Hancurkan Kolesterol dengan 5 Jus Buah Berikut, Bisa Dibuat di Rumah Loh!

Selasa, 26 Juli 2022 | 11:15:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

Hancurkan Kolesterol Dengan 5 Jus Buah Berikut, Bisa Dibuat Di Rumah Loh!

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Ladiestory.id - Kolesterol merupakan lemak endogen yang juga berasal dari makanan hewani. Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin, hormon, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak. Dalam jumlah yang sedikit, hal ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh dapat terus berfungsi secara normal.

Sebenarnya, kolesterol dalam jumlah normal memiliki fungsi yang sangatlah penting bagi tubuh. Namun, ketika kolesterol terlalu tinggi justru bisa membahayakan tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi.

Kolesterol dalam darah dibawa oleh protein kombinasi keduanya yang disebut lipoprotein. Dua jenis utama lipoprotein adalah low-density lipoprotein (LDL), umumnya dikenal sebagai kolesterol jahat, dan high-density lipoprotein (HDL) atau yang umum dikenal sebagai kolesterol baik.

Ketika kadar kolesterol darah melebihi kadar normal, kondisi ini dikenal sebagai hiperkolesterolemia. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit serius. Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak yang diproduksi terutama di hati. Namun, sebagiannya lagi biasanya diperoleh dari makanan.

Secara umum, serangan jantung dan stroke adalah penyakit pada orang dengan kolesterol tinggi yang disebabkan oleh kolesterol berlebihan pada pembuluh darah. Kolesterol berlebih biasanya disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan kurang berolahraga. Tetapi, faktor keturunan diketahui juga bisa menjadi penyebab kondisi ini.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyalit AS, banyak orang yang tidak menyadari bahwa kolesterol tinggi sebenarnya tidak menimbulkan gejala apapun. Tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui kadar kolesterol Anda. Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung sehingga kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan banyak gejala penyakit jantung.

Namun, kolesterol dapat diatasi secara alami, antara lain dengan menggunakan buah-buahan yang diolah menjadi jus. Berikut beberapa jus buah yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit kolesterol.

Jus Jeruk Peras

Ilustrasi jus jeruk. (Special)

Jus jeruk juga merupakan penguat antioksidan yang sangat baik untuk membantu kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Untuk hasil terbaik, peras jeruk atau lemon, kemudian masukkan ke dalam segelas air putih secukupnya. Tambahkan irisan maupun kulit jeruk untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Jus Anggur

Ilustrasi buah anggur. (Spesial)

Apabila kamu ingin menghindari alkohol, tetapi tetap ingin mempertahankan manfaat penurun kolesterol dari anggur merah, maka jus anggur adalah alternatif terbaik di luar sana.

Jus anggur mengandung flavonoid dan antioksidan kuat yang mampu mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini juga membantu menjaga tekanan darah tetap sehat.

Gunakan jus anggur merah atau anggur tua karena cenderung mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan anggur putih dan hijau.

Jus Alpukat

Ilustrasi buah alpukat. (Special)

Buah alpukat diproses menjadi jus dengan cara yang sangat mirip. Jus alpukat tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki nilai gizi yang baik dalam menurunkan kolesterol jahat. Untuk membuat jus alpukat yang menurunkan kolesterol, disarankan agar tidak menambahkan gula.

Jus Jambu Biji

Ilustrasi buah jambu biji. (Special)

Mengonsumsi jus jambu biji secara teratur selama kurang lebih tiga bulan lamanya dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, juga dapat mengurangi lemak jahat hingga 50 persen, loh. Jus jambu biji mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin E dan selenium.

Jus Apel

Ilustrasi jus apel. (Special)

Kebanyakan orang menyukai apel untuk dikonsumsi. Dikenal dengan warna merah atau hijaunya, buah ini mengandung saluran serat larut pektin. Jenis pektin serat larut ini membantu menurunkan kadar kolesterol. Pektin serat makanan yang larut dalam air menekan kolesterol dan mengirimkannya ke saluran pencernaan.

Itulah beberapa jus buah sebagai penurun kolesterol paling cepat yang dapat dibuat sendiri di rumah. Apakah sekarang ingin mencoba untuk rutin membuatnya Ladies?