6 Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Promil dan Menyusui

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Promil Dan Menyusui

Ilustrasi Buah Kiwi (pinterest)

Ladiestory.id - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung proses kehamilan dan juga memperlancar ASI, khusunya bagi ibu menyusui. Salah satu nya dengan mengonsumsi buah kiwi. Walaupun tidak secara langsung dapat memberikan kehamilan, kandungan nutrisi pada buah kiwi memiliki manfaat tak terduga bagi para ibu promil dan juga ibu menyusui, lho. Berikut 6 manfaat dari buah kiwi yang bisa didapatkan.

Kaya Akan Asam Folat

Kaya Akan Asam Folat (pinterest)

 

Dilansir Healthline, buah kiwi juga kaya akan kandungan asam folat serta dapat membantu melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Selain itu, kandungan asam folatnya juga dapat membantu membentuk sel darah merah, meningkatkan zat besi serta membantu terhindar dari penyakit anemia.

Walaupun memiliki rasa yang sedikit asam, buah kiwi juga kaya akan kandungan asam folat sebanyak kurang lebih 500 mikrogram, sehingga dengan mengonsumsi buah kiwi dapat membantu proses menyusui serta membantu perkembangan kognitif yang optimal.

Meningkatakan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh (pinterest)

 

Buah kiwi juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini sangat baik khusunya, bagi promil dan ibu menyusi yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan membantu ibu mengeluarkan cukup banyak energi. Tak hanya itu, buah kiwi juga memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat membantu ibu terhindar dari penyakit. Bagi ibu promil, buah kiwi juga dapat membantu menangkal radikal bebas serta efek buruk yang timbul dari dalam tubuh.

Melancarkan ASI

Melancarkan ASI (pinterest)

 

Bagi ibu yang memiliki masalah dengan ASI, dengan mengonsumsi buah kiwi juga dapat membantu melancarkan ASI agar lebih berkualitas dan optimal. Dengan kandungan asam folat, laktasif, serta kandungan mineral alaminya juga dapat membantu memacu keluarnya ASI bagi ibu menyusui.

Kaya Nutrisi

Kaya Nutrisi (pinterest)

 

Buah kiwi juga kaya akan nutrisi, di antaranya kandungan vitamin K pada buah kiwi dapat membantu ibu menyusui. Hal ini sama dengan asam folat. Selain itu, vitamin K juga mampu membantu proses pembekuan darah.

Buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu memproduksi kolagen, melawan radikal bebas, serta membantu menjaga kesehatan pembuluh darah serta tulang. Vitamin C yang terkandung pada buah kiwi juga dapat membantu memperlancar ASI bagi ibu menyusui.

Menjaga Tekanan Darah

Menjaga Tekanan Darah (pinterest)

 

Bagi ibu promil, menjaga mood dan tekanan darah juga sangat diperlukan untuk menuju kehamilan. Risiko dengan tekanan darah yang tidak stabil dapat berdampak buruk pada janin yang ada dalam kandungan. Besar kemungkinan, seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi akan mengalami keguguran.

Maka dari itu, bagi ibu promil yang ingin memilki kehamilan yang baik juga dapat mengonsumsi buah kiwi secara rutin sejak dini agar tekanan darah tetap stabil dan terkontrol.

Membantu Pertumbuhan Otak Janin

Membantu Pertumbuhan Otak Janin (pinterest)

 

Bagi ibu yang sedang melangsungkan program hamil, buah kiwi juga memiliki zat yang dapat membantu pertumbuhan otak janin agar lebih optimal. Kandungan asam folatnya dapat membantu memproses perkembangan otak janin menjadi lebih baik. Namun, kandungan nutrisi agar janin dapat berkembang dengan baik dan sehat, tentunya tidak hanya terpaku dalam satu komposisi saja. Ibu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter kehamilan demi mengetahui nutrisi apa saja yang harus terpenuhi bagi ibu dan janin.

Itulah 6 manfaat dari buah kiwi yang baik dikonsumsi bagi ibu promil dan juga ibu menyusui. Tentunya kandungan nutrisi tidak hanya terdapat dalam satu komponen buah tertentu, namun dalam jenis makanan dan minuman lainnya. Alangkah lebih baik untuk terus berusaha dan berdoa agar ibu dan pasangan dapat segera mendapatkan hasil yang membahagiakan. Semoga bermanfaat.