Manfaat dan Harga Buah Black Sapote yang Rasanya Mirip Puding Cokelat

Selasa, 7 September 2021 | 07:35:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Manfaat dan Harga Buah Black Sapote yang Rasanya Mirip Puding Cokelat

Foto: sehatq

Pernah mendengar buah black sapote? Kabar-kabarnya buah ini memiliki rasa seperti puding cokelat, lo. Terdengar cukup menarik ya untuk dicoba. Namun, sebenarnya apa sih buah black sapote itu?

Black sapote atau Diospyros Dygina merupakan buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika bagian tengah. Buah ini juga sering disebut sebagai sawo hitam. Atau beberapa orang ada yang memanggilnya dengan kesemek hitam.

Memiliki kulit berwarna hijau, berukuran tak terlalu besar, dan bentuknya tak bulat sempurna. Namun ketika buah ini matang, rasanya sangat unik. Sebab rasanya digadang-gadang mirip dengan puding cokelat.

7 Manfaat Buah Black Sapote

Jika buah ini matang, teksturnya pun mirip dengan puding cokelat. Bagian daging buahnya berwarna cokelat tua dan sedikit berair. Lalu apa manfaat dan berapa harga black sapote ini?

1. Memperkuat imun tubuh

Foto: Ladiestory.id

Buah black sapote juga bermanfaat untuk memperkuat imun, sebab memiliki kandungan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C ini tidak kalah lebih tinggi dari kebanyakan buah sitrus.

Selain itu kandungan vitamin C juga memiliki peran sebagai antioksidan. Sehingga buah ini mampu mencegah berbagai penyakit. Diantaranya penyakit jantung dan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Menyehatkan mata

Buah black sapote memiliki sumber vitamin A yang cukup tinggi, tepatnya 410 IU dalam 100 gramnya. Bahkan kandungan vitamin A ini mampu berperan vital dalam meningkatkan pertumbuhan sel dan membangun sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, terdapat sebuah studi yang menuliskan bahwa mengonsumsi vitamin A dalam bentuk beta-karoten dianggap dapat mencegah kanker serviks, paru-paru, hingga kandung kemih.

3. Menurunkan berat badan

Foto: Ladiestory.id

Manfaat black sapote selanjutnya adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Sebab black sapote mengandung karotenoid dan katekin yang dapat menginduksi pelepasan lemak dan juga mampu membantu organ hati mengubah lemak menjadi energi.

Orang yang sedang diet bisa mengonsumsi cemilan buah yang memiliki rendah lemak dan rendah kalori. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mengonsumsi buah black sapote untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Mengandung zat besi untuk sel darah merah

Rupanya buah black sapote juga mengandung zat besi untuk sel darah merah. Seperti yang kita tahu bahwa sel darah merah sangat berfungsi guna membantu hemoglobin membawa oksigen ke sel di seluruh tubuh.

Oleh sebab itu, jika kita kekurangan zat besi maka dapat menimbulkan beberapa gejala yang merugikan tubuh. Di antaranya kita bisa kelelahan dan kurang stamina.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Foto: Ladiestory.id

Manfaat buah black raporte selanjutnya bisa menjad obat sembelit. Sebab buah ini memiliki kandungan serat yang mampu menyehatkan sistem pencernaan, sehingga permasalahan sembelit pun dapat diatasi.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

Black sapote memiliki kandungan kalium yang lumayan, sebab menyentuh angka 35o miligram. Nah, keberadaan elektrolit ini dapat membantu pertumbuhan otot dan kesehatan jantung.

Kalau tubuh kita kekurangan kalium, otomatis akan lebih berisiko mengalami masalah-masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi hingga masalah ginjal.

7. Mencegah kontraksi otot

Kandungan kalsium yang tinggi juga terdapat pada buah ini. Sehingga buah ini sangat baik bagi kesehatan tulang. Selain itu juga dibutuhkan oleh saraf dan otot jantung agar dapat berfungsi dengan baik.

Oleh sebab itum black saporte mampu mencegah kontraksi otot dan proses pembekuan darah, sebab mengandung kalsium tinggi.

Berapa Harga Black Sapote?

Foto: sehatq

Harga black sapote ini tergolong sedikit lebih mahal dibanding buah sitrus lainnya. Memang setiap daerah memiliki harga yang berbeda. Namun rata-rata harga black sapote kisaran Rp50 ribu per kg.

Namun kamu juga bisa menaman buah ini dan membeli bibit buah black sapote dengan harga sekitar Rp75 ribu per pohon.

Inilah manfaat dan harga black sapote yang kaya akan kandungan bagi tubuh. Kira-kira penasaran gak dengan buah yang satu ini?

Berita Terkait