Selain Menyegarkan, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Senin, 8 Agustus 2022 | 22:15:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Menyegarkan, Ini 6 Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil minum air kelapa. (Special)

Ladiestory.id - Kebutuhan akan nutrisi sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin. Untuk itu, ibu hamil kerap kali mencari berbagai informasi seputar gizi dan nutrisi untuk kebutuhan janin kandungan.

Salah satu minuman yang baik dikonsumsi saat hamil adalah air kelapa. Dilansir Healthline, air kelapa memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan bayi, karena kandungan air kelapa memiliki mineral dan nutrisi serta dapat membantu persalinan lebih mudah.

Tak hanya itu, selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki enam manfaat yang baik bagi ibu hamil. Apa saja?

Jaga Hidrasi Tubuh

Ilustrasi minum air kelapa. (Special)

Saat masa-masa kehamilan, bayi dan ibu perlu mendapat asupan mineral dan nutrisi yang seimbang agar tubuh ibu tetap terhidrasi dengan baik. Selain rutin mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari, ibu hamil juga diperbolehkan untuk mengonsumsi air kelapa untuk membantu menghidrasi tubuh dan tetap segar.

Dilansir Baby Center, kandungan air kelapa memiliki 95 persen air murni yang baik bagi tubuh. Selain itu air kelapa juga menyediakan elektrolit dan mampu menghidrasi tubuh dengan baik. Apalagi, bagi ibu hamil yang harus tetap terjaga kebutuhan akan nutrisinya.

Tingkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi minum air kelapa. (Special)

Air kelapa memiliki kandungan vitamin esensial, mineral dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan imun tubuh, sehingga dapat melindungi ibu dan bayi dari serangan penyakit. Kandungan asam laurat nya dapat membantu melawan penyakit monolaurin serta mencegah terjadinya flu.

Kurangi Tekanan Darah

Ilustrasi minum air kelapa. (Special)

Selama kehamilan, bumil juga akan merasakan perubahan mood yang berbeda-beda. Tak hanya itu, tingkat hormonal yang tinggi pada masa kehamilan ibu hamil juga dapat meningkatkan penyakit darah tinggi, bahkan stres.

Gejala stres sangat tidak disarankan semasa kehamilan, karena memiliki berbagai macam risiko, terutama bagi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Air kelapa dipercaya ampuh dapat mengatasi mood swing pada ibu hamil.

Selain itu, air kelapa juga membantu mengatur aliran darah dalam tubuh serta menjaga tekanan darah dan juga kadar darah bagi ibu hamil. Seperti diketahui, air kelapa memiliki sensasi yang menyegarkan serta memiliki rasa manis alami tanpa harus menambahkan gula.

Lancarkan Sistem Pencernaan

Ilustrasi minum air kelapa. (Special)

Rutin mengonsumsi air kelapa juga dapat membantu melancarkan pencernaan serta membantu melembapkan kulit. Air kelapa juga ampuh untuk memperlencar sistem pencernaan, mengatasi sembelit, serta mengatur pH pada tubuh. Tak hanya itu, air kelapa juga mampu menjaga metabolisme tubuh, serta mencegah rasa mulas saat kehamilan.

Tinggi Nutrisi

Ilustrasi minum air kelapa. (Special)

Kaya akan vitamin dan nutrsisi, air kelapa juga dapat menghasilkan energi pada ibu hamil. Saat masa kehamilan, bumil pasti sering merasa lelah dan lesu.

Air kelapa memiliki kandungan gula alami yang dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan energi setiap hari. Selain itu, kandungan gula alami yang terkandung pada air kelapa juga dapat mencegah diabetes dan gestasional.

Bantu Perkembangan Janin

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Kandungan mineral, kalsium, kalium, dan magnesium dalam air kelapa juga dapat membantu perkembangan janin menjadi lebih optimal. Kandungan kalsium dalam air kelapa dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu, kandungan magnesium dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan berat badan bayi saat lahir dan risiko terjadinya preeklamsia.

Walau air kelapa memiliki banyak manfaat, tapi ibu juga harus memperhatikan nutrisi lainnya agar tubuh ibu dan bayi juga tetap seimbang. Selain itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi air kelapa secara berlebihan.

Sebaiknya, perhatikan kembali jumlah nutrisi yang diperlukan untuk ibu dan bayi agar tetap sehat saat sedang hamil dan menjelang persalinan. Semoga bermanfaat!