Selain Seru, Ini 7 Manfaat Bermain Bulu Tangkis

Selasa, 29 Agustus 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Seru, Ini 7 Manfaat Bermain Bulu Tangkis

Ilustrasi Bermain Bulu Tangkis. (Sportsmatik)

Ladiestory.id - Ladies, bermain bulu tangkis bisa dilakukan berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain murah meriah, olahraga ini pun bisa dilakukan dimana saja khususnya di halaman luas dan terbuka. 

Bulu tangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang digemari,  olahraga yang dilakukan beregu ini tak hanya seru jika dimainkan namun dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, lho. Berikut diantaranya.

Meningkatkan Fokus dan Kecerdasan

Ilustrasi Bermain Bulu Tangkis. (Creative Market)

 

Ladies, dilansir dari Sporting Bounce bermain bulu tangkis dapat membantu meningkatkan fokus dan mencerdaskan otak. Kamu akan berusaha berpikir dan konsentrasi saat melihat dan memukul bola kok supaya berhasil. Secara tidak langsung hal ini pun akan membantu meningkatkan kinerja saraf dan fungsi otak yang juga dapat membantu melatih strategi serta mencegah serangan lawan.

Menyehatkan Jantung

Ilustrasi Bermain Bulu Tangkis. (Creative Market)

 

Ladies, rutin melakukan olahraga bulu tangkis juga dapat membantu menyehatkan jantung, lho. Saat aktif bergerak tubuh akan bekerja untuk meningkatkan fungsi kardio paru hingga jantung, hal ini pula akan membuat tubuhmu mudah berkeringat. Alhasil keringat yang kamu keluarkan saat bermain bulu tangkis telah mengeluarkan racun dari dalam tubuhmu sehingga membuat tubuh melakukan detoksifikasi dan membantu menjaga metabolisme tubuhmu.

Menguatkan Otot

Ilustrasi Bermain Bulu Tangkis. (Freepik)

 

Ladies, manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari bermain bulu tangkis ialah dapat membantu menguatkan otot baik itu otot tangan maupun kaki. Bermain bulu tangkis dapat membantumu lebih banyak bergerak dari sisi kanan kiri depan hingga belakang, bahkan kamu harus cepat berlari, memukul bola bahkan harus meloncat sekalipun. Secara tidak langsung gerakan-gerakan yang kamu lakukan tersebut dapat membantu membakar lemak kalori dalam tubuh, bahkan olahraga ini pun dapat membantumu dalam menurunkan berat badan.

Menguatkan Tulang

Ilustrasi Bermain Bulu Tangkis. (Creative Market)

 

Selain otot tubuh, rutin melakukan aktivitas olahraga bulu tangkis juga dapat membantu menguatkan tulang. Olahraga ini dapat menyehatkan tulang dan memperkuat fisikmu dalam meningkatkan sel-sel pembentukan tulang. Bahkan jika kamu rutin berolahraga bulu tangkis bentuk dan berat badanmu akan terlihat ideal, Ladies.

Ilustrasi Bermain Bulu Tangkis. (Freepik)

 

Ladies, bermain bulu tangkis dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menghindari dirimu dari risiko diabetes. Jika dilakukan secara rutin maka dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuhmu dan dapat membantu proses kerja kadar insulin untuk mengolah glukosa agar dapat bekerja maksimal  dalam tubuh.

Meningkatkan Produktivitas

Ilustrasi Bermain Bulu Tangkis. (Creative Market)

 

Ladies, bagi kamu yang ingin mengatasi rasa mager (malas bergerak) hingga rasa malas yang terdapat dalam dirimu maka kamu dapat mengatasinya dengan bermain bulu tangkis. Yup, bermain bulu tangkis dapat meningkatkan produktivitas seseorang, disamping itu dengan rutin berolahraga kamu pun dapat mendapatkan tubuh yang ideal sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirimu.

Tak hanya itu, dengan meningkatnya semangat yang berasal dari aktivitas fisik ini pula dapat memungkinkan seseorang untuk memperoleh keberhasilan dalam bekerja bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang, karena olahraga tak hanya memberikan efek kebugaran bagi tubuh namun dapat memberikan rasa lelah setelah beraktivitas sehingga dapat mendorong tidur lebih cepat dan nyenyak.

Menyehatkan Mental

Ilustrasi Bermain Bulu Tangkis. (Freepik)

 

Ladies, bermain bulu tangkis ternyata tak hanya sekedar hobi ataupun permainan populer yang seru jika dilakukan. Disisi lain, bermain bulu tangkis dapat membantu mengeluarkan stres, meningkatkan fokus dan membuat kinerja otak untuk berpikir menjadi lebih baik dan positif. Hal ini dikarenakan tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membuat seseorang merasa bahagia sehingga dapat membantu seseorang mengurangi rasa kecemasan, depresi maupun dapat meningkatkan suasana hati.