Jangan Salah! Ini Deretan Nutrisi yang Harus Ada di Dalam Menu MPASI

Minggu, 13 Agustus 2023 | 19:40:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Jangan Salah! Ini Deretan Nutrisi Yang Harus Ada Di Dalam Menu Mpasi

Ilustrasi MPASI pada anak. (pexels/Andrea Piacquadio)

Ladiestory.id - Memasuki fase pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) tentu menjadi fase yang membuat para ibu harus kembali belajar dan memahami nutrisi, gizi, yang ada di dalam bahan makanan untuk sang buah hati.

MPASI diberikan pada bayi setelah menginjak usia enam bulan. Seperti namanya, makanan ini diberikan sebagai pendamping bagi bayi yang menyusui.

Untuk mengolah MPASI pun tidak boleh sembarangan, karena pengolahannya berbeda dengan makanan orang dewasa. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh ibu dalam menyiapkan MPASI.

Selain itu, dalam menyiapkan menu MPASI untuk buah hati, seorang ibu harus memerhatikan nutrisi yang terkandung di setiap menu MPASI tersebut. Berikut adalah deretan nutrisi yang harus ada di dalam menu MPASI

Karbohidrat

Ilustrasi MPASI pada anak. (Pexels/Vanessa Loring)

Dari penjelasan yang dipaparkan oleh dr. Novitria Dwinanda, Sp. A. Subsp. N. P. M. yang merupakan Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Banten, salah satu nutrisi yang harus ada di dalam menu MPASI yang akan diberikan kepada buah hati adalah karbohidrat.

Tidak hanyay pada orang dewasa, anak-anak yang memasuki fase MPASI juga memerlukan karbohidrat sebaga sumber energi

Protein Hewan

 

Ilustrasi MPASI pada anak. (Pexels/Meruyert Gonullu)

Nutrisi selanjutnya yang harus ada di dalam menu MPASI pada anak adalah protein hewan. Protein hewan yang harus diberikan juga tidak sembarangan melainkan hanya 10% sampai 15% saja ddari total kalori menu MPASI tersebut.

“Yang keduua harus mengandung protein hewan. Bukan nabati ya, protein hewan. Berapa banyak protein hewan? Kurang lebih 10%-15% bukan dari piringnya, bukan porsi makannya, tetapi 10%-15% dari total kalori,” ucap dr. Novitria Dwinanda, di kawasan Jakarta Selatan pada Selasa (8/8/2023).

Lemak

Ilustrasi MPASI pada anak. (Pexels/mart production)

Nutrisi selanjutnya yang harus terkandung di dakam menu MPASI anak adalah lemak. Banyak dari ibu yang takut memberikan lemak kepada anaknya, namun, menurut dr. Novitria Dwinanda anak sangat memerlukan lemak di masa pertumbuhannya.

“Anak kecil itu butuh lemak jadi jangan takut-takut kasih lemak pada anak yang masih di bawahh 2 tahun,”

Sama dengan protein hewan, pemberian lemak pada anak juga ada perhitungannnya. Lemak yang dibutuhkan dalam satu menu MPASI pada anak itu 30%-40% dari total kalori.

Vitamin dan Mineral

Ilustrasi MPASI pada anak. (Pexels/Stephen Andrews)

Selain orang dewasa, anak yang memasuki fase MPASI juga memerlukan vitamin dan mineral, sehingga nutrisi ini wajib ada di dalam menu MPASI.

Pemberian vitamin dan mineral pada anak dalam masa MPASI hanya diberikan secukupnya sesuai kebutuhan. Maka dari itu, jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gizi anak untuk mengetahui kebutuhan sang anak.

Bumbu dan Rempah

Ilustrasi gula dan garam. (Pexels/cottonbro studio)

Selain deretan nutrisi di atas, dalam menu MPASI para ibu juga bisa memberikan bumbu-bumbu dan rempah.

“Boleh diberikan bumbu-bumbu dan rempah dan diizinkan diberi gula dan garam dengan jumlah secukupnya. Jadi nggak lagi tuh MPASI hanya dikukus dan direbus kemudian ddicemplung-cemplung, nggak ada rasanya,” ungkap dr. Novitria Dwinanda

Seperti yang kita ketahui, selama ini menu MPASI yang beredar hanyalah bahan-bahann makanan yang direbus dan dihaluskan semata tanpa adanya penambahan bumbu-bumbu dan rempah-rempah.