Selain Menyehatkan Kulit, Ini 6 Manfaat dari Paprika

Jumat, 19 Mei 2023 | 17:32:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Menyehatkan Kulit, Ini 6 Manfaat Dari Paprika

Paprika (Special)

Ladiestory.id - Paprika atau dengan nama latin Capsicum annuum ini merupakan jenis tanaman yang termasuk dalam kategori keluarga nightshade.

Yup, tanaman ini masih satu rumpun dengan jenis tanaman tomat maupun cabai yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Tanaman ini bisa diolah menjadi sayuran yang nikmat dihidangkan sebagai menu makanan. Paprika dikenal dengan jenis sayuran yang rendah kalori serta kaya antioksidan serta memiliki kandungan vitamin C. Tak hanya nikmat untuk menjadi hidangan makanan, ternyata paprika juga dapat menyehatkan kulit.

Selain itu, paprika memiliki enam manfaat lainnya yang sangat baik bagi tubuh seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Menyehatkan Mata

Ilustrasi pijat mata. (Special)

 

Sayuran yang memiliki warna segar seperti kuning, merah, hijau dan oranye ini memiliki rasa yang sedikit pahit namun pula tidak begitu manis. Paprika memiliki beragam vitamin dan nutrisi diantaranya vitamin A, C, E,K, B6, folat, potasium serta memiliki kandungan antioksidan.

Paprika juga bermanfaat untuk membantu kesehatan mata serta dapat membantu mencegah terjadinya degenarasi makula dan katarak. Hal ini dikarenakan paprika mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin merupakan karotenoid yang juga dapat ditemukan dalam paprika. Selain itu, senyawa ini juga dapat membantu melindungi retina terhadap paparan cahaya dan kerusakan oksidatif.

Mengatasi Anemia

Ilustrasi Anemia (Special)

 

Anemia merupakan suatu gejala yang muncul akibat kurangnya produksi dan kemampuan darah untuk membawa oksigen kedalam tubuh. Gejala anemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi hingga kelelahan. Paprika juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dari dalam usus. Mengonsumsi paprika juga dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Ilustrasi Wanita Sehat. (Special)

 

Paprika mengandung fitonutrien yang dikenal memiliki zat antioksidan untuk melawan racun dan degredasi sel dalam tubuh, sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menjadi penyebab munculnya kanker. Tak hanya itu, paprika juga mampu mencegah berbagai jenis kanker dalam tubuh seperti usus besar, payudara, prostat hingga paru-paru.

Mengatasi Gangguan Kecemasan

 

Ilustrasi catastrophizing. (Special)

 

Manfaat lainnya dari paprika ialah dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan. Paprika memiliki kandungan vitamin B6 serta magnesium khususnya yang terkandung dalam paprika merah untuk membantu menurunkan rasa kecemasan.

Menyehatkan Kulit

Ilustrasi Kulit Bersisik (Special).

 

Rutin mengonsumsi paprika juga dapat membantu menyehatkan kondisi kulit, lho. Paprika merah memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan jenis paprika lainnya. Vitamin C ini dapat membantu membentuk kolagen agar kulit tetap sehat. Selain itu, paprika merah ini memiliki sumber karotenoid yang dapat membantu melawan kanker serta membantu mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh artritis akibat kandungan silikon yang tinggi.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, paprika juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah alami untuk perawatan kulit. Masker paprika ini dapat membantu menghilangkan noda hitam di kulit, mengangkat komedo, menyamarkan garis halus serta membantu mencerahkan kulit wajah.

Menguatkan Folikel Rambut

Ilustrasi rambut kusam. (Special)

 

Selain menyehatkan kulit, paprika juga bermanfaat untuk menguatkan folikel rambut. Paprika merah mengandung sumber vitamin C yang dapat membantu membentuk kolagen. Hal ini pun dapat berpengaruh pada pertumbuhan folikel rambut agar tetap kuat, sehat dan tumbuh optimal.

Selain itu, paprika dapat membantu mencegah terjadinya kerontokan pada rambut serta merangsang pertumbuhan folikel rambut dan melindungi folikel rambut.

Nah, Ladies itulah ke enam manfaat dari paprika yang baik bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.