Hati-Hati! Tidur di Jam Ini Bisa Berbahaya

Kamis, 30 Juni 2022 | 10:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Hati-Hati! Tidur Di Jam Ini Bisa Berbahaya

Ilustrasi tidur (Special)

Ladiestory.id - Tidur pastinya merupakan aktivitas yang paling disukai manusia. Apalagi untuk orang-orang yang memiliki kesibukan super padat dan kurang istirahat.

Namun, jangan salah! Tidur juga bisa mendatangkan efek negatif loh kalau Kamu lakukan di waktu-waktu ini.

Tidur Setelah Subuh

Ilustrsi tidur ngiler. (Special)

Tidur di waktu setelah subuh sering dilakukan oleh sebagian orang. Alasannya, entah karena begadang dalam mengerjakan tugas, bermain game, atau bahkan hanya sekedar berbincang dengan teman hingga lupa waktu.

Tidur di waktu ini dapat meningkatkan risiko obesitas. Hal ini karena akan terjadi timbunan lemak karena makanan yang tak dicerna secara sempurna. Selain itu, proses pencernaan yang tidak sempurna ini juga dapat membuat seseorang mengalami peningkatan penyakit asam lambung (maag), atau bahkan GERD. Lebih menyeramkannya lagi, waktu tidur ini dapat menyebabkan seseorang terkena stroke.

Tidur Setelah Makan

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

Ketika proses pencernaan sedang bekerja, aliran darah akan difokuskan ke daerah organ pencernaan. Karenanya, aliran darah ke otak menjadi lebih sedikit dan memunculkan rasa kantuk pada seseorang. Maka, seseorang kerap merasa mengantuk setelah ia makan.

Namun, jika waktu tidur ini dituruti, seseorang dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit asam lambung, serta insomnia.

Tidur Setelah Ashar

Ilustrasi perempuan sulit tidur. (Special)

Tidur setelah waktu ashar dapat membuat seseorang menjadi lemas. Hal ini karena kurangnya asupan oksigen yang didapat .

Tak hanya itu, sakit kepala juga dapat dirasakan setelah tidur di waktu ini. Apalagi, jika Kamu terbangun dengan kondisi kaget. Tidur sore juga dapat menurunkan daya ingat seseorang serta meningkatkan kolesterol tubuh dan diabetes.

Tidur Sebelum Isya

Foto: Ladiestory.id

Tidur sebelum isya dapat menyebabkan gangguan hati dan juga meningkatkan risiko obesitas. Kemudian, biasanya orang yang tertidur di waktu ini baru akan terbangun di keesokan harinya, tetapi dengan kondisi tubuh yang terasa lemas.

Tidur Seharian

Ilustrasi tidur tengkurap. (Special)

Orang sering kali merasa malas dan akhirnya justru menghabiskan waktunya di tempat tidur seharian dengan tidur. Hal ini sebenarnya dapat mendatangkan efek negatif untuk tubuh. Tidur dengan jangka panjang seperti ini dapat membuat seseorang berisiko mengalami gangguan cemas, kesulitan untuk konsentrasi, daya ingat menurun, dan mudah lelah.

Itu dia waktu yang sebaiknya dihindari untuk tidur. Ingat Ladies, waktu tidur haruslah cukup, tidak berlebihan, atau tidak kurang, agar badan selalu merasa fresh saat bangun nanti.