Penurunan Berat Badan Bantu Obati Psoriasis? Simak Penjelasannya!

Selasa, 23 Januari 2024 | 09:22:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Penurunan Berat Badan Bantu Obati Psoriasis? Simak Penjelasannya!

Ilustrasi Psoriasis. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan ruam dan gatal, serta menimbulkan bercak bersisik pada kulit dan persendian. Bagian paling sering mengalami psoriasis adalah lutut, siku, dan kulit kepala.

Sampai saat ini, masih belum diketahui penyebab pasti dari psoriasis, namun diyakini melibatkan kombinasi kecenderungan genetik, disfungsi sistem kekebalan, dan lingkungan. Pemicu lainnya seperti infeksi, cedera pada kulit, stres, merokok, obat-obatan tertentu, dan perubahan iklim.

Dilansir dari Indian Express Online, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan oleh pengidap psoriasis. Salah satunya adalah dengan mengelola stress, serta menerapkan gaya hidup yang baik.

Ilustrasi Psoriasis. (Freepik.com)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology pada 2017, bukti menunjukkan bahwa obesitas merupakan faktor risiko psoriasis, yang memperburuk kondisi tersebut. Hal itu juga menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat menjadi cara menurunkan risiko keparahan psoriasis pada individu yang kelebihan berat badan.

Shrea Kapoor, yang merupakan seorang dokter kulit, melalui unggahan pada laman media sosial Instagramnya mengunggah penjelasan bagaimana menurunkan berat badan dapat memengaruhi psoriasis.

“Jika kamu atau anggota keluargamu menderita lesi kulit psoriasis, kamu akan dapat memperoleh manfaat dengan menurunkan berat badan. Pertambahan berat badan adalah kondisi peradangan dan begitu pula psoriasis,” tutur Shrea Kapoor dalam kontennya.

"Ketika kehilangan lima persen saja dari berat badanmu, kamu dapat mengurangi rasa gatal, kulit bersisik, dan pembentukan plak baru pada psoriasis, dan jika kamu rentan terkena psoriasis, menjaga berat badan tetap terkendali dapat mencegah Anda terkena psoriasis,” katanya.

Menurut Shrea Kapoor, meskipun penurunan berat badan mungkin bukan obat untuk psoriasis, hal ini dapat berkontribusi mengurangi peradangan dan meningkatkan efektivitas pengobatan.

“Penelitian menunjukkan bahwa penderita psoriasis yang kelebihan berat badan atau obesitas mungkin memiliki respons yang lebih buruk terhadap pengobatan tertentu. Menurunkan berat badan dapat meningkatkan efektivitas pengobatan dan terapi lain, serta meningkatkan pengendalian gejala,” ujarnya.

Ilustrasi Psoriasis. (Freepik.com)

Selain itu, Shrea Kapoor merekomendasikan perubahan gaya hidup seperti mengurangi makanan olahan manis, meningkatkan lemak baik seperti sumber Omega-3, dan berjalan kaki setidaknya 30-45 menit sehari, untuk mengatasi gejala psoriasis.

Sebagai kesimpulan, penanganan psoriasis yang efektif melibatkan pendekatan komprehensif yang mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk pengelolaan berat badan, serta perawatan medis yang tepat dan modifikasi gaya hidup.