Tiba-tiba terjadi, Ini Makna dari Kedutan

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tiba-Tiba Terjadi, Ini Makna Dari Kedutan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sesuatu yang terkadang terjadi pada kita secara tiba-tiba adalah kedutan. Masalah ini biasanya terjadi pada bagian tubuh. Pengalaman ini terkadang dihubungkan dengan mitos-mitos atau pengalaman mistis.

Namun secara biologis dan dilihat dari sisi kesehatan, kedutan diartikan sebagai suatu keadaan ketika otot-otot terasa tegang. 

Maka lebih baik, hilangkan pikiran mengenai hal-hal mistis atau mitos tentang makna dari kedutan di beberapa bagian tubuh. Namun, lebih baik kita lebih  waspada terhadap beberapa gejala penyakit  yang berisiko dialami.

Penyebab Kedutan di Tubuh
Foto: Ladiestory.id


Selain itu saat kedutan, pada unit motorik yang dibangun oleh sel-sel neuron saat itu tubuh memberi sinyal pada otot sehingga mengalami kontraksi berulang-ulang tanpa kendali sehingga ada kemungkinan kedutan sering terjadi berulang dalam waktu yang berdekatan.

Tapi ketika kita mengalami kedutan di beberapa bagian tubuh. Hal ini dikarenakan sebagai tanda mengenai kondisi tubuh yang harus diperhatikan:

Dampak Terlalu Banyak Minuman Dengan Kafein 

Salah satu contoh minuman yang mengandung kafein adalah kopi dan teh. Tapi ternyata, minuman ini mengalami kedutan di bagian tubuh. Kafein merupakan zat stimulan yang memberikan efek samping sehingga tubuh menjadi cukup sensitif.

Selain itu, dampak yang mungkin terjadi adalah otot-otot di bagian tubuh sehingga dia memberikan efek secara langsung seperti kontraksi pada otot. 

Tubuh lelah dan Mengalami dehidrasi 

Pemicu Kedutan di Tubuh
Foto: Ladiestory.id

Air memang dibutuhkan pada tubuh karena sebagian dari bagian tubuh. Ketika mengalami dehidrasi, kemungkinan tubuh memberikan tanda jika kedutan atau kontraksi otot di beberapa bagian otot besar seperti pada bagian tangan dan kaki.

Alasannya karena saraf yang terhubung dengan otot tidak mendapatkan asupan sodium dan air yang cukup sehingga menjadi sensitif dan mengalami kontraksi atau kedutan.

Perasaan Gugup atau Cemas Sebagai Pemicu Kedutan 

Kedutan merupakan suatu tanda bahwa tubuh mengalami perasaan gugup atau cemas. Hal ini dikarenakan perasaan yang ada di seluruh bagian tubuh mengirimkan tanda dan menangkap sinyal gugup, stres, dan cemas sehingga diterima oleh beberapa saraf.

Akhirnya, mereka bereaksi ketika adanya kedutan di beberapa bagian tubuh. Tapi tenang, ketika merasa khawatir,  gugup, stres, atau cemas hilang, maka kedutan pada tubuh akan berangsur hilang.

Asupan Gizi dan Kekurangan Nutrisi Berlebihan 

Nutrisi pada tubuh adalah sesuatu hal yang penting. Faktanya ketika kekurangan nutrisi menyebabkan otot mengalami kontraksi. Ketika mengalami kedutan di beberapa bagian seperti kelopak mata, betis, dan bagian tangan sehingga memberikan sinyal dengan membutuhkan beberapa asupan nutrisi seperti vitamin D, B6, B12, dan mineral.

Tubuh Kurang Menerima Istirahat Yang Cukup 

Tanda dari kedutan pada bagian kelopak disebabkan oleh kurang tidur. Kedutan ini disebabkan oleh kontraksi otot pada beberapa bagian tubuh. Bagian yang kedutan rasanya seperti menegang atau ditarik.

Biasanya Kedutan jenis ini sering disebut dengan twitching. Masalah ini sering terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kelopak mata, telapak tangan, wajah, dan betis.