Hentikan! Ini Bahaya Mandi Malam Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:30:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Hentikan! Ini Bahaya Mandi Malam Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya mandi malam hari bagi kesehatan. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian orang, mandi malam hari memang sangat menyegarkan! Apalagi ketika baru menyelesaikan semua aktivitas selama seharian dan baru pulang ke rumah saat larut malam. Mandi malam menjadi pilihan yang sulit dihindari.

Tapi, tahukah kamu bahwa mandi malam tidak baik bagi kesehatan tubuh? Sensasi mandi malam memang membuat tubuh merasa menjadi lebih rileks dan nyaman karena kesegarannya. Tidur juga pasti akan lebih nyenyak karena kondisi badan yang sudah bersih.

Namun, di balik itu semua, ada beberapa bahaya yang mengancam kesehatan kamu kalau terlalu sering melakukan mandi malam hari lho! Efek yang kamu dapatkan mungkin tidak dirasakan saat itu juga, tetapi bahayanya bisa berdampak untuk kesehatan kamu di kemudian hari.

Jika kamu benar-benar merasa tidak nyaman karena keringat atau gerah, sebaiknya kamu ganti pakaian dengan bahan yang sejuk dan bersihkan badan dengan cara di lap lalu bersihkan muka. Kamu bisa mandi besok pagi dan kembali beraktivitas.

Lalu, apa saja bahaya mandi pada malam hari bagi kesehatan? Yuk, mulai hentikan kebiasaan mandi malam dan simak bahaya mandi malam hari bagi kesehatan tubuh berikut ini.

Bisa Berisiko Asma

Bahaya mandi malam hari bagi kesehatan. (Orami)

Bahaya mandi malam hari ternyata dapat menyebabkan risiko asma kambuh lho! Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan suhu sehingga bisa menyebabkan terjadinya gejala gangguan pada saluran pernapasan kamu. Mungkin selama ini kamu mengacuhkan hal tersebut, padahal efeknya cukup berbahaya.

Bisa Terkena Bronkitis

Bahaya mandi malam hari bagi kesehatan. (Tribun)

Selanjutnya, bahaya mandi malam hari bagi kesehatan tubuh adalah, kamu bisa terkena bronkitis. Sebenarnya, kondisi yang satu ini terjadi karena infeksi virus yang ada pada saluran pernapasan.

Salah satu penyebab adanya penyakit ini yaitu, keadaan lingkungan sekitar yang terlalu dingin. Dengan kamu memilih untuk mandi malam hari, tentu cuaca akan sangat dingin dan bisa menyebabkan adanya bronkitis yang menyerang kesehatan tubuh kamu.

Bisa Menimbulkan Adanya Gejala Rematik

Bahaya mandi malam hari bagi kesehatan. (Special)

Kalau kesehatan tubuh yang satu ini sepertinya sudah banyak yang tahu, bahwa mandi malam hari bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya gejala rematik atau malah semakin memperburuknya.

Jika kamu sudah tau bahwa kamu terseranag rematik, maka sebaiknya kamu hindari mandi malam hari karena hal tersebut justru akan semakin mempeburuk kesehatan atau gejala rematik yang kamu alami, karena tubuh tidak boleh terkena suhu yang terlalu dingin.

Bisa Terjadi Resiko Hipotermia

Bahaya mandi malam hari bagi kesehatan. (Woop)

Perlu kamu ketahui bahwa hipotermia adalah keadaan di mana kondisi suhu menurun ada di bawah 35 derajat celcius. Hal tersebut bisa terjadi karena kamu sedang berada di lingkungan yang terlalu dingin atau basah dan juga terlalu berangin.

Seperti yang diketahui, bahwa cuaca pada malam hari memang cenderung lebih dingin. Maka, ketika kamu mandi malam hari bisa terjadi resiko terkena hipotermia. Sebagai informasi, tanda-tanda hipotermia antara lain, kulit pucat, menggigil, hingga detak jantung yang meningkat.

Bisa Terserang Flu 

Bahaya mandi malam hari bagi kesehatan. (Special)

Kalau bahaya mandi malam yang satu ini sudah banyak yang mengetahuinya. Mandi malam hari bisa menyebabkan kamu terserang flu dan tubuh jadi tidak enak. Bahkan, jika kamu memiliki imun tubuh yang kurang maka, kamu bisa saja terserang demam. Maka dari itu, sebaiknya hentikan kebiasaan mandi malam hari yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kamu.

s