Waspada! 7 Penyebab Haid 2 Kali dalam Sebulan

Minggu, 26 Desember 2021 | 22:13:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Waspada! 7 Penyebab Haid 2 Kali Dalam Sebulan

Ilustrasi sedang haid. (Special)

Ladiestory.id - Pada normalnya, siklus menstruasi normal bagi wanita adalah sekitar 28 hari. Kadang ada yang sekitar 21 hingga 35 hari. Sedangkan wanita remaja berkisar 38 hari atau malah lebih.

Namuna ada kalanya mengalami siklus lebih pendek. Misalnya seperti menstruasi terjadi kurang dari 21 hari. Atau menstruasi sampai 2 kali dalam sebulan. Pernahkah mengalaminya?

7 Penyebab Haid 2 Kali dalam Sebulan

Ilustrasi sedang haid. (Special)

 

Sebenarnya apakah kondisi ini normal? Adabeberapa kondisi yang membuat seorang wanita mengalami menstruasi 2 kali dalam sebulan. Yuk ketahui 7 penyebab haid 2 kali sebulan mulai dar yang normal hingga kondisi yang serius.

1. Siklus menstruasi pendek

Penyebab haid 2 kali sebulan yang pertama adalah siklus menstruasi pendek atau di bawah 28 hari. Jangan khawatir sebab hal ini dianggap normal.

Kondisi menstruasi ini juga dianggap normal, jika hanya terjadi sesekali dalam 1 tahun tanpa disertai keluhan lain, misalnya nyeri saat berhubungan intim.

Namun, haid 2 kali dalam sebulan baru dianggap tidak normal jika terjadi akibat siklus menstruasi yang lebih pendek dari 21 hari. Kondisi ini bisa menjadi pertanda mengalami gangguan kesehatan tertentu.

2. Stres

Jika kamu baru pertama kali mengalami haid 2 kali dalam sebulan, maka penyebabnya bisa jadi bukanlah gangguan yang menetap, seperti stres. Biasanya, hal ini akan muncul saat sedang kelelahan atau saat pekerjaan sedang menumpuk.

Dengan demikian, ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, apabila kejadian haid 2 kali sebulan terus-menerus terjadi tanpa sebab yang jelas, alangkah lebih baiknya memeriksakan diri ke dokter.

3. Pubertas pada remaja

Penyebab haid 2 kali sebulan sebab siklus menstruasi yang belum teratur. Hal ini kerap kali terjadi pada anak remaja yang baru saja memasuki fase pubertas. Mereka akan cenderung memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek atau terkadang lebih lama selama masa pubertas.

Ini karena lonjakan hormon yang masih belum stabil. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami 2 kali menstruasi dalam 1 bulan.

American Journal of Epidemiology memaparkan, siklus menstruasi remaja dapat memakan waktu sekitar 6 tahun untuk menjadi teratur sejak mereka mulai menstruasi. Sehingga, tak jarang mereka mengalami haid 2 kali dalam sebulan.

4. Ada sel pra-kanker atau kanker

Satu studi juga menemukan bahwa haid tidak teratur juga bisa menyebabkan kanker ovarium. Kuncinya adalah deteksi dini. Sel ini bisa didiagnosis dengan ultrasound atau biopsi uterus, pap smear dan biopsi serviks.

Ilustrasi sedang haid. (Special)

5. Reaksi pil KB

Beberapa jenis pil KB memang membawa pengaruh kepada sirkulasi haid, termasuk terjadi 2 kali dalam sebulan. Ini juga membutuhkan beberapa bulan bagi tubuh kamu untuk menyesuaikan dengan metode kontrasepsi jenis pil KB yang baru.

6. Setelah traveling

Apakah kamu baru bepergian alias traveling ke luar negeri dengan jadwal padat atau perbedaan waktu yang berbeda? Bisa jadi itu penyebab haid 2 kali sebulan. Perjalanan yang mengganggu ritme sirkadian tubuh, seperti mengubah jam tidur atau bekerja hingga subuh, bisa menyebabkan perubahan hormon yang memengaruhi siklus kamu.

Namun jangan khawatir, sebab gangguan ini dapat hilang dengan sendirinya. Kamu hanya perlu mengembalikan ke ritme kehidupan seperti biasa.

7. Perimenopause

Perimenopause merupakan waktu menjelang menopause, dengan gejala penuaan yang sudah mulai terjadi. Masa perimenopause bisa terjadi sejak 10 tahun sebelum menopause menjelang. Selama masa tersebut, kamu bisa mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, termasuk haid 2 kali sebulan.

Inilah 7 penyebab haid 2 kali sebulan. Jika kamu mengalami kondisi seperti ini disertai dengan rasa sakit yang mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya.