6 Pilihan Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara

Sabtu, 11 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

6 Pilihan Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara. (Special)

Ladiestory.id - Komedian senior, Nunung Srimulat baru saja divonis mengidap kanker payudara. Hal ini diketahui setelah ia menjalani operasi biopsi. Bagi penderita kanker payudara seperti Nunung, biasanya dokter akan meminta pasien untuk menghindari beberapa jenis makanan dan diminta untuk mengonsumsi makanan yang tepat. Tujuannya adalah agar mendukung proses penyembuhan. 

Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi akan membantu pasien kanker payudara terhindar dari efek samping pengobatan yang sedang dijalani. Pasien kanker payudara juga dapat menjadi lebih berenergi dan terhindar dari risiko kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Ladiestory.id telah merangkum enam pilihan makanan sehat bagi penderita kanker payudara. 

Buah dan Sayuran

Ilustrasi buah dan sayur. (Special)

Buah dan sayuran tergolong makanan yang boleh dikonsumsi oleh pasien kanker payudara. Dalam buah dan sayur terdapat kandungan zat antioksidan tinggi, yaitu flavonoid dan karotenoid. Dengan adanya kandungan ini, maka dapat mencegah sel kanker menyebar dengan cepat.

Beberapa jenis buah dan sayur yang bagus untuk dikonsumsi misalnya buah beri, wortel, dan sayuran hijau. Disarankan bagi pasien kanker payudara untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayur dalam sehari. 

Protein Tanpa Lemak

Ilustrasi makanan dari ayam. (Special)

Pasien kanker payudara tetap membutuhkan asupan protein hewani agar tubuh tetap berenergi. Contoh protein hewani yang aman dikonsumsi oleh pasien kanker payudara adalah ikan dan unggas. Bahan makanan tersebut mengandung protein tanpa lemak yang bagus bagi kesehatan pasien kanker payudara. 

Selain protein hewani, kamu juga bisa mengonsumsi protein nabati seperti tahu, tempe, dan edamame. Protein nabati dianggap lebih aman dikonsumsi serta dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Gandum Utuh

Ilustrasi gandum. (Special)

Gandum utuh juga disarankan dikonsumsi oleh pasien kanker payudara. Dalam bahan makanan ini terdapat kandungan karbohidrat kompleks, fitokimia dan serat. Karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, maka dengan mengonsumsi makanan ini dapat menurunkan sirkulasi estrogen pada pasien kanker payudara.

Sehingga dapat mencegah terjadinya kekambuhan penyakit. Selain itu, kandungan fitokimia yang ada pada gandum utuh dapat membantu menurunkan risiko penyebaran sel kanker.

Kacang Walnut

Ilustrasi Kacang walnut. (Special)

Kacang walnut juga tergolong jenis makanan yang bagus dikonsumsi oleh pasien kanker payudara. Dalam kacang walnut terdapat kandungan Urolithin. Adanya kandungan ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran sel kanker karena berikatan langsung dengan reseptor hormon estrogen.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal ini, kamu bisa mengonsumsi secara langsung kacang walnut atau diolah menjadi berbagai macam resep masakan. 

Makanan Fermentasi

Ilustrasi yoghurt. (Special)

Pilihan makanan sehat selanjutnya yang boleh dikonsumsi oleh pasien kanker payudara adalah makanan fermentasi. Makanan fermentasi seperti yoghurt, kimchi, dan miso dianjurkan untuk dikonsumsi karena mempunyai manfaat bagus bagi pasien kanker payudara. Dalam makanan ini terdapat kandungan probiotik yang tinggi yang dapat membantu menurunkan risiko penyebaran sel kanker serta menjaga tubuh agar tetap sehat. 

Kunyit

Ilustrasi kunyit bubuk. (Special)

Kunyit juga bisa menjadi salah satu bahan makanan yang bagus dikonsumsi oleh pasien kanker payudara. Bahkan, kunyit juga kerap digunakan sebagai pengobatan alami untuk berbagai macam keluhan kesehatan. Pasalnya, dalam kunyit terdapat kandungan kurkumin yang merupakan salah satu senyawa antikanker.

Kunyit juga kerap disarankan untuk dikonsumsi selain menjalani perawatan kemoterapi. Namun, sebelum menjadikan kunyit sebagai terapi anti kanker, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. 

Ladies, itulah enam pilihan makanan sehat yang bagus dikonsumsi oleh penderita kanker payudara. Pasien kanker payudara tidak boleh mengonsumsi makanan secara sembarangan dan diutamakan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.

Tujuannya adalah agar dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko dari pengobatan yang dijalani.