Minum Teh di Pagi Hari Lebih Baik Daripada Kopi, Ini Penjelasannya

Kamis, 25 Januari 2024 | 09:45:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Minum Teh Di Pagi Hari Lebih Baik Daripada Kopi, Ini Penjelasannya

Ilustrasi Teh dan Kopi. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Pada umumnya, seseorang terbiasa untuk mengonsumsi kopi atau teh di pagi hari. Kopi tentunya akan memberi tambahan energi untuk seseorang di pagi hari. Namun teh adalah minuman yang lebih sehat apabila dikonsumsi pada pagi hari.

Meskipun kopi dan teh menawarkan manfaat kesehatan, ada alasan tertentu mengapa beberapa orang menganggap teh sebagai pilihan yang lebih baik di pagi hari dibandingkan dengan kopi.

Melansir Healthshots, berikut 5 alasan mengonsumsi teh lebih baik daripada kopi. 

Turunkan Kandungan Kafein

Ilustrasi Teh. (Freepik.com)

 

Kafein memang dapat memberikan energi untuk seseorang, namun akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kandungan kafein dalam teh lebih rendah jumlahnya dibandingkan kopi. Jadi minum teh di pagi hari memberikan manfaat yang lebih baik untuk tubuh.

Bangun yang Lebih Bertahap

Ilustrasi Teh. (Freepik.com)

 

Seseorang mungkin merasa sedikit malas ketika bangun di pagi hari. Kopi akan memberikan aliran energi instan yang mungkin tidak terlalu baik bagi tubuh. Sementara teh mengandung asam amino yang dikenal sebagai L-theanine, yang memiliki efek menenangkan dan dapat mengimbangi efek stimulasi dari kafein. 

Hal ini dapat menyebabkan seseorang akan bangun yang lebih bertahap dan lembut dibandingkan dengan sentakan dari kopi yang tiba-tiba.

Hidrasi

Ilustrasi Teh. (Freepik.com)

 

Kopi memiliki sifat diuretik yang dapat menyebabkan peningkatan produksi urin dan berpotensi menyebabkan dehidrasi. Sementara teh sangat berkontribusi terhadap hidrasi, karena sebagian besar terdiri dari air. Tetap terhidrasi di pagi hari sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Tingkatkan Antioksidan

Ilustrasi Teh. (Freepik.com)

 

Teh, khususnya teh hijau, kaya akan kandungan antioksidan yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari teh adalah mampu mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan. Kopi juga mengandung antioksidan, tetapi jenis dan jumlahnya berbeda dari teh.

Sensitivitas Lambung

Ilustrasi Teh. (Freepik.com)

 

Kopi lebih asam dibandingkan dengan teh, hal itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut sebagian orang. Sementara teh cenderung lebih lembut di perut, dan dapat dijadikan pilihan yang lebih disukai bagi orang-orang yang sensitif terhadap asam atau masalah pencernaan.