Seru dan Menghibur, Ini 5 Manfaat Menari bagi Kesehatan

Senin, 5 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Seru Dan Menghibur, Ini 5 Manfaat Menari Bagi Kesehatan

Ilustrasi menari. (Special)

Ladiestory.id - Olahraga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjalani gaya hidup sehat. Selain berolahraga, kegiatan lain yang bisa membuat tubuh menjadi sehat ialah dengan dance atau menari.

Kegiatan ini pun bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Selain seru dan menghibur, gerakan tarian dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, lho. Nah, Ladiestory.id telah merangkum beberapa manfaat menari untuk kesehatan.

Kurangi Berat Badan

Ilustrasi menari. (Special)

Bagi kamu yang susah menjalani diet, menari merupakan salah satu opsi kegiatan untuk membantu mengurangi berat badan. Dilansir Healthline, menari membuat seluruh anggota tubuh ikut bergerak, sehingga dapat meningkatkan tenaga dan konsentrasi. 

Menari juga akan membuat oksigen dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik, begitu halnya dengan hati dan paru-paru. Jadi secara tak langsung, dengan melakukan gerakan menari juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga berat badanmu pun akan berkurang.

Tingkatkan Kerja Otak

Ilustrasi menari. (Special)

Manfaat kesehatan selanjutnya dari menari ialah dapat membantu meningkatkan fungsi dan kerja otak. Menari akan meningkatkan kemampuan kognitif otak serta meningkatkan kemampuan neuron menjadi lebih baik, sehingga hal ini dapat membuat tubuh merespons dan menyimpan daya ingat lebih banyak.

Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

Ilustrasi menari. (Special)

Menari merupakan salah satu kegiatan berolahraga yang dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan flesibilitas tubuh. Menari dapat membantu memperbaiki kondisi tulang dan otot, serta membuat postur tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, aktif melakukan gerakan menari juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

Kuatkan Otot

Ilustrasi menari. (Special)

Selain dapat membentuk postur tubuh yang baik, menari juga dapat membantu menguatkan otot tubuh, seperti abs, punggung, bokong, paha, kaki maupun bagian otot tangan. Dengan melakukan gerakan tarian secara rutin, maka dapat membantu mengencangkan otot tangan, bahkan dapat mengencangkan kulit.

Hindari Stres

Ilustrasi menari. (Special)

Menari juga dapat menghindarkan dirimu dari perasaan stres dan depresi, lho. Menari dapat membuat perasaan dalam diri menjadi jauh lebih baik.

Pasalnya, menari dapat menghasilkan zat endorfin yang dapat membuat tubuh menjadi lebih bersemangat, serta dapat mengubah mood kembali membaik. Maka tak heran, banyak orang yang menekuni kegiatan menari bukan hanya karena bakat dan hobi, namun juga sebagai stress relief.

Jika kamu tertarik untuk melatih kesehatan dan kebugaran tubuh dengan tarian, ada beragam dance class yang bisa kamu ikuti di antaranya dance conditioning, dance icon virtual, dance icon, traditional dan modern dance, pole dance, hingga zumba class. Beragam gerakan tarian tersebut memiliki keunikan dan tantangan tersendiri, tapi sama-sama dapat melatih kebugaran tubuh.

Apakah tertarik untuk mengikuti dance class, Ladies?