Moms Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Menggendong Bayi Bagi Kesehatan

Minggu, 14 Mei 2023 | 20:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Moms Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Menggendong Bayi Bagi Kesehatan

Ilustrasi menggendong bayi. (Special)

Ladiestory.id - Moms, menggendong bayi tidak hanya dapat membuatnya merasa nyaman dalam dekapan saja, lho. Menggendong bayi memiliki berbagai manfaat tak terduga yang berpengaruh bagi kesehatan. Umumnya bayi sering rewel dan menangis tak karuan, namun ketika Moms mulai menggendongnya si kecil pun akan merasa aman dan tenang.

Selain menenangkan, menggendong bayi pun dapat meningkatkan bonding dengan orang tuanya, hal ini dikarenakan bayi mulai beradaptasi dengan dunia barunya dan orang tuanya lah yang mampu memberikannya cinta kasih dan tempat ternyaman yang hangat. Nah, berikut ini enam manfaat dari menggendong bayi bagi kesehatan yang telah Ladiestory.id rangkum.

Membantu Perkembangan Fisik Bayi

Ilustrasi menggendong bayi. (Special)

Moms, manfaat menggendong bayi yang pertama ialah dapat membantu meningkatkan perkembangan fisik bayi. Secara tak langsung, menggendong bayi dapat diibaratkan stimulasi pijatan pada bayi pada saat tubuhnya digendong, saat menggendong bayi adanya gerakan-gerakan ringan yang dapat membuat si kecil merasa seperti dipijat. Hal ini pula yang membuat bayi merasa sangat nyaman dan tenang saat digendong.

Mengurangi GERD

Ilustrasi menggendong bayi. (Special)

GERD atau Gastro-Esophagel Reflux sering dialami oleh bayi, hal ini ditandai dengan kondisi bayi yang merasa tidak nyaman dan sangat rewel. Selain itu, GERD juga dapat ditandai dengan gejala muntah, gumoh, batuk maupun masalah gangguan pernapasan. Nah, manfaat menggendong bayi selanjutnya dapat mengurangi GERD dengan melakukan gendongan pada posisi upright untuk mengurangi munculnya GERD ini.

Mengurangi Muntah

 

Ilustrasi menggendong bayi. (Special)

Yup, seperti yang telah diterangkan sebelumnya, jika manfaat menggendong bayi ialah dapat mengurangi masalah GERD atau ditandai dengan muntah-muntah. Hal ini tentu sangat membuat tubuh bayi menjadi tidak nyaman bahkan fisiknya bisa melemah. Jika bayi Moms mengalami masalah muntah-muntah, langkah pertama yang bisa Moms lakukan dengan menggendongnya dengan posisi upright secara perlahan.

Bayi sebaiknya digendong selama 30 hingga 60 menit dengan posisi upright tanpa menggunakan kain gendong atau gendongan untuk mengurangi cairan yang keluar masuk dalam tubuh. Namun, apabila gejala muntah ini semakin sering frekuensinya maka Moms bisa berkonsultasi ke dokter spesialis anak untuk pertolongan tingkat lanjut.

Mencegah Gejala Otitis Media

Ilustrasi menggendong bayi. (Special)

Moms, menggendong bayi juga bermanfaat untuk mencegah gejala otitis media yang dapat disebabkan oleh infeksi pada telinga bagian tengah tepatnya pada rongga belakang gendang telinga. Nah, saat menggendong anak dalam posisi tegak dapat mengurangi risiko gas naik hingga ke kerongkongan dan ke telinga dibandingkan jika anak yang jarang digendong dan hanya sering berbaring seharian.

Mencegah Flat Head

Ilustrasi menggendong bayi. (Special)

Flat head atau yang disebut dengan kepala peyang ini merupakan kondisi dimana kepala bayi terlihat tidak bulat sempurna sehingga ada salah satu bagian sisinya terlihat datar. Tanpa disadari hal ini pun dapat mempengaruhi perkembangan otak pada bayi. Adapula yang menyarankan jika sebaiknya bayi dapat sesering mungkin juga ditengkurapkan untuk mencegah terjadinya flat head. Nah, dengan menggendong bayi pula tidak membuat bayi merasa ada tekanan terus-menerus di bagian kepalanya bahkan bayi pun merasa lebih lega dan tidak merasa bosan karena baring seharian.

Mendukung Pertumbuhan pada Bayi Prematur

Ilustrasi menggendong bayi. (Special)

Moms, manfaat menggendong bayi selanjutnya ialah dapat membantu mendukung pertumbuhan pada bayi lahir prematur. Bayi yang lahir secara prematur dapat digendong dengan metode KMC atau Kangaroo Mother Care yang bertujuan untuk mempercepat perkembanganannya lebih pesat jika dibandingkan dengan bayi yang berada dalam inkubator. Oleh sebab itu, bayi prematur perlu adanya skin to skin dengan orang tuanya terutama sang ibu dengan menggendong bayinya dalam waktu yang lama agar pertumbuhannya semakin pesat.

Nah, Moms itulah ke enam manfaat dari menggendong bayi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.