7 Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Dijamin Untung

Sabtu, 11 Desember 2021 | 00:07:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

7 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Yang Dijamin Untung

Ilustrasi vlog. (Spesial)

Ladiestory.id - Membuka bisnis online saat ini menjadi pilihan bagi sebagian besar orang untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Selain lebih mudah dan fleksibel, membuka bisnis online juga tidak mengharuskan untuk memiliki toko fisik.

Sehingga biaya sewa tempat atau operasional sedikit banyak diminimalisir. Tak hanya itu, jangkauan konsumennya juga bisa lebih luas karena kamu bisa menjual produk atau jasa ke lebih banyak orang di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Untuk memulai bisnis, biasanya modal menjadi salah satu yang harus dipikirkan. Lalu bagaimana jika tidak memiliki modal? Apakah bisa memulai bisnis online tanpa modal?

Nah, jika kamu sedang bertanya tentang kemungkinan ini, maka jawabannya adalah bisa. Karena ada berbagai ide bisnis online tanpa modal yang ternyata bisa dijalankan dan menguntungkan.

7 Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis online tanpa modal memang bisa dijalankan. Namun bukan berarti kamu tidak menyediakan apa-apa, ya! Setidaknya kamu harus memiliki perlengkapan yang dibutuhkan sejak awal, seperti handphone, laptop, skill, dan pengalaman meskipun belum mumpuni.

Untuk ide bisnis online tanpa modal, berikut ini pilihannya.

1. Menjadi Dropshipper

Ilustrasi bisnis. (Spesial)

Jika kamu ingin berjualan online namun tidak memiliki modal, maka menjadi dropshipper bisa menjadi salah satu pilihan.

Kamu hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu. Jadi cukup berbeda dengan reseller yang mengharuskan untuk mengeluarkan modal terlebih dahulu dan juga harus menyetok barang.

2. Jastip atau Jasa Titip Online

Ilustrasi orang berbelanja. (Spesial)

Bisnis online yang satu ini terbilang sangat booming beberapa waktu ini. Jastip hampir mirip-mirip dengan dropshipper. Kamu hanya perlu menawarkan titip belanja untuk barang-barang tertentu dan bisa mendapatkan keuntungan berupa ongkos dari tiap barang yang di-jastip.

Cara memulai bisnis online yang satu ini cukup mudah. Kamu hanya perlu datang ke tempat-tempat belanja tertentu dan mem-foto barang-brang yang sedang promo atau diskon besar-besaran.

Selanjutnya kamu bisa upload ke media sosial yang kamu punya, memberikan deskripsi terkait barang-barang yang ditawarkan. Sehingga nanti mereka yang melihat sosmed kamu bisa melakukan pemesanan.

3. Vlogger

Cara ini bisa menjadi pilihan bisnis online tanpa modal yang cukup menjanjikan. Karena rata-rata mereka yang menekuni dunia vlogger bisa mendapatkan penghasilan melebihi UMR.

Mereka para vlogger mendapatkan penghasilan dengan meng-endorse produk atau jasa ke dalam video yang dibuat. Belum lagi juga ditambah dari iklan-iklan atau adSense yang muncul pada video.

4. Jasa Membuat Situs atau Website

Saat ini banyak individu maupun pelaku bisnis yang membutuhkan website untuk kebutuhan tertentu. Untuk pelaku bisnis, biasanya website digunakan untuk penjualan dan juga pusat informasi bagi konsumennya.

Jika kamu kebetulan memiliki keahlian membuat website, maka tidak ada salahnya jika menggunakan skill untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Harga jual pembuatan website per buahnya bisa sangat mahal, antara kisaran Rp 500 ribu hingga lebih dari Rp 10 juta. Tergantung dari fitur-fitur yang ditawarkan, seperti desain, jumlah halaman, statistik website, dll. 

5. Jasa Konsultan Online

Ilustrasi konsultasi. (Spesial)

Jika kamu memiliki keahlian tertentu yang bisa membantu permasalahan orang banyak, maka bisa mencoba bisnis online tanpa modal dengan menjadi konsultan online.

Ada banyak jasa konsultan online saat ini yang kerap dibutuhkan orang banyak, seperti konsultan psikologi, konsultan SEO, konsultan desain rumah, konsultan kesehatan online, konsultan hukum, dll.

6. Desain Grafis

Jika kamu memiliki skill yang mumpuni untuk desain grafis, maka bisa coba manfaatkan untuk peluang usaha. Jika kamu sudah mahir dan juga hobi melakukannya, maka menjalankan bisnisnya pun akan terasa lebih ringan.

Kamu bisa membuka jasa desain grafis online untuk desain website, desain undangan, brosur, logo perusahaan, brand, dll. Untuk tarif harganya bisa kamu sesuaikan dengan tingkat kesulitan dari desainnya.

7. Penulis Lepas

Ilustrasi penulis. (Spesial)

Saat ini banyak sekali bisnis yang beralih ke digital. Sehingga untuk mengisi konten pada website, sebagian besar bisnis digital memerlukan sebuah tulisan untuk menjual produk atau sekedar untuk mempromosikannya.

Sehingga tak heran jika pekerjaan sebagai seorang penulis sangat diperlukan. Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai bisnis online tanpa modal yang cukup menguntungkan.