5 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan Anak, Bantu Lancarkan Pencernaan

Selasa, 1 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Anak, Bantu Lancarkan Pencernaan

Ilustrasi kacang hijau. (Special)

Ladiestory.id - Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi hidangan sehat untuk anak. Kacang hijau dipercaya mampu membantu memenuhi kebutuhan gizi si kecil, lho.

Jenis kacang-kacangan yang dapat dijumpai sebagai sajian sereal atau Makanan Pendamping ASI (MPASI) ini juga memiliki sumber protein nabati yang baik. Selain itu, kacang hijau juga mengandung asam amino, leusin, valin, lisin dan arginin.

Tak diragukan lagi jika kacang hijau dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh si kecil. Nah, Ladiestory.id telah merangkum lima manfaat kacang hijau untuk kesehatan anak.

Baik bagi Perkembangan Otak

Ilustrasi anak membaca. (Special)

Mengonsumsi kacang hijau dapat membantu merangsang perkembangan otak anak. Hal ini karena kandungan vitamin, protein, serta mineral yang tinggi dalam kacang hijau. Kacang hijau juga mengandung asam folat yang dapat meningkatkan perkembangan otak pada anak.

Kacang hijau dapat disajikan sebagai MPASI untuk bayi yang memasuki usia delapan bulan. Namun, hal ini juga tidak boleh diberikan secara berlebihan karena dapat mengganggu sistem pencernaan bayi.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi anak bermain. (Special)

Kacang hijau juga mengandung antioksidan yang dapat membunuh virus dan kuman penyakit yang hendak masuk ke tubuh si kecil. Zat antioksidan juga dapat berperan sebagai antibodi untuk menangkal berbagai penyakit. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat mencegah terjadinya kerusakan organ dalam tubuh anak yang dapat diakibatkan oleh radikal bebas.

Lancarkan Pencernaan

Ilustrasi anak. (Special)

Anak-anak juga kerap mengalami masalah gangguan pencernaan, baik itu sembelit ataupun diare. Kudapan kacang hijau dapat menjadi pilihan untuk membantu melancarkan pencernaan si kecil. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung serat yang tinggi, sehinga sangat baik untuk organ pencernaan si kecil.

Kaya akan Nutrisi dan Protein

Ilustrasi bubur kacang hijau. (Special)

Kacang hijau juga memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin, mineral serta sumber protein nabati yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mengandung asam amino essensial yang mampu memproduksi secara alami bagi tubuh.

Tak hanya itu, kacang hijau juga memiliki sumber protein yang dapat membantu pertumbuhan si kecil, baik itu kesehatan sistem imun, tulang, gigi, otot dan juga sendi. Protein yang terkandung dalam kacang hijau ini juga dapat memengaruhi perkembangan kognitif dan otak pada anak.

Sebagai Sumber Energi

Ilustrasi anak. (Special)

Manfaat selanjutnya dari kacang hijau ialah sebagai sumber energi bagi anak. Selama masa perkembangan, si kecil tentunya membutuhkan banyak energi untuk tumbuh kembangnya.

Selain itu, anak yang bergerak aktif juga memerlukan banyak sumber energi agar tetap ceria setiap harinya. Kacang hijau pun bisa menjadi sajian untuk penunda lapar si kecil, yang juga menghasilkan karbohidrat untuk sumber energi.

Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai sajian lezat, seperti puding, bubur, kolak, hingga hidangan es. Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan si kecil, usahakan tetap berikan komposisi makanan sehat lainnya agar gizi anak tetap ternutrisi dengan baik.