Selain Menahan Haus dan Lapar, Ini 5 Godaan Selama Bulan Puasa

Selasa, 21 Maret 2023 | 12:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Menahan Haus Dan Lapar, Ini 5 Godaan Selama Bulan Puasa

Ilustrasi sakit perut. (Special)

Ladiestory.id - Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan tentu harus dilakukan dengan niat dan hati yang tulus, pikiran yang jernih, dan butuh kesabaran dalam menjalankannya. Selain menahan rasa lapar dan haus selama satu bulan penuh lamanya, namun selama berpuasa terdapat beberapa godaan berat yang harus kamu kendalikan.

Hal ini pun kerap dialami oleh seseorang agar tidak membatalkan ibadah puasa dan pahalamu tidak berkurang. Nah, berikut ini terdapat lima godaan selama menjalankan ibadah puasa yang kerap dialami oleh seseorang, simak yuk!

Menggosip atau Membicarakan Orang Lain

Ilustrasi bercerita ke sahabat. (Special)

Nah, salah satu kebiasaan yang sering membuat seseorang kebablasan dan lupa diri jika ia sedang menjalankan ibadah puasa ialah menggosip atau membicarakan orang lain. Apalagi jika kamu sedang berkumpul dengan rekan kerja ataupun sahabat.

Tanpa disadari kamu dan temanmu membicarakan orang lain walaupun awalnya tidak berniat untuk membicarakannya. Alhasil, kamu akan semakin tidak sadar melakukannya. Bergosip, ghibah, dan menggunjing orang lain selama bulan puasa tentu harus kamu hindari. Selain bisa merugikan dirimu sendiri, hal ini pun akan membuat ibadah puasamu kacau.

Mudah Mengantuk

Ilustrasi seseorang mengantuk. (Special)

Salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri selama menjalankan ibadah puasa ialah tubuh menjadi mudah lelah dan waktu beristirahat menjadi berkurang. Apalagi bagi kamu yang berpuasa sambil melakukan aktivitas bekerja.

Hal ini dapat disebabkan kamu harus bangun sahur dini hari dan membuat jam istirahatmu terganggu. Bahkan, tak jarang banyak yang kesiangan karena minimnya waktu istirahat. Akibat waktu istirahat yang kurang pun bisa mempengaruhi aktivitas harian sehingga menyebabkan rasa kantuk yang tidak tertahankan.

Bermalas-malasan

Ilustrasi perempuan malas. (Special)

Memang saat sedang berpuasa tubuh akan mudah lelah dan mudah mengantuk. Alhasil seseorang akan memilih untuk rebahan atau bermalas-malasan seharian hingga waktu berbuka puasa tiba. Eits, tetapi hal ini sebaiknya dapat kamu hindari, Ladies.

Sebaiknya, selama berpuasa tubuhmu harus lebih banyak gerak agar tetap sehat menjalankan ibadah puasa, tidak perlu tidur sepanjang hari. Kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas ringan seperti berjalan kaki diarea rumah, naik turun tangga atau melakukan orlahraga ringan.

Emosi

Ilustrasi perempuan marah. (Special)

Ladies, selama menjalankan ibadah puasa salah satu sifat dalam diri yang terkadang tidak bisa dikontrol adalah menahan rasa amarah maupun emosi. Bisa saja karena tubuh mulai lelah atau hormon dalam tubuh mulai meningkat, alhasil emosimu pun menjadi meledak-ledak dan kamu pun menjadi hilang kendali.

Selama menjalankan ibadah puasa, kamu harus bisa menahan diri untuk tidak mudah emosi dan meluapkan amarah, walaupun ada perasaan di dalam hatimu yang meledak-ledak. Kamu bisa menarik dan menurunkan napasmu perlahan dan pergi agar tidak terpancing emosi.

Lapar Mata

Ilustrasi linuran kuliner. (Special)

Salah satu hal ini tidak bisa dipungkiri, biasanya menjelang waktu berbuka puasa banyak pasar Ramadan yang menjajakan takjil maupun menu berbuka puasa yang menggugah selera. Alhasil kamu pun bisa menjadi lapar mata dan ingin membeli semuanya. Karena efek perut yang lapar dan tenggorokan yang haus, kamu pun ingin membeli semua hidangan yang kamu inginkan sebagai menu berbuka.

Pada saat waktu berbuka puasa tiba, kamu pun menyantap makanan dan minuman dengan porsi besar. Akibatnya, kamu pun menjadi kekenyangan dan tidak bisa melakukan ibadah selanjutnya. Selain itu, hidangan makanan yang sudah terbeli banyak itu menjadi sia-sia karena perutmu sudah tidak mampu lagi untuk menghabiskannya.