Miliki Kandungan Gizi Tinggi, Ini 6 Manfaat Oncom bagi Kesehatan

Senin, 28 Maret 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Miliki Kandungan Gizi Tinggi, Ini 6 Manfaat Oncom Bagi Kesehatan

lustrasi oncom. (Special)

Ladiestory.id - Masyarakat Indonesia, terutama Jawa Barat, tentu sudah tak asing dengan oncom. Ini merupakan jenis makanan fermentasi yang terbuat dari bahan-bahan sisa. Umumnya oncom dibuat dari bungkil atau ampas kedelai yang merupakan sisa dari proses pembuatan tahu, ampas kacang tanah, singkong ataupun ampas kelapa. 

Meskipun oncom terbuat dari bahan sisa yang difermentasi, namun ternyata oncom memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Dalam oncom terdapat protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, dan vitamin B3. Selain itu, oncom ternyata juga memiliki kandungan zat antioksidan, mineral, vitamin lainnya sesuai dengan bahan baku dasarnya.

Di balik kandungan gizi yang cukup banyak, oncom memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Ladiestory.id telah merangkum beragam manfaat oncom bagi kesehatan tubuh.

Atasi Perut Kembung

lustrasi perut kembung. (Special)

Kondisi perut kembung dan begah tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Kembung pada perut dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena mengonsumsi makanan dengan kandungan oligosakarida.

Oligosakarida merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks yang susah dicerna sehingga dapat menimbulkan kembung pada perut. Dalam oncom terdapat kandungan alfa-galaktosidase yang dapat membantu meredakan kembung. Enzim alfa-galaktosidase tersebut akan membantu proses pemecahan oligosakarida sehingga dapat mengurangi risiko perut kembung.

Jaga Kesehatan Pencernaan

lustrasi pencernaan sehat. (Special)

Seperti halnya dalam makanan fermentasi lainnya, oncom juga memiliki kandungan probiotik, yakni bakteri baik yang diperlukan bagi tubuh terutama untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Probiotik sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri usus sehingga dapat membuat pencernaan lebih sehat dan meringankan gangguan pencernaan.

Makanan fermentasi memiliki khasiat yang sangat bagus untuk mengatasi masalah pencernaan, diare, perut kembung, atau sembelit. Oncom juga dapat membantu meringankan gejala yang terjadi pada penderita sindrom iritasi usus besar.

Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Selain bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna, probiotik juga bermanfaat untuk membantu tingkatkan kekebalan tubuh. Jenis makanan yang memiliki kandungan probiotik tinggi, termasuk oncomm dapat membuat sistem imunitas tubuh meningkat, sehingga tidak akan mudah terserang penyakit.

Makanan fermentasi pun sangat baik untuk mengobati pilek. Orang yang rutin mengonsumsi oncom dan makanan fermentasi lainnya akan lebih mudah sembuh dari pilek dibandingakan orang yang jarang mengonsumsinya.

Bergizi Tinggi

lustrasi makanan sehat. (Special)

Oncom melalui proses fermentasi dalam pembuatannya. Dalam proses fermentasi terjadi pemecahan zat gizi makanan sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Jika proses pencernaan dalam tubuh berjalan lancar, maka penyerapan zat gizi makanan akan menjadi optimal.

Selain itu, dalam proses fermentasi juga terjadi penghancuran antinutrien atau zat yang dapat menghambat penyerapan gizi. Hal ini membuat makanan fermentasi termasuk oncom cenderung lebih bergizi daripada bahan baku yang digunakan.

Kontrol Berat Badan

Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)

Jika Kamu sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, oncom bisa dijadikan pilihan untuk menu harian. Karena dalam oncom terdapat kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi.

Kedua kandungan tersebut dapat membuat Kamu merasa kenyang lebih lama sehingga akan berkurang keinginan untuk terus mengonsumsi makanan. Bahkan, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang terkandung dalam makanan fermentasi dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Jaga Kesehatan Jantung

lustrasi jantung sehat. (Special)

Kacang kedelai yang merupakan bahan baku utama dalam oncom memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung. Sehingga oncom juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler (jantung), termasuk stroke dan penyakit jantung koroner.

Selain itu, kandungan antioksidan, protein kedelai, dan senyawa fitoestrogen yang ada dalam oncom dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.