Perutmu Tiba-Tiba Lapar di Tengah Malam? Ini Beberapa Camilan Sehat untuk Kamu Konsumsi

Rabu, 25 Desember 2019 | 20:35:28

LS Health

Penulis : LS Health

Perutmu Tiba-Tiba Lapar Di Tengah Malam? Ini Beberapa Camilan Sehat Untuk Kamu Konsumsi

Pernah tidak sih, Ladies, tiba-tiba kamu merasa lapar di tengah malam, terlebih di saat jam sudah menunjukkan pukul 1 hingga 3 pagi? Jika pernah, tentunya kamu ingin menyantap satu makanan yang bisa bikin kamu kenyang, kan? Namun biasanya, alih-alih malas membuat makanan sehat yang ribet, kamu malah menyalakan kompor dan memasak mie instan. Padahal, di balik rasa gurih dan enaknya mie instan, terdapat salah satu penyebab yang bisa merusak kesehatanmu secara perlahan jika kamu tidak membatasi konsumsinya, lho. Kamu tak mau kan, kalau kebiasaanmu yang instan itu malah mengakibatkan kamu terbaring di tempat tidur tanpa daya? Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa makan di tengah malam, lho. Hanya saja, kamu perlu membatasi konsumsi makanan instan favoritmu itu dan menggantinya dengan beberapa camilan sehat untuk dikonsumsi tengah malam berikut ini!

1. Edamame

Edamame
sumber: freepik.com

Kacang kedelai yang biasanya menjadi camilan khas orang Jepang ini sangat kaya akan protein dan tentu bisa menjadi camilan yang tepat untuk dikonsumsi di tengah malam, Ladies! Di malam hari, terutama ketika malam sudah larut, metabolisme tubuhmu akan melambat dan mulai mempersiapkan tubuhmu untuk tidur. Nah, jika kamu tiba-tiba mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi, bisa jadi makanan yang kamu makan itu akan berubah menjadi lemak. Namun, jika kamu mengonsumsi edamame yang kaya akan protein ini, tentu akan membuatmu tetap kenyang sembari meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori agar tidak menjadi lemak. Kamu bisa merebus edamame sebentar saja, dan bisa langsung kamu nikmati!

2. Satu sendok makan selai kecang

Satu sendok makan selai kecang
sumber: freepik.com

Terkadang, kita hanya butuh menjilat sesuatu yang kerap kita inginkan jika rasa lapar tiba-tiba muncul di tengah malam. Termasuk, ketika teringat selai kacang almond yang rasanya lezat di dalam stopeles kaca yang diletakkan di dalam kulkas. Tenang, kamu boleh banget kok, mengambil selai kacang almond untuk camilan di tengah malam, Ladies! Tapi, hanya boleh mengonsumsinya sebanyak satu sendok makan saja. Tak boleh lebih. Kecuali, jika kamu sedang tidak dalam masa diet menurunkan berat badan atau sedang mempertahankan berat badan. Sebab, satu sendok makan selai kacang bisa mengandung 100 kalori dengan lemak yang sehat.

3. Mie Shirataki

Mie Shirataki
sumber: healthline.com

Jika perut dan hasratmu memaksa ingin makan mie, sebaiknya kamu memilih mie shirataki untuk dikonsumsi di tengah malam, Ladies. Mie yang terbuat dari serat glucomannan, semacam serat dari akar tanaman konjak ini cenderung mengandung karbohidrat yang sedikit. Selain itu, mie shirataki ini mengandung banyak air, lho. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuhmu. Kamu bisa mengolah mie shirataki ini dengan menggunakan garam, susu almond, dan merica, agar rasanya lebih enak! Mie shirataki ini sudah bisa kamu jumpai di beberap supermarket dan online store di Indonesia.

4. Buah berry

Buah berry
sumber: freepik.com

Camilan sehat untuk dikonsumsi tengah malam lainnya adalah buah berry. Kamu bisa memilih jenis buah berry yang mana saja untuk dikonsumsi, Ladies. Buah berry merupakan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi kapan saja dan sepanjang hari, bahkan ketika kamu merasa sulit tidur karena jumlah karbohidrat di dalam tubuhmu cenderung tinggi. Buah berry yang memiliki kadar glikemik yang sangat rendah dan bahkan tidak memberi efek besar pada gula darahmu, dapat dijadikan sebagai camilan sehat yang sempurna! Tak cuma itu, buah berry juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi, lho!

5. Sayuran

Sayuran
sumber: freeepik.com

Ini bisa menjadi pilihan terakhirmu kok, Ladies. Jika kamu sudah bosan mengonsumsi yang lainnya, kamu bisa konsumsi sayuran yang sudah pasti rendah kalori! Kamu bisa merebusnya atau menumisnya dengan sedikit sekali minyak dan garam. Atau lebih aman lagi jika kamu mengolahnya dengan cara direbus, lalu colekkan ke dalam saus ketika hendak memakannya. Sudah pasti rasanya akan lebih lezat!

Setelah berhasil memuaskan hasrat untuk sekadar ngemil di malam hari, kamu pun akan tidur dengan lebih nyenyak. Jangan lupa untuk mempertahankan berat tubuh ideal sesuai saran kesehatan ya, Ladies!