Sering Dimakan Orang Korea Selatan, 5 Manfaat Daun Bawang bagi Kesehatan

Selasa, 6 Desember 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sering Dimakan Orang Korea Selatan, 5 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Ilustrasi daun bawang. (Special)

Ladiestory.id - Daun bawang kerap dijadikan bahan masakan untuk menguatkan aroma dan rasa. Biasanya, daun bawang hadir dalam hidangan sop, salad, hingga campuran telur dadar.

Bahkan, daun bawang menjadi salah satu bahan yang digemari orang banyak orang Korea Selatan. Rupanya, hal ini terjadi karena daun bawang tak hanya memiliki aroma dan rasa yang sedap, namun ada sejumlah manfaat yang didapat saat mengonsumsinya.

Turunkan Kolesterol

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Salah satu manfaat daun bawang yang bisa dirasakan yakni mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahkan, manfaat daun bawang yang satu ini sudah dibuktikan dalam penelitian pada 2019.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan, seseorang yang mengonsumsi makanan berserat dapat menjadikan kadar kolesterol jahat turun. Sementara, salah satu makanan berserat yang baik untuk tubuh yakni daun bawang.

Selain itu, daun bawang juga bisa mengurangi dosis penggunaan obat statin. Terlebih, daun bawang bisa mengurangi efek samping dari konsumsi obat statin tersebut.

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Jaga Berat Badan (Special)

Manfaat daun bawang yang satu ini pasti disenangi oleh banyak kaum hawa. Pasalnya, daun bawang mampu membantu seseorang menurunkan berat badan. Pada dasarnya, daun bawang sangat rendah kalori. Jika daun bawang ini sudah dimasak, maka hanya memiliki 100 gram kalori.

Hal ini pun telah dibuktikan dalam sebuah studi Advances in Nurition. Studi tersebut mengatakan, daun bawang mempunyai serat larut yang akan membentuk gel di dalam tubuh. Hal ini bisa mengurangi nafsu makan secara alami.

Jurnal Obesity Review menuliskan salah satu manfaat daun bawang mampu menurunkan berat badan. Jurnal tersebut juga mengungkap bahwa daun bawang mampu menurunkan berat badan secara secara konsisten dan stabil.

Daun bawang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet karena merupakan makanan berserat. Selain itu, daun bawang memiliki sumber air yan baik.

Sehingga, kedua hal ini mampu membantu menahan rasa lapar hingga meningkatkan rasa kenyang. Oleh sebab itu, mengonsumsi daun bawang bisa membantu seseorang makan lebih sedikit secara alami.

Jaga Kesehatan Jantung

lustrasi jantung sehat. (Special)

Daun bawang sangat baik dikonsumsi lantaran bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan daun bawang memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium di mana ketiga kandungan ini mampu menjaga tekanan darah yang dapat memengaruhi kesehatan jantung.

Perlu diketahui, kamu memerlukan kadar kalium yang memadai dalam tubuh. Pasalnya, kadar kalium membantu perpindahan sinyal listrik pada sistem saraf dan jantung. Sehingga, saat kamu mengonsumsi daun bawang secara rutin, maka akan terhindar dari masalah detak jantung yang tidak beraturan.

Jaga Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Banyak orang mengetahui bahwa menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan mengonsumsi wortel atau pun tomat. Namun rupanya, daun bawang juga mampu menyehatkan mata, lho.

Hal ini dikarenakan daun bawang memiliki kandungan vitamin A. Vitamin tersebut mampu memperlambat perkembangan penyakit miopi atau rabun jauh, khususnya bagi anak usia muda hingga remaja.

Selain vitamin A, daun bawang juga mengandung vitamin C, di mana vitamin tersebut dikenal sangat diperlukan untuk kesehatan mata. Pasalnya, vitamin C dapat mencegah terjadinya kerusakan oksidatif. Kerusakan ini dapat menyebabkan penyakit katarak.

Cegah Sel Kanker

Ilustrasi penyebaran sel kanker. (Special)

Seperti diketahui, penyakit kanker masih menjadi hantu dalam kehidupan manusia. Pasalnya penyakit kanker menjadi salah satu penyebab kematian paling banyak di dunia, termasuk Indonesia.

Sementara, mengonsumsi daun bawang mampu membantu seseorang mencegah sel kanker. Hal ini dikarenakan daun bawang memiliki kandungan kaempferol yang merupakan senyawa pelawan kanker.

Hal tersebut pun telah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Penelitian itu mengatakan kaempferol dapat melawan kanker dengan mengurangi peradangan, membunuh sel kanker, dan mencegah penyebaran sel-sel kanker.