Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan

Jumat, 27 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

Ilustrasi beras hitam. (Special)

Ladiestory.id - Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu lebih banyak mengenal beras putih ketimbang beras hitam. Padahal, beras hitam diketahui memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan, kecantikan hingga membantu program diet.

Mengutip British Journal of Clinical Pharmacology, warna hitam pada beras berasal dari kandungan antosianin dan memiliki sifat antioksidan yang kuat. Selain itu, kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan beras merah. Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi beras hitam bagi kesehatan? Yuk,simak penjelasannya berikut ini. 

Bantu Melancarkan Pencernaan

Ilustrasi pencernaan. (Special)

Beras Hitam diketahui memiliki kandungan serat yang paling tinggi dibandingkan jenis beras lainnya. Selain itu, beras hitam juga dikenal bebas akan gluten. Hal inilah yang membuat beras dapat membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, beras hitam dapat mencegah terjadinya sembelit, perut kembung, hingga menyerap racun yang ada dalam saluran pencernaan. Ketika pencernaan lancar, tubuh pun akan mengalami metabolisme yang baik. Sehingga, kamu pun selalu sehat dan segar. 

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Selain kandungan serat dan bebas gluten, beras hitam juga dikenal dengan antioksidannya. Kandungan antioksidan yang tinggi pada beras hitam sangat efektif membantu meningkatkan kualitas kesehatan jantung.

Sebab, dalam beras hitam mengandung senyawa yang disebut flavonoids. Senyawa ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, juga dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik serta trigliserida pada tubuh. 

Jaga Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Selain menjaga kesehatan tubuh, beras hitam juga dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi pada beras hitam ini merupakan jenis karotenoid yang berhubungan dengan kesehatan mata. Senyawa ini memiliki tugas sebagai antioksidan yang membantu melindungi mata dari radikal bebas.

Lutein dan zeaxanthin diketahui cukup efektif dalam melindungi retina. Sebab, dapat menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya. Selain itu, antioksidan melindungi mata dari terjadinya degenerasi makula yang merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan di seluruh dunia. 

Turunkan Kadar Gula Pada Darah

Ilustrasi cek diabetes. (Special)

Sebuah penelitian dengan menggunakan hewan menunjukan adanya manfaat beras hitam yang memiliki kandungan antosianin. Diketahui, bahwa kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar gula pada darah. Khususnya pada penderita diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, adanya indeks glikemik pada beras hitam yang tidak membantu mengontrol gula darah. Beras hitam juga memiliki kandungan protein dan serat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama bagi orang yang mengonsumsinya. Hal ini tentunya bagus bagi penderita diabetes yang tidak dapat melepaskan diri dari mengonsumsi nasi. 

Bersifat Antikanker

Ilustrasi kanker. (Special)

Kandungan antosianin yang tinggi pada beras hitam membuatnya memiliki sifat anti kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan makanan yang kaya akan kandungan antosianin dapat membantu menurunkan risiko kanker kolorektal. Tak hanya itu, bagi perempuan kandungan antosianin juga dapat mengurangi jumlah sel kanker payudara hingga memperlambat pertumbuhan serta penyebaranya.

Meski begitu, penelitian terhadap manfaat kandungan antosianin tersebut masih terus berlangsung untuk menemukan jenis kanker lain yang dapat diatasi. 

Itulah lima manfaat beras hitam bagi kesehatan. Nah, bagi kamu yang hendak mencoba mengonsumsinya, cara memasak beras hitam cukup mudah dan mirip dengan jenis beras lain ketika diolah. Kamu cukup mencampurkan beras serta air dalam sebuah panci dengan api sedang hingga besar.

Setelah mendidih, kamu perlu mengecilkan api dan tutup. Masak nasi dalam kurun waktu 30-35 menit hingga nasi menjadi empuk. Setelah matang, jangan lupa untuk diamkan selama lima menit dan setelah itu buka tutupnya. Nasi pun siap dihidangkan dan dinikmati. Selamat mencoba dan salam sehat, Ladies!