kanan kamu menyentuh jari kaki kanan atau menyentuh lutut bila tidak bisa.

Regangkan tangan kiri dengan jari-jari menghadap menuju langit-langit. Ubah pandangan kamu menuju langit-langit, setelah itu tahan sampai 5 napas. Lalu berdiri dan ulangi lagi pada arah yang berlawanan.

Itulah gerakan gerakan yoga penting bagi pemula. Kira-kira, kamu sudah menguasai yang mana?

Berita Terkait