7 Manfaat Tak Terduga dari Konsumsi Jus Tomat Secara Rutin

Senin, 27 September 2021 | 09:11:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Manfaat Tak Terduga dari Konsumsi Jus Tomat Secara Rutin

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Tomat adalah salah satu makanan yang termasuk dalam jenis buah dan sayuran. Tomat bisa dimakan langsung atau pun diolah menjadi jus yang segar dan menyehatkan. Bila dikonsumsi secara rutin ada banyak manfaat yang didapatkan. Adapun manfaat konsumsi jus tomat secara rutin bisa kamu temukan di sini.

Manfaat Konsumsi Jus Tomat Secara Rutin

Inilah berbagai manfaat yang akan kamu rasakan dengan konsumsi jus tomat secara rutin.

1. Menurunkan Berat Badan

Foto: Ladiestory.id

Tomat mengandung serat tinggi yang dapat memperlancar buang air besar dan menjaga kinerja usus dalam mencerna makanan. Kandungan dalam jus tomat juga mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Karena itulah konsumsi Jus tomat secara rutin bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, tomat juga mengandung klorin dan sulfur yang dapat meningkatkan fungsi hati, ginjal dan mendetoks racun saat beraktivitas. Oleh sebab itu, mengkonsumsi rutin jus tomat akan membuat racun-racun dalam tubuh terbuang.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat jus tomat berikutnya adalah membuat mata tetap sehat. Tak jarang, para dokter spesialis mata menyarankan pasiennya untuk mengonsumsi jus tomat, karena minuman ini kaya vitamin A.

Kandungan dalam jus tomat dipercaya mampu membuat penglihatan agar tetap dalam kondisi baik. Jus tomat juga sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki mata minus atau rabun jauh.

3. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Foto: Ladiestory.id

Jus tomat mengandung senyawa bioaktif yang disebut karotenoid. Kandungan ini mampu berperan sebagai antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker.

Jus tomat dapat mengurangi risiko berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker kulit. Antioksidan dalam buah tomat yang bersifat antikarsinogenik mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

4. Memutihkan Wajah

Jus tomat diyakini mampu menyehatkan dan memutihkan kulit secara alami, karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, dan lycopene yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi kulit dari risiko radikal bebas dan pancaran sinar ultraviolet.

Karena itu tak heran bila banyak produk pemutih kulit yang menggunakan tomat sebagai bahan utamanya. Jus tomat juga sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin menghaluskan dan melembabkan kulit.

5. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Foto: Ladiestory.id

Jus tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C, serta karoten yang merupakan antioksidan. Kandungan tersebut mampu menyembuhkan masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Bahkan, jus tomat juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Jus tomat juga dapat mengecilkan pori-pori, sehingga ampuh dalam mencegah produksi minyak berlebih dan mencegah timbulnya jerawat.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jus tomat juga dipercaya mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Ini berkat adanya kandungan likopen  yang ada pada tomat. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya cukup mengkonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya.

7. Mencegah Penyakit Diabetes

Foto: Ladiestory.id

Tomat mengandung karbohidrat yang rendah, yaitu hanya 4 gram pada setiap 100 gramnya. Rutin mengonsumsi buah tomat dipercaya juga dapat mengurangi risiko penyakit diabetes type 2.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat dari konsumsi jus tomat secara rutin. Sudahkah Anda konsumsi jus tomat hari ini untuk mendapatkan manfaatnya?