Pelihara Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Terung bagi Kesehatan

Rabu, 29 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Pelihara Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Terung Bagi Kesehatan

Ilustrasi terung. (Special)

Ladiestory.id - Terung menjadi salah satu sayuran yang akrab dengan orang Indonesia. Pasalnya, terung kerap diolah menjadi berbagai hidangan hingga dijadikan lalapan.

Di negara-negara tropis dan subtropis seperti Asia Tenggara, Afrika Selatan, Asia Selatan, terung mudah dijumpai. Meski begitu masih banyak orang yang memperdebatkan apakah terung termasuk buah atau sayuran.

Dibalik dari kontroversi itu, terung memiliki banyak kandungan. Di antaranya protein, lemak, vitamin, mineral, karbohidrat. Itu artinya terung sangat baik dikonsumsi untuk tubuh kita. Yuk ketahui manfaat terung bagi kesehatan tubuh.

Memelihara Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Salah satu manfaat mengonsumsi terung yakni membantu memelihara kesehatan jantung. Hal ini disebabkan terung memiliki kandungan Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien. Diketahui, kandungan-kandungan tersebut mampu membantu kesehatan jantung. terung juga memiliki kandungan flavonoid atau pigmen yang mampu larut dalam air.

Kandungan inilah yang nantinya dapat mengatasi berbagai permasalahan yang mengganggu jantung. Bahkan menurut The American Journal of Clinical Nutrion, kandungan flavonoid antosianin memiliki peran penting dalam kesehatan jantung. Pasalnya zat pigmen ini diyakini dapat menurunkan darah tinggi. Oleh sebab itu, hal ini dapat membantu meminimalisir terkena penyakit jantung.

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Mengonsumsi terung secara rutin juga dapat menjaga kadar kolesterol. Hal ini pun telah dituliskan dalam studi yang terdapat di Phytotherapy Research.

Diketahui, terung memiliki kandungan senyawa asam klorogenat. Nah, senyawa inilah yang dapat menurunkan berat badan. Tak hanya itu, namun senyawa ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (lipoprotein densitas rendah).

Sementara di dalam terung tidak terkandung kolesterol sama sekali. Sehingga terung sangat aman dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterolnya. Terung tak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Namun kandungan asam klorogenat di dalam terung mampu berperan sebagai antivirus, antimikroba, dan antikarsinogen. Sehingga seseorang yang rutin mengonsumsi terung, akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Melawan dan Mencegah Penyakit Kanker

Ilustrasi penyebaran sel kanker. (Special)

Terung juga memiliki kandungan polifenol. Diketahui kandungan polifenol ini bisa mencegah kanker tumbuh di dalam tubuh. Sementara kandungan antosianin dan asam klorogenat di dalam terung berungsi untuk melindungi sel dari radikal bebas.

Sehingga jika mengonsumsi terung dalam jangka panjang akan membantu tumor dan kanker tumbuh atau pun menyebar dalam tubuh. Kandungan antosianin ini berperan mencegah pembentukan pembuluh darah baru di tumor. Tak hanya itu, namun antosianin juga mampu memblokir enzim yang bisa membantu penyebaran sel kanker.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Masalah Pencernaan. (Special)

terung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya terung merupakan sayuran berserat yang baik dikonsumsi.  terung menjadi sayuran yang dianjurkan dikonsumsi jika seseorang dalam program diet seimbang. Seperti yang diketahui serat diperlukan untuk memperlancar pencernaan.

Jika seseorang mengonsumsi serat maka aktivitas buang air besar  pun akan teratur. Selain itu, seseorang yang mengonsumsi serat, maka tinja akan lebih mudah melewati saluran pencernaan.

Serat juga dapat merangsang gerakan peristaltik sehingga bisa membantu mendorong makanan keluar dari tubuh. Nantinya serat juga berkesinambungan dengan penyakit lain seperti jantung, kolesterol, penyumbatan, aterosklerosis, dan stroke.

Mencegah Anemia

Faktor Pemicu Tubuh Terasa Lelah (Special)

Anemia merupakan suatu gangguan kesehatan dengan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Kondisi ini biasanya disebabkan tubuh kekuranan zat besi. Tentunya kondisi ini sangat membahayakan kesehatan. Pada umumnya, orang yang terkena penyakit anemia disertai dengan beberapa gejala. Di antaranya merasa lelah dan lemat.

Hal ini disebabkan tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah. Sementara sel darah merah berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh kita. Nah mengonsumsi terung secara rutin mampu mengatasi gangguan kesehatan anemia. Pasalnya di dalam terung terkandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh sel darah merah.

s