5 Momen Healing yang Bisa Dilakukan pada Jumat Penuh Berkah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:30:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

5 Momen Healing Yang Bisa Dilakukan Pada Jumat Penuh Berkah

Ilustrasi Healing Moment (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu sedang merasa lelah, baik secara fisik maupun mental? Mungkin saatnya dirimu membutuhkan healing. Mengambil waktu break sejenak dari segala aktivitas yang menghimpit merupakan pilihan yang baik.

Namun, bagaimana jika hal itu tak mungkin dilakukan? Misalnya, karena pekerjaanmu di kantor tak bisa ditinggal? Kalau begitu, mengapa tak manfaatkan saja waktu di hari Jumat untuk melakukan kegiatan yang sedikit berbeda dari biasanya? Ini dia caranya.

Bersihkan Tubuh

Ilustrasi Mandi (Special)

Kegiatan ini mungkin terdengar sepele. Namun, tahukah Ladies? Selain untuk kebersihan dan kesehatan, membersihkan tubuh juga dapat menenangkan pikiran, apalagi kalau kamu membersihkannya dengan teliti. Bagaimana caranya? Bagi Ladies yang beragama Islam, awali momen bersih-bersih tubuh ini dengan berwudu terlebih dahulu.

Setelah itu, lanjutkan dengan mandi wajib. Jangan lupa niatkan pula mandi tersebut seperti mandi junub. Hal ini seperti diterangkan oleh Ustaz Adi Hidayat melalui video bertajuk “Penting!! Amalan Khusus di Hari Jumat – Ustadz Adi Hidayat” yang diunggah melalui akun YouTube resminya “Adi Hidayat Official” pada 24 Maret 2022.

Tak hanya menenangkan batin karena sudah melaksanakan sunah, dengan ritual mandi wajib yang mengharuskan seluruh anggota tubuh terbasuh air termasuk kepala dan rambut, tubuh akan terasa jauh lebih fresh

Bagaimana dengan memotong kuku dan bulu-bulu atau rambut yang tidak dibutuhkan tubuh? Para ulama berbeda pendapat mengenai perkara ini. Seperti dilansir konsultasisyariah, sebagian ulama, seperti Ulama Syafi'iyah Rahimahumullah menganjurkan melakukannya di hari Jumat, terutama sebelum para pria melaksanakan ibadah salat Jumat.

Namun, sebagian ulama lain, seperti Iman Ahmad bin Hanbal tidak mengkhususkan kegiatan tersebut di hari Jumat, melainkan sesuai kebutuhan. Yang paling penting adalah Rasulullah tidak membiarkan kuku, bulu-bulu seperti di ketiak, kumis dan kemaluan lebih dari 40 hari sesuai hadis riwayat Muslim, Abu Daud dan An-Nasa'i.         

Perindah Penampilan

Ilustrasi Konsep Berbusana Sederhana
Tapi Indah (Special)

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di hari Jumat adalah memperindah penampilan. Bagi umat muslim, konsep memperindah penampilan ini tentu ada batasannya, seperti tidak membuka aurat yang seharusnya ditutupi, tidak berlebihan terutama bagi Ladies, dan tidak bermewah-mewahan yang justru dapat menimbulkan fitnah seperti kebencian dan kecemburuan orang-orang di sekitar.

Bagi laki-laki, tiap Jumat tentu memiliki kewajiban beribadah salat berjamaah di masjid. Agar momen healing tersebut tidak mengganggu orang lain, maka disunahkan pula untuk memakai wewangian seperti parfum, pakaian yang bersih dan indah, serta menghias rambut dengan memakaikan minyak rambut terbaik yang halal.

Pakaian yang indah tak selalu yang mahal, namun yang pantas, layak dikenakan dan dipandang masyarakat sekitar, serta usahakan serasi agar mata yang memandang pun merasa nyaman. Menurut riwayat, Rasulullah saw juga menyukai keserasian dalam berpakaian, antara lain dari segi warna.

Begitu pula dengan pemakaian parfum dan minyak rambut. Usahakanlah memilih yang terbaik meski tak harus selalu yang paling mahal. Baik di sini antara lain wanginya tidak mengganggu orang lain, justru membuat sekeliling merasa nyaman.  

Baca Kitab Suci

Ilustrasi Membaca Al-Qur’an (Special)

Jika tubuh sudah diberikan healing treatment, saatnya beranjak memperhatikan jiwa. Bagaimana caranya? Bagi yang beragam Islam, cara terbaik melakukan healing atas batin yang sedang terganggu adalah dengan membaca dan mempelajari Al-Quran. Cara ini diyakini bakal membuat hati dan pikiran damai.

Apalagi kalau Ladies mempelajarinya, misalnya dengan menyimak terjemahan dari ayat-ayat yang telah dibaca. Di sana terkandung banyak sekali nasihat kehidupan yang bisa mendatangkan kebahagiaan dan optimisme.

Menurut para ulama, ada beberapa surat dalam Al-Quran yang disunahkan untuk dibaca pada hari Jumat. Ustaz Adi Hidayat pada video yang sama mengatakan, bahwa seluruh ayat dan surat dalam Al-Quran pada dasarnya mulia. Namun, terdapat hadis-hadis yang memang mengemukakan keutamaan beberapa surat untuk dijadikan amalan bacaan di hari Jumat. Surat-surat itu adalah Al-Kahfi, Yaasin, dan Ash-Shafaat.        

Banyak Berdoa kepada Tuhan

Ilustrasi Orang Berdoa (Special)

Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sebenarnya dapat dilakukan kapan saja di sepanjang manusia hidup. Namun, bagi kamu yang beragama Islam, ada kekhususan tersendiri apabila berdoa di hari Jumat. Kekhususan itu antara lain mustajabnya sifat doa di hari tersebut.

Maksudnya, Jumat merupakan salah satu waktu emas yang menjadikan doa seorang hamba akan lebih mudah dikabulkan Allah SWT.

Masih merujuk pada kajian Ustaz Adi Hidayat, salah satu waktu di hari Jumat yang mustajab untuk berdoa adalah setelah datang waktu salat Ashar hingga menjelang waktu salat Maghrib. Dikemukakan olehnya, bahwa hal ini merujuk pada hadis-hadis sahih para ulama.

Lebih lanjut, Ustaz Adi Hidayat mencontohkan doa-doa yang bisa dipanjatkan kepada Allah pada waktu emas seperti telah disampaikan di atas antara lain,

“Ya Allah mohon cukupkan kepada kami segala yang halal dari-Mu dan jauhkan kami dari segala yang kau haramkan, Ya Allah mohon luaskan diri kami untuk selalu mendapatkan kesempatan untuk bertaat kepada-Mu, Ya Allah mohon luaskan diri kami untuk mendapatkan segala keistimewaan yang Engkau tetapkan yang berpeluang kami dapatkan dan jauhkan kami dari selain itu.”

Selain berdoa kepada Tuhan, bagi umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak salawat kepada Nabi Muhammad saw. Menurut Ustaz Khalid Basalamah, terdapat hadis-hadis yang mengemukakan keutamaan bersalawat kepada Rasulullah di hari Jumat.

Namun, berbeda dengan konsep Syiah, kaum Muslim Sunni meyakini bahwa ketika salawat dibacakan, bukan Rasulullah hadir kembali kepada umatnya di dunia, namun salawat itu akan disampaikan kepadanya di alam sana. Adapun, bacaan salawat kepada Rasul bisa memakai teks yang dibaca ketika tahiyat pada salat wajib.

Lakukan Kegiatan Sosial

Ilustrasi Aksi Sosial (Special)

Melakukan aksi-aksi sosial yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dipercaya dapat menjadi salah satu proses healing yang baik. Seperti dilansir University Health Service University of Michigan, melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti berbagi lewat program charity atau bersama-sama membersihkan dan melestarikan lingkungan dapat meningkatkan self-esteem dan self-fulfillment pada diri seseorang.

Bagi umat muslim, melakukan kegiatan sosial menjadi salah satu pilar agama yang apabila tidak melaksanakannya maka lumpuhlah bangunan agama Islam dalam hidup seseorang. Charity dikenal dalam dunia Islam antara lain sebagai kegiatan menunaikan zakat, infak dan sedekah.

Dilansir laman MUI, bersedekah menjadi salah satu amalan di hari Jumat yang sangat dianjurkan, meskipun untuk melakukannya seseorang tak perlu menunggu hari Jumat datang. Hal tersebut sesuai dengan isi dua buah hadis yang mengemukakan bahwa,

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah, berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah”. (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)”

Itulah alasan mengapa bersedekah atau melakukan aksi-aksi sosial lainnya sangat diutamakan untuk dilakukan, terutama di hari terbaik bagi umat Islam, yaitu hari Jumat. Selain memenuhi kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, melakukan kegiatan sosial juga sekaligus dapat memberikan ketentraman dalam hati dan pikiran yang melakukannya. Inilah salah satu proses healing yang baik untuk dilakukan.

Nah, Ladies, itulah healing treatment yang lengkap untuk tubuh, pikiran dan jiwa yang bisa kamu lakukan di hari Jumat. Apabila dilakukan secara rutin, diharapkan kesehatan mental Ladies akan terpelihara. Semoga bermanfaat!