Daripada Beli Melulu Coba Buat Masker Alami Ini, Yuk!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Daripada Beli Melulu Coba Buat Masker Alami Ini, Yuk!

Ilustrasi Masker Wajah (pinterest)

Ladiestory.id - Cewek memang nggak bisa jauh dari yang namanya skincare. Yup, supaya wajah terlihat cerah berseri dan bebas kusam, biasanya selalu sedia masker setiap saat. Apalagi setelah seharian beraktivitas, tak jarang wajah menjadi mudah kusam dan lelah. Maka dari itu, untuk mengembalikan kesegaran dan kecerahan wajah, banyak yang beralih menggunakan masker wajah.

Tetapi jika keseringan berbelanja skincare, bisa saja menjadi boros, belum lagi khawatir dengan bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Bukannya cerah, malah semakin parah. Eits, tapi kamu enggak perlu khawatir, karena bisa membuat racikan masker dengan bahan alami di rumah dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini. Cobain yuk!

Tomat

Tomat. (pinterest)

 

Tomat kerap juga dijadikan sebagai bahan masker alami. Selain menjadi bahan yang mudah didapat, harga tomat pun sangat terjangkau. Tomat juga dapat memberikan khasiat yang baik bagi kulit wajah. Hal ini dikarenakan tomat mengandung vitamin E yang dapat membantu mencerahkan kulit serta menyamarkan flek hitam di wajah. Untuk membuat masker tomat ini pun sangat mudah. Cukup sediakan satu atau dua buah tomat yang sudah dicuci hingga bersih, kemudian belah buah tomat dan blender hingga halus. Kemudian oleskan tomat hingga merata keseluruh wajah dan diamkan selama 30 menit hingga mengering, kemudian bilas kembali wajah hingga bersih dengan air hangat.

Lidah Buaya

Lidah Buaya. (pinterest)

 

Yup, salah satu bahan alami yang sangat populer selanjutnya adalah lidah buaya. Memang sudah tidak asing lagi jika lidah buaya kerap digunakan pada produk kecantikan. Hal ini diketahui bahwa khasiat lidah buaya dapat membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih cerah, kenyal, lembap serta dapat meredakan kemerahan pada wajah akibat iritasi. Kamu pun dapat membuat peeling mask alami menggunakan bahan alami ini, lho. Caranya, cukup ambil satu buah lidah buaya kemudian kupas kulitnya dan ambil gelnya. Kemudian haluskan lidah buaya, oleskan pada seluruh wajah secara merata dan diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Putih Telur

Putih Telur. (pinterest)

 

Selanjutnya, kamu dapat membuat sendiri racikan masker menggunakan putih telur. Putih telur juga dipercaya dapat menghilangkan masalah kulit yang berkomedo serta dapat digunakan sebagai anti aging alami, lho. Cara membuatnya pun mudah, cukup sediakan satu buah telur, kemudian pisahkan kuning dan putih telur ke dalam wadah, gunakan putih telur dan aplikasikan kepada wajah hingga merata. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, kemudian bilas kembali hingga bersih menggunakan air hangat.

Kentang

Kentang. (pinterest)

 

Jika biasanya kentang kerap digunakan sebagai bahan masakan yang lezat, namun manfaat lain dari kentang adalah dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah. Siapa sangka jika kentang juga bisa digunakan sebagai peeling mask, lho! Diketahui jika manfaat kentang adalah dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Cara menggunakannya, cukup sediakan satu buah kentang, kemudian buang kulitnya dan cuci hingga bersih. Kemudian hancurkan kentang dan campur dengan minyak zaitun hingga bertekstur lembut, kemudian oleskan keseluruh wajah hingga merata diamkan selama kuarang lebih 50 menit. Jangan lupa bilas wajah hingga bersih.

Yogurt

Yoghurt. (pinterest)

 

Jika kamu memiliki kulit kering dan kusam, kamu juga bisa memanfaatkan yogurt untuk membantu mengembalikan kelembapan dan mencerahkan kulit. Cukup sediakan 2 sendok teh yoghurt dan 1 sendok teh madu, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan keseluruh permukaan kulit wajah dan diamkan hingga mengering selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.