Penting! Ini Manfaat Berenang untuk Tumbuh Kembang Anak

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:15:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Penting! Ini Manfaat Berenang Untuk Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi anak berenang. (Special)

Ladiestory.id - Berenang adalah salah satu olahraga yang menyenangkan untuk anak. Bahkan olahraga ini bisa dimulai sejak anak masih bayi saat berusia 3 bulan atau setelah mendapat persetujuan dari dokter.

Water Safety sering menjadi alasan utama orang tua mencari les renang untuk anak-anak. Tetapi, di luar itu ada lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga renang dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Dilansir dari Bear paddle, anak-anak yang belajar berenang cenderung mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar lebih cepat daripada anak-anak yang tidak belajar berenang.

Anak-anak yang belajar berenang sebelum berusia lima tahun memiliki keseimbangan yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak bisa berenang. Mereka juga lebih baik dalam mewarnai bagian dalam garis dan menggunakan gunting untuk memotong kertas.

Sungguh menakjubkan, bukan? Lantas apa saja manfaat berenang untuk tumbuh kembang seorang anak? Yuk, intip informasinya dibawah ini.

Laju Perkembangan Motorik yang Lebih Cepat

Kemampuan motorik anak. (Special)

Penelitian dari Griffith University yang dilansir oleh hubbard swim menyatakan bahwa anak-anak usia di bawah lima tahun yang rajin les berenang memiliki tinggkat perkembangan motorik yang lebih cepat  daripada anak-anak seusianya yang tidak melakukan les renang.

Anak-anak yang mengikuti kelas renang jauh lebih baik dalam melakukan kegiatan yang mengasah keterampilan motoriknya seperti seperti menggambar, memegang pensil dan menyusun bangunan dari mainan balok.

Anak-anak yang mengikuti kelas renang ini cenderung memiliki keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik daripada teman sebayanya yang tidak aktif belajar berenang. Semakin awal ibu memulai kelas renang pada anak, maka lonjakan perkembangan anak secara signifikan juga akan lebih cepat terasa.

Perkembangan Pengetahuan Kognitif yang Lebih Baik

Anak belajar berhitung. (Special)

Berenang tidak hanya membantu perkembangan motorik anak saja, tapi juga membantu perkembangan kognitif seorang anak. Mengikuti kelas renang secara rutin sejak usia dini dapat membantu anak maju lebih cepat 10 bulan dari anak-anak normal dalam perkembangan konitifnya.

Hal ini menunjukkan bahwa anak yang terlibat di dalam kelas renang dapat mencapai tingkat penalaran di bidang-bidang seperti membaca, menulis, dan berhitung secara signifikan di kelas dibandingkan teman-temannya.

Penguasaan Bahasa yang Meningkat

Kemampuan bahasa anak meningkat. (Special)

Terlihat seperti tidak mungkin dan tidak sinkron antara penguasaan bahasa dengan kelas renang, namun faktanya memang begitu adanya. Kata pertama yang diucapkan seorang anak adalah hal yang paling dinantikan oleh orang tua.

Dengan kelas renang, hal itu mungkin lebih cepat terjadi. Instruksi yang diberikan sepanjang pelajaran membantu perkembangan bahasa lebih lanjut.

Instruktur renang biasanya menggunakan kata-kata yang dapat membantu anak-anak menyerap kata-kata yang sederhana, seperti warna dan bentuk. Anak yang mendengar dan mengamati jenis percakapan seperti ini saja selama kelas renang berlangsung dapat meningkatkan bahasa secara signifikan.

Mengasah Bakat Sosial dan Emosional

Mengelola emosional dengan baik. (Special)

Anak yang mengikuti kelas renang cenderung lebih mudah mengasah dan mengelola kecerdasan sosial dan kecerdasan emosionalnya. Mereka cenderung memahami arah dengan lebih baik, yang membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang sekitarnya.

Semakin bertambahnya usia, anak-anak yang mengikuti kelas renang  lebih mudah dalam melakukan interaksi dengan teman sebaya dan orang dewasa lainnya.

Sebuah penelitian telah menunjukkan hubungan antara kematangan emosional dan olahraga yang teratur. Berenang bisa menjadi olahraga yang dipilih agar anak-anak bisa mengeluarkan energi mereka dan melepaskan frustrasi.

Menjaga Keseimbangan Tubuh

anak sedang renang. (Special)

Olahraga renang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat berkoordinasi dengan baik. Saat berenang, anak akan berusaha menyeimbangkan kedua sisi tubuhnya agar dapat bergerak di dalam air dan tidak tenggelam.

Selain itu, dengan melakukan olahraga renang anak, kesehatan anak juga lebih terkontrol karena renang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru serta melatih otot. Renang juga berguna dalam fungsi mengontrol berat badan pada anak, sehingga obesitas dini bisa dihindari.

s