Waspada! 7 Efek Bahaya Begadang bagi Kesehatan

Sabtu, 18 Desember 2021 | 08:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Waspada! 7 Efek Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Ilustrasi mengantuk karena begadang. (Special)

Ladiestory.id - Terlalu sering begadang akan membuat seseorang kurang tidur. Terlalu sering begadang akan berdampak pada kesehatan kita misalnya penurunan daya ingat, berkurangnya kualitas seksual, dan penurunan berat badan.

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan 

Para ahli kesehatan menekankan pentingnya tidur demi  kesehatan mental dan fisik. Normalnya seseorang membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam per hari. Jika kurang dari waktu tersebut tentunya akan mengganggu kesehatan. Berikut beberapa risiko bahaya begadang bagi kesehatan:

1. Memicu Obesitas

Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)

 

Terlalu sering begadang mempunyai efek yang sama seperti makan terlalu banyak tapi, jarang berolahraga. Seseorang yang sering begadang akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Sedangkan tidur, memiliki fungsi hormon untuk mengatur rasa lapar dan kenyang. Jika waktu tidur kurang, maka hormon tersebut akan mengalami penurunan sehingga mengakibatkan kita mudah merasakan lapar.

2. Sulit Berkonsentrasi

Bahaya begadang selanjutnya adalah membuat Kamu sulit berkonsentrasi. Mempunyai waktu tidur yang cukup dapat bermanfaat bagi konsentrasi saat belajar.

Kurangnya waktu tidur dapat menurunkan konsentrasi, kewaspadaan, nalar serta kemampuan memecahkan masalah. Tidak hanya itu, kurang tidur juga bisa menurunkan daya ingat seseorang.

3. Munculnya Penyakit Serius

 

Ilustrasi sakit jantung. (Special)

 

Bahaya begadang lainnya adalah menyebabkan beberapa penyakit yang membahayakan tubuh antara lain:

  • Stroke
  • Diabetes
  • Gagal Jantung
  • Tekanan darah tinggi

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk lebih memperhatikan kuantitas dan kualitas tidur yang baik, agar terhindar dari penyakit yang membahayakan tubuh.

4. Gairah Seksual Menurun

Bahaya begadang bagi tubuh selanjutnya adalah menurunkan gairah seksual. Terlalu sering begadang dapat mengurangi libido serta menurunkan keinginan untuk melakukan hubungan seksual. penyebabnya adalah karena terlalu banyak energi yang terkuras dan rasa kantuk yang berlebihan. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada laki-laki saja, namun wanita juga memiliki resiko yang sama.

5. Risiko Mengalami Kecelakaan

Bahaya begadang salah satunya adalah rentan mengalami kecelakaan. Kurang tidur akan membuat Kamu merasa kantuk pada siang hari. Jika Kamu pergi bekerja menggunakan kendaraan pribadi, kecelakaan bisa saja terjadi. Bukan hanya kecelakaan saat pergi bekerja saja, kurang tidur juga dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja.

6. Menurunkan Sistem Imun

Bahaya begadang lainnya adalah bisa menurunkan sistem imun dalam tubuh kita. Hal ini disebabkan pada saat kita tertidur, sistem imun akan memproduksi sitokin, yakni suatu senyawa kimia yang dapat membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh.

Bahkan, beberapa jenis sitokin tertentu ada yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih efektif dalam melawan penyakit.

Nah, jika Kamu kurang tidur, sistem kekebalan tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal. Alhasil, Kamu akan lebih mudah terserang penyakit. Jika dibiarkan terus menerus, efek kurang tidur akibat sering begadang bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes melitus dan penyakit jantung.

7. Mengalami Penuaan Dini

Ilustrasi memegang wajah.  (Ladiestory.id)

 

Taukah Kamu bahaya begadang, juga akan merusak sistem kulit wajah kita? Ya, bahaya begadang bisa menyebabkan kulit kendur, serta memunculkan garis-garis halus pada wajah dan bisa membuat lingkaran hitam dibawah mata.

Hal tersebut disebabkan oleh hormon kortisol yang diproduksi berlebih dan menyebabkan tubuh memecah kolagen pada kulit, sehingga fungsi kolagen untuk membuat kulit halus dan elastis jadi berkurang.

Solusi Mencegah Begadang

Untuk mencegah begadang di malam hari, Kamu dapat melakukan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Jangan bermain gadget sebelum tidur.
  • Jangan tidur siang.
  • Jangan makan 2 jam sebelum tidur.
  • Pasang alarm pengingat tidur.
  • Kurangi waktu tidur siang.
  • Jangan konsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur.
  • Tidur di jam yang sama setiap malam, meskipun akhir pekan.
  • Rileks, tidak menaruh beban di pikiran

Jika beberapa cara di atas tidak dapat mengurangi frekuensi begadang, maka Kamu wajib berkonsultasi kepada dokter, mengingat begadang sangat buruk dampaknya bagi kesehatan.