?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » JANGAN ABAIKAN MASALAH KESEHATAN KULIT WAJAH, INI CARA MENGENALI MASALAH KULIT ANDA DENGAN LEBIH DALAM

Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Kulit Wajah, Ini Cara Mengenali Masalah Kulit Anda dengan lebih dalam

LS Health
Penulis: LS Health
Kamis, 23 Januari 2020 | 03:34:05
Durasi baca: 3 menit, 15 detik
Dibaca: 9 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Kulit Wajah, Ini Cara Mengenali Masalah Kulit Anda dengan lebih dalam

Kebanyakan dari kita memandangi wajah pada cermin setiap hari, namun apakah kita benar-benar mengetahui tentang tipe kulit diri sendiri? Tipe-tipe kulit pada umumnya adalah kulit normal, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit kering, dan kulit sensitif. Kategori kulit tersebut tidak selamanya sama, tipe kulit bisa berubah berdasarkan cuaca, kelembaban suhu, makanan, dan gaya hidup. Mari kita simak langkah untuk mengenali kulit Anda:

  • Kulit normal adalah kulit yang tidak terlalu kering, tidak terlalu berminyak, dan tidak terlalu sensitif, ukuran pori-pori yang relatif kecil, serta memiliki warna dan tekstur kulit yang berseri.
  • Kulit kering memiliki ciri-ciri kulit dengan pori-pori yang hampir tidak terlihat, warna kulit yang kusam dan tekstur kulit kasar, bercak kemerah-merahan pada beberapa bagian wajah, kulit yang kurang elastis serta terlihat garis halus pada wajah. Kulit gampang pecah, terkelupas, gatal, iritasi, dan terjadi peradangan. Jika terlalu kering, makan akan menjadi kasar dan bersisik, terutama pada bagian tangan, lengan dan kaki.

Kulit kering biasa disebabkan oleh faktor genetik, faktor umur, perubahan hormon, cuaca seperti panas matahari, terlalu dingin, radiasi UV dr tempat tidur tanning buatan, heater dalam ruangan, mandi yang berkepanjangan, bahan yang terkandung pada sabun cuci muka dan kosmetik, serta obat-obatan

Baca juga: Trend Model Anting Terbaru Kekinian Untuk Wajah Bulat

Berikut tips yang bisa membantu meringankan kulit kering:

  1. Durasi mandi yang lebih pendek dan mandi tidak lebih dari 1 hari sekali
  2. Hindari cuci muka saat mandi karena air mandi dari shower biasa akan disetel lebih panas daripada suhu air saat mencuci muka
  3. Gunakan sabun cuci dengan bahan ringan dan hindari sabun cuci untuk menghilangkan bau badan karena kandungan tersebut bisa membuat kulit menjadi lebih kering.
  4. Gunakan body lotion yang bersifat krim atau salep setelah mandi, ulangi pengaplikasian seperlunya saat diluar rumah
  5. Gunakan air humidifier dan jangan biarkan suhu dalam ruangan menjadi terlalu panas

Kulit berminyak memiliki pori-pori yang cenderung lebih besar, kusam ataupun mengkilap, tekstur kulit yang terlihat tebal, komedo hitam, jerawat dan masalah kulit seperti bekas-bekas jerawat.

Tingkat minyak bisa berubah tergantung cuaca dan iklim. Hal yang menyebabkan atau yang memperparah masalah kulit berminyak adalah:

  • Pubertas atau ketidakseimbangan hormon
  • Stress
  • Terlalu panas atau terlalu lembab

Cara merawat kulit berminyak adalah dengan mencuci wajah 2 kali sehari atau saat mengeluarkan banyak keringat, gunakan sabun cuci muka yang ringan dan jangan di gosok-gosok.

  • Hindari untuk memencet jerawat, jerawat akan lebih susah sembuh.

Pilih produk perawatan dan kosmetik yang bertulisan “noncomedogenic” yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Pemakaian Masker Wajah


Kulit kombinasi yang artinya kulit bisa cenderung kering atau normal pada 1 area namun berminyak pada area tertentu misalnya pada T-Zone. Kulit kombinasi memiliki komedo dan jerawat namun kering pada bagian pipi. Banyak dari kami yang memiliki tipe jenis kulit ini. Cara merawat kulit jenis ini pun berbeda tergantung kepada area kulit.

Inilah tips untuk para pemilik kulit kombinasi:

  • Gunakan produk oil control atau yang tidak menghilang pada bagian yang berminyak
  • Gunakan moisturizer yang tinggi akan kelembaban pada area wajah yang kering
  • Saat mengaplikasi masker wajah, gunakan masker oil control pada T-zone dan masker hydrating untuk U-zone. Untuk masker dalam bentuk lembaran, gunakan serum pasa area pipi sebelum mengaplikasikan masker

Kulit sensitif memiliki ciri-ciri kulit kemerahan, gatal-gatal, rasa terbakar, kering. Jika kulit anda termasuk tipe sensitif, cobalah untuk mencari tahu apa yang membuatnya sensitif. Penyebabnya bisa berbagai macam, namun seringkali disebabkan oleh produk skincare yang kurang tepat.

Apapun jenis kulit yang anda miliki, tips-tips ini akan membantu mempertahankan kulit anda dalam kondisi terbaik

  1. Gunakan sunscreen (tabir surya) dengan spektrum luas yang bisa melindungi kulit anda dari sinar UVA dan UVB
  2. Hindari sinar matahari secara langsung, gunakan topi dan kacamata hitam.
  3. Jangan merokok
  4. Menjaga cairan tubuh
  5. Cucilah kulit anda setiap hari dengan lembut namun dengan teliti. Jangan pernah tidur dengan wajah bermakeup
  6. Berikan pelembab.

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa lebih memahami karakter dari kulit wajah kamu ya Ladies. Pastikan produk skincare yang kamu pakai saat ini juga sudah sesuai dengan keadaan kondisi kulit kamu. Yuk semakin aware dengan kondisi kesehatan kulit wajah yang merupakan investasi jangka panjang, agar terhindar dari masalah kulit wajah dikemudian hari. Untuk mempelajari tentang kesehatan kulit wajah Kamu, bisa coba percayakan pada ahlinya di We Skin Therapy.

Baca juga: 5 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

cara menjaga kesehatan kulit wajah perawatan wajah perawatan kulit kering

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH