Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Atasi Gejala Kurang Serat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Konsumsi 6 Makanan Ini Untuk Atasi Gejala Kurang Serat

Ilustrasi Gejala Kurang Serat (pinterest)

Ladiestory.id - Kurang serat kerap kali dialami oleh seseorang yang kurang memperhatikan pola makan yang sehat dan kandungan nutrisi pada makanannya. Adapun gejala yang timbul akibat tubuh kurang akan serat adalah tubuh menjadi lemah, susah buang air besar, sulit menurunkan berat badan bahkan mudah merasa lapar.

Mengonsumsi serat yang cukup tentunya dapat membuat sistem pencernaan lebih sehat dan berfungsi dengan baik. Dilansir Parenting First Cry, kamu pun bisa mengatasi gejala kurang serat dengan mengonsumsi makanan ini, loh. Berikut diantaranya.

Brokoli

Brokoli (pinterest)

Tahukah kamu jika brokoli mengandung vitamin B, vitamin C , vitamin K, zat besi hingga antioksidan yang sangat tinggi? Tidak perlu diragukan lagi jika sayuran berwarna hijau ini pun sangat digemari, tak hanya sebagai makanan untuk diet, namun pula sebagai hidangan favorit untuk keluarga di rumah.

Sudah tidak asing lagi jika brokoli juga sangat baik untuk kesehatan tubuh serta memilki kandungan serat yang tinggi. Brokoli merupakan salah satu makanan yang tidak hanya kaya akan serat, namun juga kaya akan mineral dan vitamin esensial. Maka dari itu, pencernaanmu pun akan semakin lancar bila sering mengonsumsinya.

Nasi Merah atau Beras Merah

Nasi Merah (pinterest)

Nasi putih memang menjadi menu andalan bagi kebanyakan orang pada makanan pokoknya sehari-hari. Tetapi, berbicara tentang serat, nasi putih kurang memiliki kandungan serat bila dibandingkan dengan nasi merah.

Tak hanya itu, nasi merah banyak dipilih sebagai menu efektif bagi seseorang  yang ingin menjalani program diet. Tak hanya serat, nasi merah juga kaya akan karbohidrat, lemak, protein, vitamin B6, hingga fosfor yang sangat baik bagi tubuhmu, loh. Vitamin B dan E pada nasi merah juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit.

Oatmeal

Oatmeal (pinterest)

Oatmeal juga kaya akan serat. Kandungan beta glucan pada oatmeal juga dapat membantu menurunkan kolestrol dan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Biasanya, seseorang banyak mengonsumsi oatmeal sebagai salah satu sarapan harian yang sehat.

Kacang Almond

Kacang Almond (pinterest)

Camilan yang bisa dijadikan sebagai teman nongkrong ketika di rumah aja ini juga memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuhmu, loh. Satu ons almond setara dengan 3,5 gram serat. Almond juga kaya akan kandungan mineral, lemak sehat, protein serta kaya akan serat. Alangkah lebih baiknya jika mengkonsumsi almond tanpa campuran cokelat ataupun pemanis lainnya agar berat badanmu etidak cepat naik seketika.

Apel

Apel (pinterest)

Buah apel juga memiliki kandungan serat, alangkah lebih baik bila mengkonsumsi buah apel secara utuh tanpa dikupas kulitnya. Menurut penelitian bahwa buah apel mengandung serat sebanyak 4 gram, tak hanya itu buah apel pun memiliki kandungan karoten yang baik bagi kesehatan tubuhmu.

Ubi Jalar

Ubi Jalar (pinterest)

Mengkonsumsi ubi jalar juga sangat baik bagi pencernaanmu, loh! Jika warna ubi jalar semakin pekat maka ia memiliki kandungan antioksidan serta membantu menjaga kekebalan pada tubuh, tak hanya itu ubi jalar juga mengandung vitamin B6, beta karoten, serta kalium yang baik bagi tubuh serta membantu menjaga kecantikan kulitmu.

Nah, itu dia makanan yang kaya akan serat dan vitamin tentunya dapat membantu meredakan sembelit dan dapat melancarkan pencernaan. Jangan lupa selalu penuhi kebutuhan akan nutrisi dan serat untuk kesehatan tubuhmu agar terus seimbang dan kuat. Semoga bermanfaat.