3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Program Diet ala IU

Rabu, 22 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Program Diet Ala Iu

Foto: soompi

Ketika kita memiliki tubuh yang langsing dan sehat pasti akan merasa senang dan percaya diri, bahkan hampir semua perempuan ingin memiliki tubuh yang langsing dan sehat.

Beragam usaha mereka lakukan mulai dari berolahraga, mengonsumsi obat pelangsing, pergi ke klinik kecantikan, hingga melakukan diet untuk memperoleh tubuh yang langsing dan sehat.

Diet ala IU, Penyanyi Korea

Foto: soompi

Diet IU merupakan diet yang dilakukan oleh seorang penyanyi sekaligus seorang aktris Korea Selatan bernama Lee Ji-eun atau IU. Diet ini dilakukan untuk menurunkan berat badan sampai 5 kilogram dalam seminggu.

Diet ini bukan diet yang dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama, akan tetapi kurang lebih hanya bisa dilakukan selama 5 hari.

Nah bagi pejuang diet, kamu bisa menggunakan diet ala IU ini. Meskipun demikian, untuk mencapai hasil yang cukup signifikan, IU melakukannya dengan memperhatikan beberapa hal terkait dengan diet dia lakukan.

Jadi kamu perlu mengetahui apa saja hal-hal yang perlu dilakukan supaya diet ala IU ini bisa berhasil. Nah supaya kamu gak kesulitan, berikut ini beberapa hal terkait diet IU yang perlu kamu perhatikan.

1. Pola Makan yang Dilakukan IU Selama Diet

Foto: soompi

Saat melakukan diet kita perlu memperhatikan pola makan juga bukan?

Saat melakukan diet ini, IU hanya mengonsumsi apel untuk sarapan, dua buah ubi untuk makan siang, serta satu protein shake untuk makan malam. Mengonsumsi makanan di luar menu-menu tersebut tentu tidak diperbolehkan dalam diet yang dia lakukan ini.

Oleh karena itu, total kalori yang masuk ke tubuh IU pun hanya sekitar 700 kalori.

Selain mengatur dan membatasi makanan, IU juga melakukan olahraga yang intens selama menjalani program diet tersebut. Maka dari itu wajar saja jika IU dapat menurunkan berat badannya sampai 5 kilogram dalam waktu yang sangat cepat.

2. Risiko yang ada saat melakukan Diet IU

Banyak yang mengatakan bahwasanya diet yang dilakukan IU terbilang cukup ekstrem. Bagaimana tidak? Diet ini memangkas jumlah kalori yang dapat menyebabkan difisiensi nutrisi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terserang penyakit.

Hal yang perlu kita ketahui, kebutuhan kalori untuk wanita dewasa sekitar 2000 kalori perhari. Apabila seseorang mengonsumsi kurang dari jumlah itu, maka kebutuhan nutrisi tubuh juga tidak terpenuhi.

Nah jika nutrisi dalam tubuh berkurang, tentu akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu, sehingga tubuh juga akan rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan ketat dari dokter jika ingin melakukan diet seperti yang dilakukan IU.

3. Cara Diet Alami yang Seimbang

Nah kamu juga bisa melakukan diet lain dengan cara alami dan tetap menyeimbangkan kebutuhan tubuh kamu. Untuk memperoleh tubuh yang langsing dan sehat, kamu juga dapat melakukan diet alami yang seimbang, seperti:

1. Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian

Foto: Ladiestory.id

Pada umumnya kebutuhan kalori harian itu dihitung berdasarkan jenis kelamin, usia, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan. Untuk memperoleh tubuh yang langsing dan sehat, sebaiknya kamu perlu mencukupi kebutuhan kalori harian kamu bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein tinggi, serta lemak sehat.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari makan makanan sumber kalori yang kurang sehat seperti makanan yang tinggi gula.

2. Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Untuk memenuhi kalori saar menjalani diet alami, sebaiknya kamu mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak. Sayur dan buah mengandung serat dan air yang sangat banyak sehingga dapat membuat merasa kenyang lebih lama.

3. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Foto: Ladiestory.id

Selain buah dan sayur, Mengonsumsi air putih juga sangat diperlukan. Saat kamu menjalani program diet kamu wajib mencukupi kebutuhan air dengan cara mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

Dengan mengonsumsi air putih secara cukup dapat membantu menjaga suhu tubuh, mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan ginjal, hingga melembapkan kulit.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai Diet ala IU. Jika menurutmu sulit. kamu tak perlu khawatir, sebab kamu yang pemula bisa melakukan program diet alami dan seimbang. Namun, jika kamu merasa mampu melakukan diet ala IU, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu.