1. Mom & Kids
  2. Jangan Anggap Sepele, Ini 8 Manfaat Tidur Siang untuk Tumbuh Kembang Anak
Mom & Kids

Jangan Anggap Sepele, Ini 8 Manfaat Tidur Siang untuk Tumbuh Kembang Anak

Jangan Anggap Sepele, Ini 8 Manfaat Tidur Siang untuk Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi anak tidur siang. (Special)

Ladiestory.id - Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mulai dari memberikan makanan yang bergizi, melakukan stimulasi, dan juga memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak. Anak-anak justru membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Selain tidur malam hari, untuk memenuhi waktu istirahat anak bisa juga dengan mengajak anak untuk tidur siang. 

Tidur siang selain dapat mengurangi rasa lelah anak setelah beraktivitas pada pagi hari juga memiliki beragam manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, lho.

Ladiestory.id telah merangkum delapan manfaat tidur siang untuk tumbuh kembang anak yang perlu diketahui orang tua. 

Anak Tidur Nyenyak saat Malam Hari

Ilustrasi anak tidur. (Special)

 

Anak yang terbiasa tidur saat siang hari cenderung akan lebih mudah tidur saat malam hari dan tidurnya lebih nyenyak. Namun sebaliknya, jika Si Kecil jarang tidur siang maka akan merasa sangat kelelahan sehingga sulit untuk tidur di malam hari. Selain itu, bisa juga karena merasa sangat kelelahan anak menjadi tidur lebih cepat sehingga melewatkan jam makan malam ataupun jam belajar. Pada keesokan harinya tidak menutup kemungkinan anak bangun kesiangan karena merasa sangat kecapekan.

Mengurangi Rasa Lelah

Ilustrasi anak tidur siang. (Special)

 

Setelah melakukan aktivitas seperti sekolah maupun bermain sejak pagi, membuat anak merasa kelelahan. Oleh karena itu, anak membutuhkan tidur siang untuk mengurangi rasa lelah. Dengan tidur siang selama kurang lebih dua jam akan membuat anak merasa lebih rileks dan rasa lelah dapat berkurang. Jadi, ketika bangun anak sudah siap untuk menjalani aktivitas kembali.

Mendukung Proses Belajar

Ilustrasi anak belajar. (Special)

 

Manfaat yang tak terduga yang bisa didapatkan anak jika rutin tidur siang adalah menjadi lebih fokus pada pelajaran. Anak akan menjadi lebih mudah mengingat hal-hal yang telah dipelajari. Selain itu, tidur siang juga membawa dampak bagus bagi peningkatan daya ingat dan fokus anak sehingga akan lebih mudah dalam proses belajar.

Berat Badan Ideal

Ilustrasi anak dengan berat badan ideal. (Special)

 

Manfaat selanjutnya yang akan didapatkan jika anak rutin tidur siang adalah memiliki berat badan yang ideal. Anak yang memiliki jam tidur yang kurang atau tidak terbiasa tidur siang cenderung rentan mengalami obesitas. Pasalnya, anak-anak akan lebih banyak makan ketika merasa lelah sehingga berat badan akan mudah naik.

Selain itu, ketika anak merasa lelah mereka akan cenderung kurang banyak bergerak sehingga hanya sedikit kalori yang dibakar.

Suasana Hati Meningkat

Ilustrasi anak merasa bahagia. (Special)

 

Tidur siang ternyata juga dapat membantu meningkatkan suasana hati anak. Anak tidak merasakan lagi kelelahan sehingga suasana hatinya dapat membaik dan tidak mudah rewel. Sebaliknya, jika anak jarang tidur siang maka akan membuat anak menjadi lebih mudah rewel dan gelisah.

Meredakan Stres

Ilustrasi anak merasa bahagia. (Special)

 

Stres dan frustasi tidak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengalaminya. Hal ini bisa disebabkan karena aktivitas anak yang cukup padat dan kegiatan yang cenderung monoton. Oleh karena itu, anak perlu tidur siang untuk membantu meredakan stres yang dirasakannya.

Meningkatkan Imunitas

Ilustrasi anak sehat. (Special)

 

Selain makan makanan yang bergizi, Istirahat yang cukup juga merupakan salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Anak yang kurang istirahat akan mengalami penurunan imun sehingga akan lebih mudah sakit.

Kinerja Otak Meningkat

Ilustrasi anak melukis. (Special)

 

Manfaat terakhir yang akan didapatkan jika anak rutin tidur siang adalah dapat meningkatkan fungsi kognitif otak anak. Anak akan menjadi lebih fokus dan waspada. Selain itu, anak juga akan lebih mudah mempelajari hal baru.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel