Waspada! Ini Gejala dan Penyebab Vertigo Kambuh

Kamis, 16 Desember 2021 | 09:25:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Waspada! Ini Gejala Dan Penyebab Vertigo Kambuh

Ilustrasi sakit kepala. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu pernah mengalami sakit kepala yang hebat hingga merasa sekeliling berputar? Jika iya itu tandanya kamu mengalami  vertigo.

Vertigo bisa terjadi berulang-ulang atau kambuh dalam beberapa waktu, lalu apa yang menjadi penyebab vertigo kambuh? Simak ulasan lengkapnya mengenai vertigo dibawah ini.

Penyebab Vertigo Sering Kambuh

Biasanya vertigo tidak terjadi sekali tapi bisa berulang atau kambuh, berikut penyebab kambuhnya vertigo.

1. Adanya Gangguan Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

BPPV menjadi penyebab yang paling sering terjadi pada kasus kambuhnya vertigo,  BPPV sendiri terjadi karena lepasnya kristal kalsium karbonat pada lapisan saluran telinga. Pada kondisi normal, hal ini tidak menimbulkan vertigo. 

Tapi vertigo ini muncul saat pecahan kristal tersebut masuk ke salah satu bagian telinga yang berisi cairan. Hal ini disebabkan ketika kepala bergerak, pecahan kristal akan tersapu dan mengirimkan sinyal yang mengacaukan otak.

Biasanya vertigo yang kambuh karena BPPV terjadi dengan singkat hanya dalam hitungan detik atau menit tapi sakitnya tak tertahankan dan bisa berulang-ulang.

2. Terganggunya Kesehatan Kepala dan Telinga

Vertigo seringkali kambuh karena adanya masalah kesehatan pada kepala dan telinga, gangguan pada kedua organ tersebut menjadi pemicu terganggunya mekanisme pada organ tubuh lain dalam menyeimbangkan tubuh.

3. Perubahan Posisi Kepala

Vertigo juga dapat kambuh tiba-tiba saat kamu mengubah posisi kepala ke arah tertentu, misalnya membalikan posisi badan tiba-tiba, menunduk, dan membaringkan badan.

4. Migrain

Seseorang yang sering mengalami migrain juga akan kemungkinan sering mengalami vertigo.

5. Vestibular Neuritis dan Meniere

Adanya 2 macam penyakit yang ada dalam telinga yaitu Vestibular Neuritis dan Meniere juga menjadi pemicu vertigo sering kambuh.

6. Pemakaian Obat-obatan Tertentu

Pemakaian obat-obatan terkadang dapat menjadi penyebab gangguan pada telinga dan luka di area leher atau kepala sehingga membuat vertigo kambuh tiba-tiba.

7. Tekanan Darah Rendah

Turunnya tekanan darah yang disebabkan oleh kondisi tertentu dan mengalami dehidrasi juga dapat menjadi penyebab vertigo kambuh secara tiba-tiba.

Gejala Vertigo

Vertigo tidak sama seperti sakit kepala pada umumnya, biasanya gejala vertigo antara lain :

  • Penglihatan berputar
  • Hilangnya keseimbangan
  • Seperti ada yang menarik ke arah tertentu
  • Merasa miring saat berpijak
  • Merasa sekeliling bergoyang seperti ada gempa
  • Mual
  • Bola mata bergerak terus tidak normal
  • Kepala merasakan sakit yang hebat
  • Terasa akan pingsan
  • Telinga berdengung
  • Keluar keringat

Bila gejala vertigo terus-terusan terjadi dan tidak ditangani serius maka dapat menyebabkan stroke karena itulah konsultasikan pada dokter bila kamu mengalami gejala-gejala seperti diatas.

Itulah informasi seputar gejala dan penyebab vertigo kambuh. Ingat selalu untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin olahraga dan konsumsi makanan sehat. Semoga bermanfaat.