Hemat dan Praktis! Ini Dia 5 Ide Menu untuk Anak Kos di Akhir Bulan

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:00:00

Hemat Dan Praktis! Ini Dia 5 Ide Menu Untuk Anak Kos Di Akhir Bulan

Ilustrasi Orang Makan (Special)

Ladiestory.id - Merantau dan menjadi anak kos merupakan salah satu pengalaman yang berharga. Selain harus bisa survive di lingkungan dan tempat tinggal yang baru, anak kos juga harus memikirkan budget untuk makan sehari-hari.

Belajar mandiri dan mengirit banyak hal, seringkali dilakukan anak kos untuk menghindari krisis di akhir bulan. Namun, kadangkala ada juga yang masih kecolongan. Hal ini menyebabkan pada saat akhir bulan kantong menjadi cepat bolong dan diri semakin bingung menentukan ide menu apa yang sekiranya hemat dan praktis.

Ada beberapa yang memilih beli makanan di luar karena dinilai lebih praktis dan tidak repot. Namun di sisi lain ada juga yang lebih memilih memasak sendiri karena terhitung lebih murah dan sehat.

Bagi kamu yang ingin memasak sendiri, berikut ini beberapa ide dan resep menu untuk kamu masak.

Oseng Kacang Panjang Tempe Kecap Pedas

Ilustrasi Menu Oseng Kacang Panjang Tempe Kecap Pedas (resepedia.id)

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan, yaitu satu ikat kacang panjang yang sudah dipotong sesuai selera. Satu papan tempe yang sudah dipotong kotak, enam siung bawang merah dan putih yang sudah dicincang halus, tiga buah cabai merah besar yang sudah dipotong serong, cabai rawit sesuai selera yang sudah diiris tipis.

seruas lengkuas (opsional), satu sendok makan kecap manis, garam secukupnya, setengah sendok teh penyedap rasa, satu sendok makan gula merah, air secukupnya, dan minyak goreng secukupnya.

Cara memasaknya, kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, lalu mencuci bersih kacang panjang yang sudah dipotong. Sambil menunggu minyak goreng panas, kamu bisa meniriskan kacang panjang yang sudah dicuci.

Setelah minyak panas, goreng tempe setengah matang kemudian tiriskan, panaskan lagi sedikit minyak untuk menumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan lengkuas hingga baunya harum.

Masukkan tempe yang sudah digoreng setengah matang sembari diaduk secara merata. Masukkan kacang panjang, aduk secara merata. Tuangkan sedikit air dan bumbui dengan garam, kecap manis, gula merah, dan penyedap rasa. Kemudian aduk secara merata, jika sudah matang, angkat dan sajikan tumis kacang panjang di piring.

Telur Geprek

Ide Menu Telur Geprek (Special)

Bahan-bahan yang kamu butuhkan hanyalah sebutir telur dan garam secukupnya. Untuk adonan basah, kamu perlu menyiapkan dua sendok tepung bumbu dan air secukupnya. Adonan keringnya, siapkan tujuh sendok makan tepung bumbu dan tiga sendok makan tepung maizena. Selanjutnya, untuk sambal bawang, siapkan cabai rawit merah sesuai selera, tiga butir bawang merah, satu siung bawang putih dan minyak goreng.

Cara memasaknya, dadar telur seperti biasa dan potong sesuai selera. Kemudian, menyiapkan adonan basah dengan kekentalan sedang dan juga adonan kering. Tuangkan telur ke adonan basah, lalu ke adonan kering, dan goreng hingga kecokelatan. Untuk sambal bawangnya, kamu hanya perlu menguleg kasar semua bumbu sambal bawang dan beri sedikit garam. Kemudian siram dengan minyak panas. Cara terakhir, geprek atau penyet telur di atas cobek, lalu sajikan.

Sosis Teriyaki

Ilustrasi Sosis Saus Teriyaki (Special)

Bahan-bahan yang kamu butuhkan yaitu 10 sosis sapi, satu bawang bombai, tiga buah cabai merah dan hijau besar, dua siung bawang putih.

Tiga sendok makan saus teriyaki, satu sendok makan saus tiram dan kecap Inggris, setengah sendok makan saus sambal, kecap manis sesuai selera, satu sendok teh lada bubuk, satu sendok makan margarin, dan garam secukupnya.

Cara memasaknya, cuci bersih sosis dan potong menjadi tiga bagian. Kemudian, panaskan margarin dan tumis bawang putih yang sudah dicincang sampai harum. Masukkan potongan sosis, kemudian aduk sampai merata.

Tambahkan sekitar satu gelas kecil air matang, masukkan saus, lada bubuk, kecap manis, dan juga garam. Setelah air mulai meresap, masukkan potongan cabai dan bawang bombai, masak hingga layu kemudian tiriskan.

Jamur Crispy

Ilustrasi Jamur Crispy (Special)

Bahan-bahan yang kamu perlukan, yaitu jamur tiram. Untuk tepung kering, 250 gram tepung serba guna, tiga sendok makan tepung maizena. Bumbu, empat siung bawang putih yang sudah dihaluskan, satu sendok teh merica, garam, dan kaldu bubuk.

Cara memasaknya yaitu, cuci bersih jamur kemudian peras hingga airnya hilang, masukkan bumbu ke dalam wadah yang berisi jamur. Kemudian aduk hingga merata dan diamkan sampai 10 menit, masukkan jamur ke dalam tepung kering secara merata, goreng hingga berwarna golden brown. Sajikan dengan saus.

Cah Kangkung

Ilustrasi Cah Kangkung (Special)

Bahan-bahan yang diperlukan, yaitu satu ikat kangkung yang sudah dipetik dan dibersihkan, satu saset terasi, satu buah tomat yang sudah dipotong dadu, dan lima butir telur puyuh rebus (opsional).

Untuk bumbu halusnya, yaitu lima siung bawang merah dan dua siung bawang putih, cabai rawit merah dan hijau sesuai selera, tiga buah cabai merah besar yang sudah diiris serong, dan satu sendok makan saus tiram. Kemudian air, garam, gula, kaldu bubuk, dan merica bubuk secukupnya.

Cara memasaknya, yaitu goreng semua bumbu dan terasi sampai layu, kemudian tiriskan dan haluskan. Setelah halus, tumis kembali bumbu sampai harum dan matang, lalu tambahkan saus tiram. Masukkan sedikit air hingga mendidih, lalu masukkan kangkung dan aduk hingga merata. Masukkan garam, gula, kaldu bubuk, merica bubuk, telur puyuh, tomat, dan cabai iris. Setelah diaduk, tiriskan dan sajikan.

s