6 Jenis Kacang-kacangan Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Jumat, 15 April 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

6 Jenis Kacang-Kacangan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Ilustrasi kacang-kacangan. (Special)

Ladiestory.id - Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein nabati yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Meski memiliki banyak manfaat, namun Kamu tetap harus bijak dalam mengkonsumsinya. Pasalnya, jika dikonsumsi secara berlebihan, akan berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya kolesterol.

Beberapa jenis kacang mudah dijumpai di Indonesia. Kamu bisa membelinya di pasar tradisional atau supermarket. Selain rasanya yang enak, kacang juga sering dijadikan camilan sehat bagi Kamu yang sedang melakukan program diet. Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa jenis kacang di Indonesia serta manfaatnya bagi kesehatan.

Kacang Tanah

Ilustrasi kacang tanah. (Special)

Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang dengan kandungan protein dan folat yang cukup tinggi. Selain itu kandungan yang terdapat dalam kacang tanah dapat membantu menjaga kadar gula darah serta mencegah diabetes tipe 2.

Memiliki rasa yang gurih, serta harga yang relatif murah, membuat kacang tanah banyak disukai masyarakat. Kacang tanah bisa diolah menjadi bermacam masakan mulai dari campuran sayur, aneka bumbu, kue serta camilan.

Kacang Kedelai

Ilustrasi kacang kedelai. (Special)

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang dengan angka penjualan yang relatif tinggi di Indonesia. Pasalnya kacang kedelai digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan tempe dan tahu, salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain itu, kacang kedelai juga diolah menjadi susu, sebagai alternatif pengganti susu sapi.

Tak hanya protein, kacang kedelai juga mengandung kalsium, antioksidan, dan isoflavon yang dapat membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Konsumsi kacang kedelai dalam jumlah yang tepat juga dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh serta mengurangi risiko terkena kanker.

Kacang Hijau

Ilustrasi kacang hijau. (Special)

Kacang hijau memiliki bentuk, dan ukuran yang mirip dengan kacang kedelai, namun berwarna hijau pekat. Kacang hijau sering diolah menjadi bubur, atau isian kue. Kacang hijau dipercaya memiliki manfaat dapat menjaga berat badan, sehingga sering digunakan sebagai menu diet.

Kandungan asam folat yang terdapat dalam kacang hijau sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Rajin konsumsi kacang hijau saat hamil, dapat membantu menghindarkan risiko bayi cacat. Selain itu, konsumsi kacang hijau bisa menambah zat besi nabati dalam tubuh, untuk mencegah anemia.

Kacang Merah

Ilustrasi kacang merah. (Special)

Kandungan kalium yang ada pada kacang merah dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu kacang merah juga mengandung antioksidan dan serat yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kacang merah memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar dibandingkan kacang tanah, kedelai dan kacang hijau. Kacang merah sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan dan bisa juga dicampurkan ke dalam aneka sup.

Kacang Mede

Ilustrasi kacang mede. (Special)

Kacang mede berasal dari biji buah jambu mete yang memiliki rasa gurih dan enak. Kacang mede sering diolah menjadi campuran kue, es krim dan aneka camilan lainnya. Meski memiliki harga yang mahal, namun hal tersebut sebanding dengan rasa dan manfaat yang diperoleh.

Kacang mede mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Kedua kandungan tersebut dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu kacang mede mengandung mineral, vitamin E, B6, kalium dan asam folat yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Kacang Almond

Kacang almond (Special)

Kacang almond atau kenari merupakan salah satu jenis kacang yang rendah karbohidrat serta memiliki rasa yang lezat. Kacang almond sering dijadikan taburan kue kering, susu dan dicampur ke dalam aneka dessert.

Kacang almond sangat baik dan aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Selain itu, kacang almond yang diolah menjadi minyak almond dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit, dan menutrisi rambut.