Pacu Adrenalin, Ini 5 Manfaat Wall Climbing Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Sabtu, 14 Januari 2023 | 21:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Pacu Adrenalin, Ini 5 Manfaat Wall Climbing Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental

Ilustrasi Olahraga Walla Climbing (Special)

Ladiestory.id - Ada banyak pilihan olahraga untuk membantu meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh. Tak hanya menyehatkan, beragam aktivitas olahraga dapat membantu membuat pikiran lebih tenang dan menyehatkan kondisi mental. Menjalankan aktivitas olahraga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun seperti di rumah, pusat kebugaran atau gym hingga di alam bebas.

Jika kamu merasa bosan melakukan kegiatan olahraga yang itu-itu saja, maka tidak ada salahnya untuk mencoba aktivitas olahraga wall climbing atau bouldering. Selain dapat memacu adrenalin, berikut lima manfaat dari wall climbing bagi kesehatan tubuh dan mental.

1. Meningkatkan Kinerja Otot

Meningkatkan Kinerja Otot (Special)

Aktivitas olahraga yang satu ini tak hanya dapat memberikan sensasi yang seru dan menantang, otot-otot tubuhmu pun akan ikut bekerja sama untuk mengeluarkan tenaga dan staminanya. Tubuhmu akan tetap bertahan pada suatu tumpuan dan berusaha untuk menahankan koordinasi keseimbangan tubuh agar tidak jatuh.

Selain itu wall climbing akan membantu meningkatkan kinerja otot seperti otot jari dan tangan, pundak, kaki, paha, betis, serta punggung. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan imunitas dan melatih keseimbangan tubuh.

2. Meningkatkan Keberanian dan Adrenalin

Meningkatkan Keberanian dan Adrenalin (Special)

Wall climbig merupakan salah satu olahraga ekstrem yang dapat menimbulkan rasa takut dan khawatir ketika akan mencobanya apalagi bagi kamu yang masih pemula kamu akan belajar dan beradaptasi dengan hal ini, bergelantungan dan berayun di ketinggian hampir delapan kaki akan membuat semangat keberanian dan adrenalinmu ikut berpacu.

Jika kamu sangat menyukai tantangan dan ingin mencoba sesuatu hal yang baru, maka wall climbing ini bisa menjadi pilihanmu. Tentu aktivitas olahraga ini akan dipandu oleh  pelatih yang berpengalaman dan terjaga akan keamanannya.

3. Membakar Kalori

Membakar Kalori (Special)

Aktivitas olahraga wall climbing ini juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Kegiatan wall climbing ini dapat membakar kalori selama 8 hingga 11 menit seperti dengan gerakan berlari.

Tak hanya itu, melakukan kegiatan wall climbing juga dapat membantu menyehatkan jantung serta meningkatkan frekuensi detak jantung seperti halnya melakukan gerakan kardio serta dapat membantu menguatkan jantung dan pembuluh darah.

4. Melatih Mental dan Membangun Rasa Percaya Diri

Melatih Mental dan Membangun Rasa Percaya Diri (Special)

 Saat melakukan aktivitas wall climbing rasa semangatmu akan menggebu-gebu bahkan kamu ingin menyelesaikan tantangan hingga menuju puncak, segara jerih payah dan kerja kerasmu akan berpacu secara tidak langsung akan membangun rasa kepercayaan diri bahwa kamu mampu menyelesaikan tantangan yang kamu ambil.

Akan ada rasa perjuangan dan kemenangan saat mencapai posisi puncak bahkan akan menjadi suatu kebanggaan dan kepuasaan terhadap diri sendiri karena kamu telah yakin akan kemampuanmu dalam melewati suatu tantangan. Maka disinilah, mental, fisik dan pikiranmu menjadi satu.

5. Melatih Konsentrasi

Melatih Konsentrasi (Special)

 Melakukan aktivitas olahraga wall climbing juga akan membantu melatih daya pikir dan konsentrasi. Melakukan wall climbing akan meningkatkan daya pikir dan tubuh secara bersamaan, hal ini akan membuatmu untuk mencari jalan terbaik untuk mencapai puncak akhir sebagai upaya dalam memecahkan masalah, sehingga secara tidak langsung kamu harus memiliki strategi yang cerdas untuk berhasil menyelesaikan misi dan rintanganmu.

Nah, Ladies itulah ke lima manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan olahraga wall climbing. Walaupun olahraga ini bersifat ekstrem namun juga dapat membantu meningkatkan adrenalin, kesehatan mental, konsentrasi pikiran dan menyehatkan tubuh.

Selain itu, wall climbing juga akan mengajarkanmu untuk mengalahkan rasa takut dan tampil percaya diri. Semoga informasi ini bermanfaat.