Meski Mahal, Ini Segudang Manfaat Buah Blueberry

Jumat, 1 Juli 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Meski Mahal, Ini Segudang Manfaat Buah Blueberry

Ilustrasi blueberry. (Special)

Ladiestory.id - Buah blueberry banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, namun memang buah tersebut tak banyak dikonsumsi di negara ini. Pasalnya, buah berwarna ungu ini memang tidak tumbuh di Indonesia. Sehingga, harga buah blueberry pun tergolong mahal. Makanya, tidak heran jika banyak orang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

Meski begitu, blueberry memiliki rasa yang segar. Pasalnya, buah ini memiliki citra rasa perpaduan antara manis dan asam. Untuk menggambarkannya, Kamu bisa membayangkan rasa buah ini hampir mirip dengan buah strawberry. Sayangnya, harga blueberry tergolong mahal di Indonesia. Padahal, buah kecil ini memiliki segudang manfaat bagi manusia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Sebenarnya, banyak makanan dan buah yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Termasuk salah satunya yakni buah blueberry, yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan, blueberry mampu menurunkan kolesterol. Seperti yang diketahui, kolesterol menjadi salah satu biang keladi yang mengakibatkan penyakit jantung.

Buah blueberry mampu menurunkan kolesterol lantaran memiliki vitamin, mineral, hingga antioksidan. Selain itu, buah blueberry juga kaya akan serat yang mampu mencegah lemak menumpuk.

Selain kolesterol, diketahui penumpukan lemak menjadi penyebab lain seseorang mudah terkena penyakit jantung. Nantinya, penumpukan lemak tersebut dapat membuat pembuluh darah ke jantung terhambat hingga mengalami kerusakan.

Memelihara Kesehatan Mental

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental pun perlu untuk dijaga. Pasalnya, sakit secara mental terkadang tak disadari oleh banyak orang. Lantaran sakit secara mental tidak memiliki tanda seperti sakit secara fisik. Agar mental sehat, Kamu harus memiliki pikiran dan kehidupan yang sehat. Selain itu, kesehatan mental dapat didukung dengan mengonsumsi buah blueberry.  

Selain menjaga kesehatan mental, blueberry mampu menjaga kesehatan otak. Sepertinya, buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk Kamu yang sudah berkonsentrasi hingga tipikal orang pelupa.

Beberapa studi mengklaim, buah blueberry mampu meminimalisir seseorang terkena penyakit gangguan otak. Hal ini akan terbukti efektif jika orang tersebut mengonsumsi buah blueberry secara rutin disertai gaya hidup yang seimbang.

Minuman Penurun Berat Badan (Special)

Blueberry menjadi salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk para penggiat diet. Pasalnya, salah satu manfaat buah ini mampu membantu menurunkan berat badan. Untuk Kamu yang sedang menjalani program diet, dianjurkan untuk mengganti cemilan dengan buah blueberry. Pasalnya, buah ini memiliki kalori yang rendah dan memiliki banyak nutrisi.

Selain itu, blueberry termasuk buah yang mengandung serat. Sehingga akan membantu merasa kenyang dalam jangka waktu lebih lama. Selain mampu menurunkan berat badan, blueberry dapat dikonsumsi saat pencernaanmu sedang tidak lancar. Buah ini dapat membantu dan mencegah sembelit.

Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi jaga kesehatan tulang. (Special)

Nah, manfaat blueberry yang satu ini tidak banyak diketahui. Meskipun berukuran kecil, namun blueberry mampu membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat. Hal ini pun telah dibuktikan dalam sebuah studi pada 2019. Studi FEBS Open Bio mengklaim, blueberry memiliki nutrisi yang berfungsi dalam proses pembentukan tulang.

Selain itu, blueberry mampu melawan stres oksidatif yang biasanya membuat tulang menjadi mudah keropos. Bahkan, manfaat ini sudah dibuktikan melalui studi berbasis hewan. Buah blueberry yang dikonsumsi mampu mencegah osteoporosis. Sehingga, buah blueberry sangat direkomendasikan dikonsumsi oleh para lanjut usia atau lansia.

Merawat Kesehatan Kulit

Ilustrasi skincare Jepang. (Special)

Mengonsumsi buah blueberry sangatlah direkomendasikan lantaran memiliki segudang manfaat. Mulai dari kesehatan fisik, kesehatan mental, hingga untuk kecantikan kulit. Blueberry mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sementara diketahui radikal bebas menjadi musuh paling jahat lantaran bisa merusak kulit.

Selain mengandung antioksidan, blueberry juga mengandung vitamin C. Kandungan ini sangat baik terutama bagi pemilik kulit sensitif. Nantinya, mengonsumsi buah blueberry secara rutin dapat mencegah jerawat hingga penuaan dini.