Bumil, Ini 6 Makanan dengan Kandungan Asam Folat yang Baik Bagi Janin

Selasa, 30 Agustus 2022 | 17:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Bumil, Ini 6 Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Yang Baik Bagi Janin

Ilustrasi Makanan yang Mengandung Asam Folat (Pinterest)

Ladiestory.id - Memasuki masa-masa kehamilan tentunya begitu menyenangkan bagi ibu hamil. Saat hamil, ibu perlu mencukupi kebutuhan akan nutrisi tubuh dan memperhatikan kesehatan janin dalam kandungan.

Salah satu asupan nutrisi yang sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil adalah makanan yang mengandung asam folat tinggi. Asam folat merupakan vitamin B9 yang larut dalam air, serta memiliki banyak peranan penting bagi tubuh.

Adapun peranan pentingnya, seperti pembelahan sel dan pembentukan DNA, serta baik untuk proses kehamilan dan perkembangan janin. Sehingga, mengonsumsi makanan yang kaya dengan asam folat bisa mengurangi resiko cacat lahir pada janin. Kandungan asam folat yang tinggi dapat ditemukan dari 6  makanan berikut ini.

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau. (Pinterest)

Bumil, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, daun katuk mau pun kangkung juga memiliki kandungan asam folat tinggi yang baik dikonsumsi semasa kehamilan. Tak hanya tinggi akan asam folat, sayuran hijau juga memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh ibu hamil dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan.

Sayuran hijau memiliki kandungan serat, serta vitamin A, vitamin K yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Oleh karena itu, semasa kehamilan, bumil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran hijau yang dapat menutrisi tubuh dan juga menyehatkan janin.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan. (Pinterest)

Mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang merah, kacang polong, atau pun legume juga dapat memberikan asam folat yang baik bagi ibu hamil. Walaupun jumlah kadar kandungan di dalam kacang-kacangan bervariasi, namun asam folat dalam makanan jenis ini dikenal cukup baik.

Selain itu, kacang-kacangan juga dikenal sebagai sumber protein, serat, antioksidan, kalium, magnesium dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh bumil.

Telur

Telur. (Pinterest)

Telur mengandung protein, selenium dan vitamin B12. Selain itu, telur juga tinggi akan asam folat yang baik dikonsumsi bagi bumil sebagai asupan nutrisi yang penting.

Buah-buahan

Buah-buahan. (Pinterest)

 

Selain sayuran dan kacang-kacangan, bumil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang dapat menyehatkan tubuh serta tinggi akan asam folat, seperti alpukat, buah naga, semangka, kiwi dan pisang.

Buah-buahan tersebut juga berfungsi sebgaai antioksidan dan dapat menghidrasi tubuh. Selain itu, buah-buahan juga mengandung vitamin C, K, B6 dan juga potassium. Untuk buah-buahan seperti alpukat dapat menyehatkan jantung. Tak hanya itu, buah pisang juga dapat membangkitkan sumber energi dalam tubuh.

Bumil juga bisa mengonsumsi buah-buahan ini secara langsung atau disajikan dengan cara dibuat jus agar lebih nikmat.

Ikan Salmon

Ikan Salmon. (Pinterest)

Ikan salmon juga merupakan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Ikan berlemak satu ini, juga memiliki kandungan protein dan nutrisi yang dapat menghindarkan dari penyakit.

Ikan salmon juga dikenal memiliki kandungan asam folat tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan perkembangan janin.

Oatmeal

Oatmeal. (Pinterest)

Mengonsumsi sereal berupa oatmeal juga memiliki kandungan, seperti vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh bumil. Olahan gandum utuh dari oatmeal ini juga memiliki kandungan gizi, serta dapat meningkatkan produksi ASI.

Oatmeal juga memiliki kandungan nutrisi seperti asam folat, protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium yang dapat larut dengan baik dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi oatmeal pada ibu hamil juga dapat membantu mengurangi rasa stres, kecemasan dan juga kelelahan pada ibu hamil.

Itulah 6 makanan yang diketahui memiliki kandungan asam folat tinggi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan. Semoga bermanfaat!