Sering Dijadikan Camilan, Ini Manfaat Biji Matahari Tuk Kesehatan

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Sering Dijadikan Camilan, Ini Manfaat Biji Matahari Tuk Kesehatan

Biji Bunga Matahari (Special)

Ladiestory.id - Siapa sangka, biji dari bunga matahari mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Biji bunga matahari yang sudah dipangang ini biasa dijadikan camilan ringan. Dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (30/09/2022), setiap seperempat cangkir biji bunga matahari yang tidak dicampur garam mengandung 207 kalori, 5,8 gram protein, 19 gram lemak, 7 gram karbohidrat. Biji bunga matahari juga kaya akan vitamin E dan kaya akan antioksidan.

Berikut manfaat biji bunga Matahari untuk kesehatan.

Meredakan Peradangan

Ilustrasi peradangan. (Special)

Salah satu penyebab peradangan adalah dikarnakan peningkatan kadar protein penanda inflamasi C- reaktif dalam darah. Hal ini disebabkan oleh risiko penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

Salah satu penelitian mengatakan bahwa orang yang makan biji bunga matahari dan jenis biji lainnya lima kali seminggu memiliki kadar protein C-reaktif 32% lebih rendah dibanding dengan orang yang tidak makan biji-bijian. Selain itu, kandungan Flavanoid dalam kandungan biji bunga Matahari dapat bantu kurangi peradangan.

Mengurangi Kolesterol

Ilustrasi Kolesterol (Special)

Kandungan Niasin atau Vitamin B3 pada biji bunga Matahari dapat mengurangi kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Kandungan serat biji bunga Matahari dapat menurunkan LDL sedangkan Vitamin B5 dapat meningkatkan kolesterol HDL serta menurunkan kadar kolesterol total serum.

Tingkatkan Fungsi Otak

Fungsi Otak (Special)

Biji bunga Matahari dapat meningkatkan konsentrasi dan memori seseorang. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin B 6 yang terdapat pada biji bunga Matahari.

Baik untuk Tulang

Ilustrasi Perkuat Tulang (Special)

Kandungan Magnesium dapat menyeimbangkan mineral kalsium dan kalium tubuh. Kandungan mineral dapat mencegah pengeroposan tulang dan bantu kurangi sakit kepala, sembelit dan kram otot.

Jaga Berat Badan

Ilustrasi Jaga Berat Badan (Special)

Bukan karena bentuknya yang kecil dan tidak membuat kenyang. Kandungan serat dan protein yang tinggi pada biji bunga Matahari membuat kamu merasa kenyang lebih lama loh.