Selain Bumbu Dapur, Ini 7 Manfaat Daun Serai yang Tak Terduga

Kamis, 4 Agustus 2022 | 23:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Bumbu Dapur, Ini 7 Manfaat Daun Serai Yang Tak Terduga

Ilustrasi Manfaat Serai (pinterest)

Ladiestory.id - Serai atau Combopogon Citratus biasanya dikenal sebagai tanaman yang berfungsi  sebagai  bumbu dapur atau penyedap rasa. Tanaman ini juga memiliki nutrisi serta vitamin B3, B6, B1, A, C, tembaga, besi, magnesium, selenium, kalori, dan zinc. Namun, siapa sangka jika serai juga berkhasiat untuk kecantikan, loh, Berikut ini 7 manfaat dari daun serai yang tak terduga.

Kecilkan Pori dan Kurangi Minyak pada Wajah

Mengurangi Minyak Wajah  (pinterest)

Ladies, ternyata serai juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada toner untuk mengurai penumpukkan minyak pada kulit wajah serta bantu kecilkan pori, hal ini dikarenakan daun serai memiliki kandungan anti bakteri untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah sekaligus mengecilkan pori, loh.

Hilangkan Komedo

Ilustrasi Komedo (pinterest)

Nggak hanya membantu kecilkan pori, serta mengurangi minyak pada wajah, daun serai juga dapat bantu menghilangkan komedo membandel, loh. Kamu dapat menggunakan minyak serai khusus kecantikan atau essential oil  kemudian aplikasikan pada area kulit yang berkomedo.

Atasai Jerawat

Mengatasi Jerawat (pinterest)

Tahukah kamu, jika serai memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur pada  kandungan citral yang terletak dibagian daunnya. Kandungan ini pula dipercaya ampuh untuk atasi masalah jerawat pada kulit. Kamu pun dapat manfaatkan serai dengan cara ambil beberapa daun serai kemudian potong-potong kebagian yang berjerawat diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

Selain itu, mengonsumsi teh serai juga dapat bantu mengurangi masalah jerawat, loh. Serai memiliki sifat kerja yang ampuh membunuh kuman dan kotoran pada jerawat, sehingga proses penyembuhannya akan semakin cepat.

Cegah Peradangan Pada Kulit

Mencegah Peradangan Kulit (pinterest)

Tahukah kamu, saat ini pun sudah banyak essential oil dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat baik bagi tubuh dan kulit. Salah satunya serai, racikkan essential oil nya juga ternyata dapat mencegah munculnya peradangan pada kulitmu, loh.

Daun serai yang mudah ditemukan dan sering dijadikan sebagai tanaman obat keluarga ini juga dapat atasi masalah tumit kering atau xerosis. Kamu pun bisa memanfaatkan minyak serai setelah mandi dan menggosoknya kepermukaan kulit tumit yang kering, hal ini juga dapat membantu melembapkan dan menjaga elastisitas kulit kaki.

Atasi Rambut Rontok

Mengatasi Rambut Rontok (pinterest)

Selain sebagai bahan alami untuk kulit, daun serai juga memiliki khasiat untuk masalah rambut rontok. Kamu bisa memanfaatkan daun serai sebagai hair tonic setelah keramas.

Atasi Ketombe

Mengatasi Ketombe (pinterest)

Ladies, tidak hanya masalah rambut rontok ataupun perawatan kulit, ternyata daun serai juga bisa digunakan sebagai solusi masalah ketombe, loh. Kamu bisa menggunakan minyak serai ke bagian kulit kepala secara menyeluruh sebelum keramas. kemudian diamkan selama kurang lebih sepuluh hingga lima belas menit lalu bisa gunakan shampo dan bilas kulit kepala dengan bersih. Efek menghangatkan pada kandungan serai dapat membuat ketombe perlahan menghilang jika rutin menggunakannya.

Cegah Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Mencegah Gatal Akibat Gigitan Nyamuk (pinterest)

Tak hanya sebagai bahan kecantikan ataupun perawatan kulit, serai juga memiliki sifat anti jamur, anti bakteri, anti inflamasi, diuretic, anti depresan, analgesic, anti piretik dan antioksidan. Serai tentunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan olahan minyak serai untuk mengatasi rasa gatal akibat gigitan nyamuk, serta dapat mengatasi masalah kulit iritasi.

Ladies, itulah 7 manfaat dari serai yang memiliki keunggulan tak terduga, tak hanya sebagai tanaman obat-obatan di rumah, serai juga bisa membantu berbagai masalah kulit atau kebutuhan lainnya. Semoga bermanfaat.

s