Ingin Daya Ingatmu Bertambah? Coba Makan Ini

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:01:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Ingin Daya Ingatmu Bertambah? Coba Makan Ini

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

Ladiestory.id - Otak adalah salah satu bagian organ tubuh yang teramat penting, karena keseluruhan jaringan yang ada di dalam otak saling berhubungan dengan organ tubuh manusia yang lain. Seperti mengatur tekanan darah, mengatur denyut jantung hingga melepaskan hormon baik ke dalam tubuh.

Otak juga berfungsi menjaga pernapasan yang keluar masuk melalui paru-paru dan otak juga, yang membuat kamu jadi bisa bergerak, berjalan, bisa merasakan sesuatu hingga berpikir.

Untuk itu, otak adalah organ tubuh yang patut kamu jaga. Salah satunya adalah dengan memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuhmu. Jika yang masuk ke tubuhmu adalah makanan yang bergizi dan cukup nutrisinya, tentu penyakit yang menyerang indra ingatanmu tidak akan datang.

Menurut penelitian dari Health Harvard, para ahli gizi sepakat bahwa strategi yang paling penting untuk menjaga daya ingat seseroang adalah dengan mengikuti pola diet sehat. Seperti mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Cobalah juga untuk mendapatkan protein dari sumber nabati dan ikan dan pilih lemak sehat, seperti minyak zaitun atau canola, daripada lemak jenuh.

Otak membutuhkan asupan nutrisi seperti omega 3, vitamin, anti oksidan hingga mineral. Agar otak dan daya ingatmu tidak menurun dan tetap baik-baik saja, ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi. Fungsinya untuk memelihara kesehatan otak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru di otak.

Yuk, simak di bawah ini!

Sayuran Berdaun Hijau

sayuran hijau. (Special)

Sayuran hijau seperti sayur kangkung, sayur bayam, sawi, hingga brokoli mengandung vitamin K, lutein, folat, dan beta karote yang baik untuk kesehatan otak dan mempertajam daya ingat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau dapat membantu memperlambat penurunan kognitif.

Ikan Segar

Ilustrasi olahan ikan. (Special)

Ikan dengan kualitas terbaik adalah sumber utama asam lemak omega-3 yang melimpah, lemak tak jenuh sehat yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar beta-amyloid dalam darah—protein yang membentuk gumpalan yang merusak di otak penderita penyakit Alzheimer.

Cobalah untuk mulai mengonsumsi ikan segar setidaknya dua kali dalam seminggu untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dalam otak dan memperkuat daya ingatmu.

Buah Berry

Buah berry. (Special)

Kandungan Flavonoid yang ada di dalam buah berry dapat membantu meningkatkan daya ingat dan membantu kamu dalam berkonsentrasi. Sebuah penelitian dari Harvard's Brigham and Women's Hospital menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua atau lebih porsi stroberi dan blueberry setiap minggu menunda penurunan memori hingga dua setengah tahun.

Teh dan Kopi

kopi dan teh. (Special)

Kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi atau teh nyatanya dapat meningkatkan daya ingatmu. Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition, mengemukakan bahwa orang yang mengonsumsi kafein mendapat skor lebih baik dari yang lain dalam tes fungsi mental.

Tidak hanya itu, Peneliti dari Universitas Johns Hopkins meminta peserta untuk mempelajari serangkaian gambar dan kemudian mengambil plasebo atau tablet kafein 200 miligram. Hasilnya anggota kelompok yang mengonsumsi kafein dapat mengidentifikasi gambar dengan benar pada hari berikutnya.

Dengan demikian, dapat digarisbawahi bahwa kafein akan memberikan dampak yang baik jika dikonsumsi dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan.

Kenari atau Almond

kacang almond. (Special)

Keluarga kacang-kacangan, diketahui memiliki banyak maanfaat untuk kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat seseorang.  Salah satunya adalah kacang kenari atau kacang almond.

Namun, sebuah studi dari UCLA mengemukakan bahwa kacang kenari jika dikonsumsi untuk waktu yang panjang dapat meningkatkan skor tes kognitif seseorang.

Kacang kenari kaya akan jenis asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat (ALA). Diet kaya ALA dan asam lemak omega-3 lainnya telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan arteri yang lebih bersih. Itu baik untuk jantung dan otak.

s