4 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Pembukaan Saat Proses Persalinan

Sabtu, 4 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Makanan Sehat Yang Bisa Membantu Pembukaan Saat Proses Persalinan

Foto: Ladiestory.id

Sedang hamil merupakan salah satu hal yang diidam-idamkan para perempuan. Nah, untuk tanggal persalinan sendiri memang bisa diprediksi, namun terkadang hal seperti itu tidak terjadi sesuai prediksi yang ada.

Meskipun begitu, bagi kamu yang lagi hamil dan sebentar lagi akan melahirkan, masih bisa mengubah atau mempercepat dengan pola maka yang tepat.

Makanan Sehat yang Bantu Pembukaan Saat Proses Persalinan

Hal ini sangat diperlukan supaya nantinya kamu bisa mempunyai nutrisi dan energi yang cukup untuk melahirkan, sekaligus untuk melindungi bayi dan dirimu dari infeksi.

Lantas, apa saja sih makanan itu? Biar tahu, berikut makanan yang mempercepat pembukaan saat melahirkan supaya kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

1. Telur dan pisang bermanfaat untuk stimulai pematangan serviks

Makanan Sehat
Foto: Ladiestory.id

Nah untuk makanan yang pertama ada telur dan pisang. Keduanya bermanfaat dapat menstimulasi pematangan serviks. Hormon oksitosin sangat dibutuhkan untuk menstimulasi pematangan serviks agar mampu mengembang selama persalinan.

Untuk itu, kamu membutuhkan makanan yang meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh. Makanan yang kaya oksitosin bisa berasal dari kombinasi telur, pisang, dan merica. Rasa yang dihasilkan dari makanan ini pun juga sangat lezat, ada rasa manis, gurih, dan bahkan sedikit rasa pedas.

Nah pisang sendiri baik untuk cadangan energi. Contoh lain dari makanan ini bisa bubur atau oatmeal, selain untuk meningkatkan oksitosin, makanan ini juga dikenal sebagai comfort food lho!

2. Jeruk dipercaya untuk memenuhi kebutuhan cairan

Makanan Sehat
Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya ada buah jeruk, nah jeruk ini dipercaya bisa memenuhi kebutuhan cairan yang ada pada tubuh kamu, lho. Kenapa kok bisa jeruk? Nah, jawabannya karena  jeruk mengandung sekitar 90% air, yang  artinya mampu untuk memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh selama masa melahirkan.

Jadi jeruk merupakan salah satu  buah yang penting bagi persalinan karena dua alasan utama. Nah, cairan sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses kontraksi dan jalannya lahir bayi. Apabila kamu kekurangan cairan tubuh itu sangat berbahaya dan bisa jadi kamu akan tidak berenergi untuk mengeluarkan bayi dari kandungan.

Selain itu, kaya akan kandungan airnya, buah jeruk juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga membuat kulit bayi akan menjadi lebih lembut dan halus. Selain itu jenis nutrisi pada jeruk juga dapat memperkuat daya tahan tubuh dan  membantu mencegah infeksi yang mungkin terjadi saat persalinan.

3. Susu dan yoghurt mengandung protein dan kalsium

Makanan Sehat
Foto: Ladiestory.id

Nah, makanan yang ketiga ada susu. Susu sendiri mampu untuk mengembangkan tulang bayi. Ternyata susu, keju, dan yoghurt sendiri memberikan sejumlah nutrisi, seperti protein dan kalsium. Kandungan kalsium yang ada dalam susu dapat membantu mengembangkan tulang bayi.

Selain itu, mengonsumsi susu selama masa kehamilan, dapat membantu mencegah terjadinya kekurangan kalsium terhadap ibu hamil. Nah untuk yoghurt sendiri mengandung gula dan karbohidrat yang berguna sebagai cadangan energi untuk persalinan. Disarankan untuk mengonsumsi yoghurt sebelum atau selama perjalanan ke rumah sakit untuk memperpanjang energi kamu.

Nah meskipun yoghurt baik untuk tubuh tapi tidak semuanya ya. Kamu harus memghindari yoghurt yang mempunyai kandungan gula yang tinggi, karena makanan ini akan membuat perut kurang nyaman dan dan biaa menyebabkan kamu muntah begitu persalinan berlangsung.

4. Bayam

Makanan Sehat
Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya ada sayuran bayam yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Salah satunya untuk mempercepat pembukaan saat proses persalinan. Nah, bayam berfungsi untuk menyiapkan tubuh saat proses persalinan.

Bayam memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan folat, serta sumber-sumber vitamin lainnya yang dapat menyiapkan tubuh untuk menghadapi persalinan normal.

Jika kamu terlalu bosan memakan sayur bayam, kamu bisa memasak bayam sebagai salad atau juga bisa menjadi side dish dari menu steak. Selain dibuat makanan bayam juga bisa  dibuat sebagai jus atau smothies untuk dikonsumsi pada pagi hari.Bahkan, kamu bisa menambahkan yoghurt atau buah lainnya supaya rasanya lebih nikmat.

Nah, itu dia empat makanan yang dapat mempercepat pembukaan saat persalinan. Selain mengonsumsi keempat jenis makanan diatas. Kamu juga perlu menjaga pola makan yang sehat sebelum persalinan, ini berguna untuk mengurangi risiko komplikasi saat persalinan.

Selain keempat makanan di atas, ada banyak makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mempercepat pembukaan saat proses persalinan. Selain makanan kamu juga perlu  aktif bergerak selama kehamilan trimester ketiga agar kelahiran bayi dapat berjalan dengan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga berhasil!