7 Manfaat Plank untuk Kesehatan, Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Manfaat Plank Untuk Kesehatan, Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Ilustrasi gerakan plank. (Special)

Ladiestory.id - Plank adalah gerakan olahraga dengan menempatkan kedua sisi tangan, termasuk siku, pada permukaan lantai atau tanah, lalu meletakkan bagian tubuh lainnya seperti posisi push up. Olahraga ini tidak membutuhkan alat tertentu dan mudah dilakukan.

Walau tampak seperti gerakan sederhana, plank memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, Ladies. Mau tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan? Yuk simak informasi selengkapnya!

1. Atasi Nyeri Punggung

Ilustrasi gerakan plank. (Special)

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari plank adalah bantu jaga kesehatan punggung. Gerakan ini juga dapat mengatasi nyeri di area tersebut. Hal ini karena otot perut yang terlatih mampu mendukung tubuh serta mengurangi beban di punggung.

Tubuh yang terlalu banyak membungkuk saat beraktivitas rentan alami pegal pada area bahu dan leher. Untuk mengatasi hal ini, Kamu bisa rutin melakukan plank

2. Buat Tubuh Lebih Lentur

Ilustrasi gerakan plank. (Special)

Olahraga plank bukan hanya berfokus pada kekuatan dan ketahanan tubuh, tapi juga membuat otot lebih lentur. Dengan begitu, tingkat kebugaran bisa dicapai secara optimal, serta dapat mencegah cedera.

Melakukan plank dengan rutin akan membangun otot inti tubuh lebih stabil dan kuat, namun tetap fleksibel. Gerakan plank juga bisa meningkatkan postur paha bagian belakang dan lengkungan kaki. Dengan otot tubuh yang fleksibel, maka akan menyeimbangkan tubuh dan membuat tubuh dapat bergerak bebas.

3. Latih Pergerakan Otot Tubuh

Ilustrasi gerakan plank. (Special)

Latihan plank bukan hanya dilakukan satu gerakan saja, tapi banyak variasinya. Setiap gerakan plank bermanfaat untuk melatih pergerakan otot tubuh. Selain itu, keseluruhan otot tubuh yang kuat dapat mengurangi risiko cedera bila penggunaan otot tubuh secara berlebihan. 

4. Perkuat Seluruh Otot Tubuh

Ilustrasi gerakan plank. (Special)

Manfaat plank selanjutnya adalah memperkuat otot. Walaupun posisi plank fokus pada core muscle, tapi gerakan ini juga menggunakan seluruh otot untuk bisa menopang tubuh, seperti otot perut, paha dan lengan. 

Bila otot perut kuat maka lengan dan kaki tidak perlu bekerja keras saat melakukan semua gerakan tubuh. Tentunya hal bisa akan membuat tubuh lebih lama bertenaga. 

5. Perbaiki Postur Tubuh 

Ilustrasi gerakan plank. (Special)

Salah satu manfaat plank yang bisa memperkuat otot juga memberikan dampak baik pada postur tubuh. Postur tubuh yang buruk biasanya disebabkan oleh otot tubuh yang lemah. Nah, dengan menahan gerakan plank akan membuat otot-otot bagian atas tertarik ke belakang lalu turun.

Melakukan gerakan plank juga akan membuat otot-otot yang ada pada bahu serta punggung menjadi kuat dan lebih baik, sehingga bisa berdiri dengan tegak.

6. Mengencangkan Perut

Ilustrasi gerakan plank. (Special)

Mendapatkan perut yang kencang dan rata adalah manfaat lainnya dari plank. Otot inti yang kuat akan membantu mengoptimalkan proses metabolisme untuk penyerapan gizi, membersihkan racun, hingga mengatur keseimbangan hormon agar lebih efisien dalam penggunaanya.

7. Tingkatkan Kerja Otot

Ilustrasi gerakan plank. (Special)

Gerakan plank yang bervariasi bisa melatih tubuh untuk menggunakan perut dalam menstabilkan gerakan. Seperti saat Kamu berlari, bersepeda, berenang, dan mendaki, dengan perut yang kuat akan membantu memaksimalkan gerakan tersebut. 

Plank membuat tubuh bertindak menjadi satu kesatuan, yang tidak terpisahkan. Dengan melakukan plank secara rutin, maka seluruh otot pada tubuh “diajarkan” untuk bekerja sama.

Salam sehat, Ladies!